Gubernur Mahyeldi: Kombes Pol Imran Amir, S.IK MH Dt. Rajo Nan Sati Bisa Jadi Teladan Penerapan Keadilan Restoratif

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menilai dilewakannya gala Dt. Rajo Nan Sati dari Suku Tanjuang Kota Padang untuk Kombes Pol Imran Amir, S.IK MH membawa harapan besar dalam penerapan keadilan restoratif untuk kasus pidana di daerah itu.

“Dengan pelewaan gala ini, Kombes Pol Imran Amir Dt Rajo Nan Sati selain menjadi penegak hukum juga menjadi penghulu dari kaumnya. Dua peran ini sangat tepat dalam penerapan penyelesaian perkara pidana melalui keadilan restoratif seperti yang diatur dalam Surat Edaran Kapolri Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penerapan Keadilan Restoratif (Restorative Justice),” katanya saat menghadiri prosesi malewakan gala Kombes Pol Imran Amir, S.IK MH Dt. Rajo Nan Sati di gedung LKAAM Kota Padang, Sabtu.

Baca Juga:  Besok Muswil Gebu Minang Ditabuh, Fadli Amran Bakal Gantikan Alm Boy Lestari

Menurutnya polisi merupakan ujung tombak dalam penegakan hukum sementara penghulu harus menjadi teladan serta membimbing anak kemenakannya sesuai dengan nilai-nilai adat.

Perpaduan dua peran tersebut dalam sosok Kombes Pol Imran Amir Dt Rajo Nan Sati sangat selaras dengan semangat restorative justice sehingga bisa dijadikan contoh teladan bagi masyarakat umum, tidak hanya terbatas di dalam kaum.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi: Dewan Sumber Daya Air Berperan Dalam Ketahanan Pangan

“Kita berharap dengan dilewakan gala ini, beliau akan mampu bekerjasama dan bersinergi dalam membangun nagari,” katanya.

Menurutnya sebagai seorang penghulu ada empat larangan yang wajib untuk diperhatikan yaitu mamakai cabua yang sio sio, maninggakan sidiq dan tabliq, mahariak mahantam tanah dan tidak konsisten atau baliang-baliang diateh bukik.

No More Posts Available.

No more pages to load.