Gubernur Mahyeldi Luncurkan Germas Penurunan Stunting

by -
Gubernur Mahyeldi Luncurkan Germas Penurunan Stunting

SEMANGATNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Dalam Penurunan Stunting, Minggu (23/10) di PT. Supreme Energy, Muara Labuh, Solok Selatan.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dan upaya promotif dan preventif hidup sehat.

Baca Juga: Wagub Audy Gandeng Direktorat Perbendaharaan Negara Turunkan Prevelansi Stunting Sumbar

Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi mengatakan kepada seluruh karyawan PT. Supreme Energy untuk memasifkan gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Kepada karyawan PT. Supreme Energy perlu meningkatkan aktivitas fisik serta banyak bergerak dan beraktivitas, hal ini sebagai upaya untuk menghadirkan masyarakat yang sehat,” paparnya.

Ia juga menyampaikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan agar sehat dan bugar. Raga yang sehat akan berpengaruh terhadap jiwa yang sehat serta aktivitas dalam bekerja juga akan maksimal.

“Biasakan istirahat yang cukup, olahraga minimal 30 menit dalam sehari, saya harap di PT. Supreme Energy diadakan kegiatan olahraga rutin seperti senam bersama,” katanya.

Selanjutnya Gubernur juga menyampaikan untuk menghindari minuman berakohol, menurutnya alkohol adalah pintu gerbang seseorang untuk terjerat narkoba. Oleh karena itu gubernur mendukung pembangunan coffeshop di banyak tempat.

“Ini untuk meminimalisir masyarakat untuk mengkonsumsi alkohol. Solok Selatan terkenal mempunyai produksi kopi terbanyak di Sumbar,” ujarnya

Bupati Solok Selatan, Khairunas, mengatakan peran perusahaan sangat penting dalam pembudayaan hidup bersih dan sehat antara lain dengan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan perusahaan.

“Budaya hidup sehat tidak akan optimal apabila tidak ada ketersediaan infrastruktur. Seperti air bersih, MCK dan Sanitasi. Kami berharap pihak perusahaan membantu penyediaan infrastruktur dimaksud untuk masyarakat disekitar perusahaan,” harapnya.

Kepala Dinas Provinsi Sumbar, Lila Yanwar, kegiatan Germas ini sudah di perusahaan, beberapa pesantren, sekolah, dan masyarakat secara luas.

“Germas ini bertujuan untuk menjamin kesehatan pekerja. Perusahaan ini sudah memiliki pos-pos kesehatan kerja dan juga fungsional kesehatan kerja. Sehat adalah hak kita semua, untuk itu kita inisiasi germas ini. Hindari rokok, minum alkohol dan biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat,” ujarnya. (*)

Diskominfotik Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.