Gubernur Sumbar Ajak Agar Kita Selalu Bersyukur dan Bekerja Sungguh-Sungguh.

by -

Semangatnews, Pasaman – Bersyukur merupakan ungkapan terima kasih, yang biasanya diungkapkan dengan bacaan “Alhamdulillahi rabbil ‘alamin”, yang berarti “segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Ustad Prof. H. Irwan Prayitno menjelaskan sebagai hamba Allah yang taat, hendaklah kita selalu berucap syukur terhadap nikmat yang Allah berikan, tanpa melihat besar kecilnya nikmat yang Allah berikan kepada kita semua.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang juga sebagai ustad dalam Safari Ramadhan dengan memberikan tausyiah singkat di Masjid Taqwa Padang Alai, Petok Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman, Kamis (16/5/2019).

Berkaitan dengan syukur, Allah SWT berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

“Saya mengajak agar kita selalu untuk senantiasa menjadi hamba Allah yang selalu banyak bersyukur kepada Allah,” ajak Ustad Irwan Prayitno.

Karena bersyukur merupakan satu perbuatan hati yang akan menarik seseorang pada rasa damai, tenteram, dan bahagia. Ia juga akan mendapatkan kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat, sekaligus mendapatkan pahala dan kenikmatan yang terus bertambah dari Allah SWT.

“Seperti contoh apabila kita mendapatkan uang Rp 1 juta, karena kita bersyukur uang Rp 1 juta serasa nikmatnya Rp 4 juta, sebaliknya kalau kita mengeluh, maka uang Rp 1 juta tersebut habis sia-sia,” ucap Irwan Prayitno.

“Dari cerita diatas, Kita bisa mengambil hikmah bahwa, manusia hidup tidak pernah merasa puas dengan keadaan yang diterimanya. Selalu ingin lebih, untuk itu marilah kita selalu mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT,” tambahnya.

Selanjutnya ustad Irwan Prayitno memberikan nasehat yaitu :
“Bila kita sukses dalam hidup, janganlah lupa untuk Bersyukur, dan bila kita gagal, harus bersabar dan jangan selalu melihat ke atas, tapi lihatlah di bawah kita yang masih banyak dan lebih menderita”.

Lebih lanjut gubernur Sumbar juga menambahkan bahwa setiap melakukan pekerjaan harus bersungguh-sungguh, bekerja keras dan semangat, untuk bisa menghasilkan maksimal.

“Allah memerintahkan hambanya untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan hal apapun, bekerja, belajar, lebih-lebih dalam hal ibadah. Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka pasti berhasil,” kata ustad Irwan Prayitno.

Sesuai dengan firman Allah :

إِنَّ اللهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ

“Tuhan tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, melainkan kitalah yang merubahnya sendir”.

“Man jadda wa jada sebuah kata yang sering kita dengar yang merupakan pepatah arab yang memiliki arti barang siapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil,” ungkapnya.

“Maka dari itu, lewat ceramah singkat ini, mari kita tumbuhkan kesungguhan dalam menjalankan aktifitas kita pada kehidupan sehari-hari semoga apa yang kita capai sanggup terwujud dan berhasil,” jelasnya.

Kemudian melalui tim safari ramadhan Sumbar menyalurkan bantuan berupa uang sebesar Rp 20 juta untuk Masjid Taqwa yanh diserahkan oleh Gubernur Irwan Prayitno kepada pengurus masjid.

Dalam acara Safari Ramadhan tersebut hadir juga Nevi Zuairina, kepala Biro Umum Drs. Erzadi L dan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Sumbar serta para pejabat pemerintah Kabupaten Pasaman.

#nov
#humassumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.