Gubernur Sumbar: Badan Publik Jangan Ogah Sampaikan Informasi.

oleh -

Semangatnews, Padang — Komisi Informasi (KI) Publik Sumatera Barat menggelar Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang merupakan penghargaan untuk keterbukaan informasi oleh Badan Publik di Sumbar yang diselenggarakan di Hotel Kyriad Bumiminang, Selasa (11/12/2018).

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan pentingnya keterbukaan informasi di negara Indonesia yang menerapkan sistem demokrasi. Informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang dan Hak Azazi Manusia di lingkungan sosial dalam keterbukaan informasi publik.

Selain itu Gubernur Sumbar juga memberikan apresiasi KIP telah membuka informasi publik Untuk meningkatkan peran aktif memperoleh informasi publik, agar tingkat pengawasan dalam pemerintahan bisa diketahui masyarakat.

“Saya berharap setiap Instansi pemerintah Sumbar sebagai badan publik ini, masih ada yang ogah-ogahan dalam keterbukaan informasi publik. Tanpa informasi yang terbuka akan kita sulit jalankan pemerintahan demokrasi,” kata Irwan Prayitno.

“Apabila kita masih ogah-ogahan dalam keterbukaan informasi, dikuatirkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan terus menurun,” kata Irwan Prayitno.

“Keterbukaan informasi badan publik menjadi visi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel, pemerintah daerah untuk pemerintah semakin meningkat,” ujar Gubernur.

Hal ini terbukti apa yang disampaikan oleh ketua KIP ternyata hanya 39,88% yang merespon Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Karena itulah maka pemerintah, lembaga, harus menyiapkan informasi yang baik, memberikan informasi yang akurat dan accountablity dapat dilihat oleh masyarat, sekali lagi jangan ogah-ogahan” ucap gubernur.

Terakhir saya mengucapkan selamat kepada Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) dalam keterbukaan informasi publik karegori Perguruan Tinggi se Sumatera Barat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga mengapresiasi lembaga-lembaga yang mendapat peringkat tinggi dalam kategori keterbukaan informasi. Ia berharap ke depan, semakin banyak lembaga yang menyusul terkait transparansi informasi tersebut.

Hadir dalam acara Anugrah Keterbukaan Informasi Badan Publik Simatera Barat Tahun 2018 dengan tema “Untuk Mengakselerasi Proses Pencerdasan Bangsa dan Partisipasi Publik”, Dirjen Kementrian Daerah teringgal, Ketua Komisi Informasi Pusat, Forkopinda Sumbar, Bupati dan Walikota, Ketua KPI Sumbar dan 400 undangan. (nov)