Gubernur Sumbar Bagi Buku Pantun Spontan Ala IP kepada Dato’ Seri Utama Dr.Rais Yatim

oleh -

Gubernur Sumbar Bagi Buku Pantun Spontan Ala IP kepada Dato’ Seri Utama Dr. Rais Yatim

Semengatnews, Padang – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengadakan jamuan makan malam bersama Dato’ Seri Utama Dr. Rais Yatim adalah Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia yang dilangsungkan di Auditorium gubernuran, Rabu (21/8/2019).

Silaturahmi antar negara ini merupakan bagian dari acara Internasional conference on Malaysia – Indonesia relations dengan tema yang diusung adalah Contributions of Humanities and Social Sciences on the Direction of Malay Studies in the Era of Industry 4.0 yang diselenggarakan pada 21-23 Agustus 2019 di Hotel Pangeran Beach Padang.

Dalam jamuan makan malam tersebut juga dihadiri oleh Rektor Universitas Andalas (Unand) Prof Yuliandri, Dr. Aslinda, M.Hum., sebagai Ketua Konferensi PAHMI ke-13 dan para akademisi Fakultas Ilmu Budaya Unand.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan, selamat datang di ranah minang bagi Dato’ Seri Utama Dr. Rais Yatim orang minang yang berkampung halamannya asal orang tua Sipisang – Lariang Palupuh Kabupaten Agam.

Pada kesempatan itu gubernur juga berharap pada rombongan dari Malaysia untuk bisa mengunjungi dan menikmati berbagai budaya serta keindahan alamnya, seperti kawasan wisata bahari mandeh yang dikenal dengan Raja Ampat Sumatera, Jam Gadang, Istano Basa Pagaruyuang, Seribu Rumah Gadang, dan banyak hal-hal menarik lainnya.

“Silahkan kunjungi, pasti akan terkesan dan jangan lupa menikmati ragam makanan ranahminang yang rasanya hanya ada dua, enak dan enak sekali. Apalagi randang, telah menjadi makanan terlezat di dunia, kalau tidak makan rendang, maka tidak lengkap rasanya di Sumbar,” kata Irwan Prayitno

Lanjut Irwan Prayitno berpesan agar pada kesempatan ini jangan dilewatkan dengan berwisata, karena Sumbar memiliki destinasi wisata yang lengkap, dari laut, pantai, gunung, budaya, alam dan sebagainya serta jangan lupa untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga, seperti rendang dan kerupuk balado.

Pada kesempatan tersebut Dr. Aslinda, M.Hum menjelaskan PAHMI diselenggarakan setiap tahun oleh Faculty of Arts and Social Sciences, University of Malaya dengan kerjasama dari universitas mitra di Indonesia, seperti UI, UGM, Unand, Unpad, Unud, Unhas, Unair, Unilak, dan Uny, secara bergantian di Malaysia dan Indonesia.

Konferensi PAHMI ini menurutnya bertujuan untuk membahas masalah-masalah utama terkait dengan Malaysia dan Indonesia, mempromosikan pemahaman yang lebih dalam dan hubungan antara Malaysia dan Indonesia di tingkat akademik, antar-masyarakat dan non-negara.

PAHMI ini juga berupaya mendorong kerja sama antara para peneliti, lembaga akademik, organisasi masyarakat sipil, dan individu di kedua negara, serta merangsang dialog tentang hubungan bilateral dan kepentingan bersama kedua negara baik secara regional maupun global.

Dalam acara ramah tamah ini, Irwan Prayitno memberikan cinderamata sebuah buku “Pantun Spontan” untuk Dato’ Seri Utama Dr. Rais Yatim danrombongan Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia beserta undangan lainnya.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan makan-makan dan dihibur oleh tarian dan nyanyian lagu khas ranah minang dan tidak lupa gubernur menghibur para tamu yang hadir tampil memukau dengan IPe Band diawali lagu ‘Tak Tontong’ dan dilanjutkan lagu ‘Kau Istriku’ yang merupakan ciptaan Irwan Prayitno.

Kemudian Irwan Prayitno memainkan drum bersama IPe Band dengan membawakan lagu-lagu khas ranah minang yang diselingi lagu rock. Terlihat dia begitu semangat dan gagah memukul drum dengan powerful