Gunakan Masker karena Banyak Orang Tanpa Gejala-OTG Positif Covid 19

by -

Gunakan Masker karena Banyak Orang Tanp Gejala-OTG  Positif Covid 19

Semangatnews, Jakarta – Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengingatkan, saat ini semakin banyak Orang Tanpa Gejala (OTG) yang ternyata positif COVID-19. Orang Tanpa Gejala yang Positif COVID-19 bisa tanpa sadar menjadi sumber penularan virus corona.

“Oleh karena itu, segera cari, temukan dan kemudian isolasi. Ini menjadi kunci di dalam pelaksanaan pengendalian penyakit ini,” ujar Yuri dalam Konferensi Pers di BNPB, Minggu 5 April 2020.

Oleh karena itu, Yuri menegaskan mulai hari ini (5 April) semua orang harus menggunakan masker. Hal ini sesuai rekomendasi WHO, jalankan masker untuk semua.

“Mulai hari ini, sesuai rekomendasi WHO kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker. Masker bedah, masker N95 hanya untuk petugas kesehatan, gunakan masker kain,” tegas Yuri.

Menurutnya, menggunakan masker menjadi penting, terutama saat keluar rumah. Karena kita tidak pernah tahu di luar rumah banyak Orang Tanpa Gejala (OTG) yang mungkin saja sudah positif COVID-19. “Kita tidak tahu bahwa mereka (OTG) adalah sumber penyebaran penyakit. Oleh karena itu, lindungi diri kita, semua menggunakan masker, terutama pada saat keluar rumah,” imbuh Yuri.

Dalam kesempatannya, Yuri juga mengingatkan bahwa masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Sedangkan, penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam. Direndam pakai air sabun dan kemudian dicuci.

“Ini upaya untuk mencegah terjadinya penularan, karena kita tidak pernah tahu bahwa di luar banyak sekali kasus yang memiliki potensi menularkan ke kita. Tentu upaya itu di samping cuci tangan menggunakan sabun selama minimal 20 detik. Ini menjadi kunci bagi kita untuk mengendalikan penyakit ini.(smngtnews/okezone)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.