Harga Bawang Merah dan Daging Ayam Kampung Melonjak Naik

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Harga pangan di Pasar Pusat Padang Panjang mengalami variasi kenaikan setiap minggunya.

Demikian dikatakan kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM (Perdakop UKM) melalui Kasi Usaha Perdagangan, Riya Maulina, ST kepada Kominfo, Jumat (23/4).

Dikatakannya, hasil survei setiap harinya ke Pasar Pusat, harga pangan selama bulan Ramadhan mengalami variasi harga. Ada yang stabil, bahkan ada juga yang cukup signifikan naiknya.

Baca Juga:  Tradisi Balimau Paga Nagari Painan di Pantai Carocok Diisi dengan Ceramah Agama

Seperti harga komoditi daging ayam broiler, mengalami penurunan dari seharga Rp 31 ribu menjadi Rp 30 ribu. Berbeda dengan daging ayam kampung yang mengalami kenaikan dari Rp 95.000 menjadi Rp 97.500.

Hal serupa juga terjadi pada telur ayam broiler, telur ayam kampung dan telur itik. Sementara yang lebih signifikan turunnya yakni cabai merah, cabai rawit, dan ikan teri asin. Sedangkan bawang merah, bawang putih mengalami kenaikan.

Baca Juga:  Program CFW Jadi Ajang Recovery Ekonomi

“Untuk kebutuhan pokok tersebut, pada minggu kedua bulan Ramadhan mengalami penurunan disebabkan faktor cuaca. Seperti cabai merah yang sebelumnya seharga Rp 47.100 menjadi Rp 42.500. Cabai rawit seharga Rp 49.800 menjadi Rp 40.000, dan ikan teri asin seharga Rp 95 ribu menjadi Rp 90 ribu. Sedangkan bawang merah seharga Rp 32.700 naik menjadi Rp 40 ribu dan bawang putih seharga Rp 28.200 naik menjadi Rp 30 ribu,” jelas Riya.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi : Kerjasama Dengan IPB Ingin Sumbar Mampu Berikan Harga Daging Ekonomis di Pemerintahan Joko Widodo

Lanjut dijelaskannya, untuk komoditi barang pokok lainnya, masih stabil di pasar pusat. Tim nanti akan terus memantau perkembangan harga ini setiap harinya. (Eti