Hari Pertama Baznas Padang Himpun Dana Rp 5 Juta Lebih Untuk Korban Gempa Palu

by -

Semangatnews,Go Agussalim- ALHAMDULILLAH, perhatian warga Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat terhadap korban gempa dan tsunami Palu, Donggala dan Mamuju sangat tinggi.

Hal ini terlihat dari aksi amal pengumpulan donasi untuk ketiga daerah dilanda gempa diiringi tsunami yang terjadi, Jumat, 28 September 2018 menjelang shalat magrib waktu setempat.

Aksi amal peduli Palu, Donggala dan Mamuju tersebut dilakukan Amil Zakat serta relawan Baznas Kota Padang di Gor H.Agussalim, pagi Ahad, 30 September 2018.

Mata hari belum naik. Namun tim pengumpulan, humas dan relawan (anak anak magang) sudah tiba di Gor H.Agussalim.

Diawali dengan berbagai persiapan. Beberapa kotak amal berlogo Baznas bertulisan Peduli Palu, Donggala dan Mamuju sudah diletakkan diatas kursi dipinggir jalan yang dilalui orang berolahraga.

Sedangkan disepanjang jalur jalan yang sudah diseepakati juga berdiri karyawan Baznas dan relawan.

Mereka sambil memegang kotak amal berada di tengah tengah keramaian orang yang sibuk lalu lalang berolahraga pagi.

Sementara dari atas panggung bergantian karyawan Baznas Padang melalui pengeras suara menjelaskan bahwa gempa disusul tsunami telah terjadi.

Gempa berkekuatan 7,7 SR meluluh lantakkan Kota Palu, Donggala, Mamuju Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Akibat gempa dan tsunami dahsyat itu ratusan korban meninggal dunia, ribuan korban luka berat dan ringan masih dirawat di rumah sakit dan tempat pengungsian. Apagi masih ada korban yang belum terefakuasi.

Ratusan bangunan sekolah, masjid, gedung dan perkantoran rata dengan tanah. Jembatan putus, jalan umum retak menganga tidak bisa dilalui.

“Santing kuatnya gempa dan tsunami, kapal pesiar pun yang berada di laut naik ke daratan. Luka Palu, Donggala dan mamuju juga luka kita semua sebagai saudara sesama anak bangsa dan saudara seiman,” sebut suara melalui pengeras suara.

Berkaitan dengan musyibah yang melanda saudara saudara kita itu, Baznas Kota Padang, kata ‘tukang halo halo’, datang menemui bapak dan ibu yang sedang berolahraga di Gor H.Agussalim.

“Kami doakan semoga bapak dan ibu sehat selalu dan tetap pula dalam lindungan serta kasih sayang Allah Ta’ala,” doa para ‘tukang halo halo’.

Namun kami juga mengajak bapak dan ibu yang sedang berolahraga, kata ‘tukang halo halo”, mari kita bersedekah dan berinfaq seberapa ikhlas.

Niatkan karena Allah. Sedekah bapak dan ibu semua akan dicatat Allah jadi amal saleh pemberat timbangan amal kebaikan.

Sedekah juga bisa menolak bala. Dengan bersedekah menjadi alasan bagi Allah memudahkan urusan kehidupan kita hari hari berikutnya.

Setelah mengetahui apa yang terjadi di Palu, Donggala dan Mamuju. Kemudian apa fadilah bersedekah, mulailah terlihat satu persatu warga yang sedang berolahraga memasukkan uang ke dalam kotak amal Baznas Padang.

Ada uang lembaran seribu, dua ribi, sepuluh ribu,,dua puluh ribu, lima puluh ribu hingga lembaran uang warna merah seratus ribu rupiah.

Mulai dari anak kecil berusia empat tahun, murid SD, pelajar, mahasiswa hingga kakek kakek memasukan sedekah terbaik mereka ke kotak amal Baznas Padang.

Setelah mata hari mulai naik dan kulit terasa panas serta berkeringat, aksi amal peduli Palu, Donggala dan Mamuju berakhir. Setelah hampir empat jam karyawan dan relawan Baznas Padang beraksi.

“Bagi bapak dan ibu yang hari ini belum sempat bersedekah karena tidak bawa uang, kami persilahkan datang ke kantor Baznas Padang Jalan Baypass KM 12 Simpang Sungai Sapih. Kami tunggu bapak dan ibu di kantor,” himbau salah seorang ‘tukang halo halo’.

Namun sambung ‘tukang halo halo’, bila bapak dan ibu tidak sempat mengantar sedekah, infak dan zakatnya ke kantor Baznas Padang, tidak usa ragu. Tidak masalah.

Insha Allah tim pengumpulan Baznas Padang siap datang ke rumah, kantor dan tempat bapak dan ibu berada.

Setelah dihitung, hari pertama pengumpulan donasi untuk korban gempa dan tsunami Palu, Donggala serata Mamuju terkumpul Rp.5.451 800. Barakallah. (HUMAS BAZNAS PADANG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.