Heningkan Cipta Selama 60 Detik Peringati Hari Pahlawan

oleh -
Hefdi, SH. MSi Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar

SEMANGATNEWS, PADANG — Kita mengajak masyarakat ikut heningkan cipta pada periungatan Hari Pahlawan 10 November 2020 mulai pukul 08.15, selama 60 detik. Mengingat pandemi Covid-19 yang masih melanda di Indonesia. Pelaksanaan Hening Cipta ini serentak diadakan seluruh Indonesia pada Hari Pahlawan ke-75, untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara.

Baca Juga:  Kekerasan Fisik dan Digital Terhadap Wartawan Hingga Pilkada Serentak

Hal ini disampaikan Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar Hefdi, SH, MSi di sela-sela kesibukan kerjanya, Senin (9/11/2020).

Hefdi juga mengatakan, pelakanaan upacara Hari Pahlawan 2020 akan digelar dilapangan kantor gubernur sebagai titik komando ditandai dengan bunyi sirine selama satu menit, sebagai tanda agar seluruh masyarakat untuk menghentikan aktivitasnya dan diam sejenak mengheningkan cipta mendoakan para pahlawan yang telah gugur.

“Pelaksanaan Hening Cipta secara serentak dapat dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian, Pemda, Satuan Pengamanan (Satpam) dan Hansip setempat,” ungkapnya.

Baca Juga:  PPKM di Kabupaten Cilacap Akan Diperpanjang, Ini Tanggapan Dandim

Selanjutnya Hefdi ungkapkan, untuk penyebaran informasi Hening Cipta 60 detik secara serentak dapat memanfaatkan media cetak / elektronik (televisi, radio, sms, internet) dan media lainnya seperti para Khotib di Masjid-masjid, Pengkhotbah di Gereja-gereja dan tempat peribadatan lainnya.

Dikarenakan pandemi Covid-19 masih belum usai, maka instansi pemerintah, non pemerintah dan lembaga-lembaga yang tidak melaksanakan upacara di lapangan dapat menyaksikan upacara ziarah Nasional di TMPN Utama Kalibata dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo melalui siaran TVRI mulai pukul 08.00 WIB sampai 09.00 WIB.