Hubungan Media Massa dengan Pemerintah

oleh -

Oleh : Arianto, S.Sos
Mahasiswa Program Magister Ilmu Komunikasi
Universitas Andalas

SEMANGATNEWS.COM – Media massa punya peran penting dalam keterbukaan informasi publik. Kerjasama yang baik antara pemerintah dengan media massa bisa dikatakan sebagai hubungan timbal balik yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Disatu sisi pemerintah membutuhkan peran media massa dalam publikasi kegiatan yang dilakukan disisi lain media membutuhkan pemberitaan yang harus disampaikan kepada publik hal ini bisa dikatan simbiosis mutualisme untuk kedua belah pihak.

Baca Juga:  Dukung Save Maninjau, Pramuka Menjadi Pelopor Pelestarian Lingkungan

Ironinya terkadang masih ada intervensi dalam pemberitaan sehingga hak masyarakat untuk mendapat rujukan informasi secara jelas dan transparan tidak terpenuhi. Untuk menghindari permasalahan tersebut ada baiknya pihak media ataupun pemerintah perlu rasa nyaman singkronisasi antara undang-undang Republik indonesia Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (UU KIP) dengan undang-undang republik indonesia Nomor 40 tahun 1999 tentang kebebasan pers.

Dalam rangka mengimplemantasikan UU KIP, bagian humas pemerintahan hendaknya bisa menberikan informasi kepada publik secara jelas dan transparan serta mudah diakses. Tugas dan fungsi humas dilingkungan instansi pemerintahan diatur dalam peraturan Mentri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Permen PAN) Nomor per/12/M.PAN/08/Tahun 2007 tentang pedoman umum hubungan masyarakat di lingkungan instansi pemerintah.
Peraturan tersebut menjelaskan humas pemerintah mempunyai tugas sebagai lembaga dan praktisi pemerintah yang melakukan fungsi manajemen dalam bidang komunikasi dan informasi yang persuasif dan komunikatif untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan publik melalui berbagai sarana kehumasan dalam rangka menciptakan citra positif instansi pemerintah.

No More Posts Available.

No more pages to load.