Ini Yang Disampaikan Babinsa Saat Musrenbang di Kelurahan Donan

by -

SEMANGATNEWS.COM – Babinsa Kelurahan Donan, Koramil 01 Cilacap Sertu Catur terus bersinergi dengan unsur pemerintahan dengan menghadiri Rapat Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) Kelurahan Donan bertempat di Aula Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (11/1/2021).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Sekcam Kecamatan Cilacap Tengah Yusuf Kuncoro, Lurah Donan Sentot Maryanto, SE, Kepala Puskesmas Cilacap Tengah II Wasis Skm, Babinsa Donan Sertu Catur, Babinkamtibmas Bripka Hendra, Ketua LPMK Donan Khoribun, para Ketua RW dan Staf Kelurahan setempat.

Dalam kesempatan itu, Babinsa menyampaikan terkait Instruksi Mendagri dan Instruksi Bupati Cilacap No.1 Tahun 2021 yaitu kebijakan Pemerintah telah menerapkan kebijakan terbaru terkait upaya pengendalian Covid-19 melalui pengaturan kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Beberapa aturan seperti membatasi aktifitas di tempat kerja, aktifitas sekolah TK, SD, SMA, MA dilakukan secara daring/online, Pondok Pesantren juga melaksanakan pembelajaran agar menerapkan protokol kesehatan. Sektor yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat tetap dapat beroprasi, restoran Cafe Maksimal 25% dari kapasitas ruangan,”

Lebih lanjut, “Pembatasan jam oprasional pusat perbelanjaan Mall Alfmart dari 07.00 wib s/d 19.00 WIB, Wisata hiburan Karaoke spa, Bioskop sementara ditutup. Alun alun, sanggar senam sementara di tutup, konstruksi bangunan tetep beroprasi 100%, tempat ibadah pembatasan 50%, hajatan resepsi hiburan dihentikan, jumlah penumpang transportasi umum dibatasi maksimal 50 %, pemberlakuan mulai tgl 11-25 Januari 2021,” tambahnya.

“Terkait hal itu kita harus mengawal penerapan kebijakan pembatasan ini dengan meningkatkan pelaksanaan operasi yustisi yang akan di laksanakan oleh Satpol PP, Polisi dan dibantu oleh TNI, ” tutupnya.

Adapun Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) merupakan agenda tetap di Kelurahan Donan yang dilaksanakan setiap awal tahun bertujuan untuk menyerap usulan-usulan dari berbagai pihak untuk pembangunan Kelurahan Donan untuk menjadi lebih baik.

Lurah Donan Sentot menyampaikan, usulan-usulan hasil Musrenbang tahun 2021 akan diusulkan di tahun 2022 pada Musrenbang Kecamatan, para peserta Musrenbang, khususnya ketua RW ,ketua RT, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan Kepala Lingkungan yang notabenenya mengetahui keadaan di lapangan secara langsung, diminta untuk merencanakan kegiatan-kegiatan yang nantinya akan diusulkan pada Musrenbang Kecamatan sebagai prioritas dari penggunaan Alokasi Dana Khusus (ADK) Kelurahan Tahun Anggaran 2022.

“Sebagai tindak lanjut dari Musrenbang yang dilaksanakan, usulan-usulan yang telah disampaikan akan dituangkan ke dalam Berita Acara Pelaksanaan Musrenbang Kelurahan Tahun 2022 dan dipilah sesuai prioritas dan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu, kelompok Infrastruktur, Sosial Budaya dan Perekonomian,” jelasnya.

Usulan yang sudah tersusun sesuai kelompok, dilanjutkan dengn survey ke lokasi untuk mencari data yang akan ditabulasi dan dituangkan ke dalam Laporan Musrenbang Kelurahan Tahun 2022 yang nantinya diusulkan pada Musrenbang Kecamatan dan Perencanaan dana ADK Tahun Anggaran 2022. *R01oke*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.