Inilah Kronologis Pelarian 8 Narapidana di Rutan Muara Labuh

by -

Inilah Kronologis Pelarian 8 Narapidana di Rutan Muara Labuh

SEMANGATNEWS.COM – Sekaitan dengan larinya 8 Narapidana di Rutan Kelas II B Muara Labuh, Solok Selatan pada Kamis (29/4) malam,Kakanwil Kemenkumham Sumbar R. Andika Dwi Prasetya membenarkan peristiwa tersebut.

Dalam jumpa persnya dengan awak media, Jumat, 30/04 di Hayam Wuruk Hotel Padang, Kakanwil membeberkan kronologis pelarian narapidana yang terjadi saat berlangsungnya salat tarawih ini.

Dikatakan, bahwa delapan narapidana kabur melewati ventilasi udara pada ruangan nomor enam yang dijebol menggunakan gergaji. Dan diduga turun menggunakan tangga kayu yang sudah berada di bagian luar sekitar pukul 20.00 – 20.30 WIB .

Terkait hal ini, Kakanwil, R.Andika telah mengerahkan sejumlah personel yang langsung terjun ke lapangan guna mengejar delapan tahanan tersebut.

“Saya telah menggerakkan Satuan Tugas Operasi Patroli Kepatuhan Internal (Satops Patnal) yang ada di Kanwil dan Unit Pelayanan Teknis Pemasyarakatan Padang Raya untuk merapat ke Tempat Kejadian Perkara (TKP),” tegas Kakanwil.

Selain itu, R.Andika menyatakan bahwa tentunya dibutuhkan dukungan kepolisian untuk penguatan pengamanan dan pencarian narapidana yang melarikan diri tersebut.

Anggota kepolisian sudah mempunyai data dalam penangkapan para pelaku tersebut sebelum dijebloskan ke dalam penjara.

“Saya yakin rekan-rekan dari kepolisian bisa berhasil membantu pelacakan, pencarian dan penangkapan kembali,” harap Kakanwil.

Kakanwil juga mengharapkan, masyarakat dapat membantu melaporkan kepada aparat jika ada yang mengetahui atau melihat narapidana yang kabur tersebut.

“Saya juga sangat berharap masyarakat khususnya keluarga dari narapidana tersebut berkenan membantu.
Bila mengetahui keberadaan napi yang lari tersebut mohon laporkan pada pihak kepolisian ataupun kepada kami. Nomor layanan Hotline Kanwil Kemenkumham Sumbar maupun Rutan Kelas IIB Muara Labuh aktif 24 jam,” tuturnya. (Humas Kemenkumham Sumbar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.