INNA LILLAHI WA INNA ILAIHIROJIUN… SELAMAT JALAN PAK YOHANES

by -

INNA LILLAHI WA INNA ILAIHIROJIUN… SELAMAT JALAN PAK YOHANES

SEMANGATNEWS.COM- Tiada hari tanpa kabar duka. Hari ini salah seorang pamong Senior dan mantan pejabat Pemerintah Provinsi Sumbar Drs.H.Yohanes Dahlan, MSi dikabarkan telah berpulang ke Rahmatullah di RS M.Jamil Padang.
Sebelumnya seminggu lalu kabar duka dengan wafatnya Drs. Yenifra, Mantan Kepala Dispenda dan Asisten Kesra. Da Yen dikebumikan di kampung beliau Baso, Agam. Setelah itu menyusul pula kabar meninggalnya bapak Fauzi, pensiunan Biro Perlengkapan.

“Innalillahi wainnailaihi Roji’un….
Telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Drs.H.Yohanes Dahlan, MSi, di RS M.Jamil Padang, Rabu, 28 Juli 2021 pukul 23.30 Wib”, begitu ungkapan silih berganti muncul pagi ini, Kamis 29 Juli 2021 di WA Sakato Tuo Sumbar yang merupakan komunitas pensiunan Rumah Bagonjong Sumbar.

Drs. H. Yohanes Dahlan, M.Si, lahir di Tabek, Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat, 17 Agustus 1950; (71 tahun). Puncak karier tertinggi sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat periode 2006 sampai 2008, semasa Gubernur Gamawan Fauzi, SH dan Wakil Gubernur Marlis Rahman.
Sebelum Sekda Provinsi Sumbar, pak Yohanes juga lama sebagai Sekda Kota Solok dengan Walikota Yumler Lahar.

Menelusuri perjalanan karier beliau diawali sebagai ojs Camat Harau, kemudian dikukuhkan jadi Camat di tempat yang sama. Lalu pindah dengan jabatan sama Camat Luhak tahun 1977, dan tahun 1977 hingga 1980 Camat Kapur IX dan Camat Pangkalan tahun 1980-1981.

Lama di kabupaten 50 Kota, lalu dipindahkan ke kota Padangpanjang sebagai Kabag Pemerintahan Pemkot Padang Panjang (1984), kemudian Kakan Sospol Pemkot Padang Panjang (1990) dan Ketua Bappeda Pemkot Padang Panjang (1995).

Dari Padang Panjang, Pak Yohanes hijrah ke kantor Gubernur sebagai Kepala Biro Humas menggantikan Gamawan Fauzi yang terpilih menjadi Bupati Solok pada tahun 1995. Gamawan Fauzi, SH menggantikan Bupati Ir Nurmawan yang hanya satu periode.
Pada tahun 1999 pak Yohanes dilantik sebagai Sekretaris Daerah Kota Solok dan ketika Gamawan terpilih sebagai Gubernur tahun 2005, maka pak Yohanes ditarik sebagai Asisten Administrasi kantor gubernur dan seterusnya sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (2006- 2008).
Beliau juga pernah sebagai Komisaris Utama Bank Nagari Sumatera Barat.

Pernah menjadi calon Wakil Gubernur berpasangan dg Fauzi Bahar.
Beliau adalah pribadi baik dan saya bersaksi untuk itu, kenang Zulnadi yang pernah menjadi staf beliau ketika di Biro Humas.

Semoga Almarhum diampuni dosa-dosanya, diterima amal ibadahnya dan ditempatkan di tempat yg terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran, ketabahan dan keikhlasan, Aamiin YRA.Begitu doa doa para sahabat, karib kerabat beliau di WA grup yang dibaca hari ini. Selamat jalan Pak Yo. Semoga syurga telah menanti Bapak.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.