Instruksi Wako Mahyeldi Wajib Masker Langkah Tepat

oleh -

Instruksi Wako Mahyeldi Wajib Masker Langkah Tepat

Semangatnews, Padang – Wali Kota Padang Mahyeldi terus memperlihatkan kesungguhannya dalam melindungi warganya dari serangan virus mematikan asal Kota Wuhan China, yang dikenal dengan virus corona atau Covid-19.

Harus diakui, Wali Kota Padang ini selangkah lebih maju dari daerah lainnya. Misalnya saja soal kewajiban pemakaian masker bagi warga kota yang keluar rumah.

Pada Minggu, 5 April 2020, wali kota Mahyeldi telah memberikan instruksi agar orang yang masuk Kota Padang dan warga kota yang keluar rumah wajib memakai masker.

Instruksi lisan pada hari Minggu, 5 April 2020 itu ditindaklanjuti melalui Instruksi Wali Kota Padang bernomor 870.176/BPBD-Pdg/IV/2020. Kenapa dikatakan lebih maju, Presiden Jokowi sendiri baru mengumumkan kewajiban memakai masker pada Senin, 6 April 2020.

Saat dikonfirmasi kenapa mewajibkan warganya memakai masker, Wali Kota Padang Mahyeldi mengungkapkan, sebetulnya kewajiban memakai masker sudah diintruksikan jauh-jauh hari, hanya saja untuk masyarakat yang sakit saja supaya tidak lebih parah.

“Karena di awal saya sampaikan yang sakit saja yang pakai masker, sekarang tidak. Semua orang yang keluar rumah wajib pakai masker dan masyarakat yang masuk Kota Padang juga wajib masker,” ujar Mahyeldi di Padang, Selasa (7/4/2020).

Keputusan tepat ‘Buya’ sapaan akrab wali kota Mahyeldi dalam melindungi warganya dari bahaya Covid-19 dengan mewajibkan pemakaian masker ini juga beralasan.

Dengan mewajibkan masyarakat memakai masker saat keluar rumah otomatis akan mendorong roda perekonomian masyarakat terutama bagi para pelaku UMKM yang membuat masker di Kota Padang.

Wali Kota Padang Mahyeldi juga memberlakukan denda bagi masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker saat berpergian berupa membeli masker sebanyak dua buah. Satu untuk orang yang bersangkutan, satu lagi untuk masyarakat sekitarnya.