Irwan Prayitno: Bazar di Kantor Gubernur Sumbar Harga Bersubsidi.

oleh -

Semangatnews, Padang – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka bazar Ramadhan di halaman Kantor Gubernur mulai tanggal 21-24 Mei 2019. Bazar ini diadakan dalam rangka menjaga stabilitas harga kebutuhan bahan pokok masyarakat selama bulan ramadhan dan menjelang lebaran, Selasa (21/5/2019).

Dalam sambutan Gubernur Irwan Prayitno sangat merespon dan mendorong kegiatan tersebut, diharapkan dapat membantu memenuhi kebubutuhan masyarakat selama bulan ramadhan dan lebaran, karena di bazar harga barang dijual lebih murah dibandingkan harga yang ada di pasaran.

“Bazar ini diperuntukan bagi masyarakat golongan menengah ke bawah dan PNS golongan III kebawah, karena harga barang yang ada di bazar murah karena sudah bersubsidi. Bagi PNS golongan III ke atas, termasuk Eselon IV, III dan II, boleh belanja, namun kawatirnya bazar bisa tutup dalam satu hari karena diborong semua,” canda Irwan Prayitno.

Hal ini berkaitan biaya subsidi yang berikan lebih diperuntukan masyarakat menengah kebawah.

Gubernur juga berharap bazar ini, dapat menunjang produk UKM mulai dari hasil industri rumahan, pertanian, peternakan, pekebunan dan lain sebagainya.

Menurut Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumbar Irsad, SE.MM mengatakan, kegiatan bazar ini merupakan program setiap tahun sebagai bentuk kepedulian akan kebutuhan masyarakat dalam bulan ramadhan dan menyambut hari raya idul fitri.

Karena itu akan ada subsidi harga terhadap beberapa kebutuhan pokok terutama pada, bawang putih, cabe, daging, telur, beras, minyak goreng dan lain-lain terutama untuk keluarga yang kurang mampu.

Selanjutnya pemerintah provinsi Sumbar menyediakan kupon belanja yang sudah disubsidi sebanyak 350 lembar yang bekerjasama dengan Bank Nagari dan PT. Semen Padang, dengan dibagikan pada masyarakat tidak mampu di sekitar kantor gubernur dan sejumlah kawasan di Padang.

“Penerima kupon dipastikan masyarakat tidak mampu di sekitar kantor gubernur dan sejumlah kawasan di Padang. Mendapatkan kupon yang dibagikan melalui RT dan Lurah,” ujar Irsad

“Dengan tujuannya agar masyarakat bisa mendapatkan sembako harga murah dengan membawa kuponnya,” jelasnya.

Setelah diresmikannya Bazar Ramadhan tersebut, Gubernur Irwan Prayitno, Wagub Nasrul Abit dan para kepala OPD langsung mengunjungi stand UKM dan sekaligus mengecek harga bahan pokok, seperti bawang putih, cabe, beras dan telur.

Berdasarkan Pemantauan Harga, kenaikan harga bahan pokok hampir di semua berfariasi, namun kenaikan harga bawang putih, bawang merah, cabe, telur, beras, daging dan lain-lainnya, masih batas wajar. Intinya harga bahan pokok di Sumbar termasuk stabil.

Hadir juga dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Nasrul Abit, Sekdaprov Alwis dan para kepala OPD Sumbar serta diikuti oleh Ketua Dekranasda Ny. Nevi Zuairina Irwan Prayitno, Ketua BKOW Wartawati Nasrul Abit, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumbar Ny. Linda Alwis dan instansi lainnya.