Irwan Prayitno : CHJ Harus Ikhlas, Jangan Sombong, Jaga Kesehatan dan Perbanyak Ibadah, Insya Allah Jadi Haji Makbur

oleh -

Irwan Prayitno : CHJ Harus Ikhlas, Jangan Sombong, Jaga Kesehatan dan Banyak Ibadah, Insya Allah Jadi Haji Makbur

Semangatnews, Padang – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno secara resmi melepas keberangkatan kloter haji X tahun 2019 di Embarkasi haji, Tabing Padang, Sabtu (14/7) malam, sebanyak 392 calon jemaah haji (CJH).

Dalam sambutannya, gubernur mengingatkan kepada CJH agar menjalankan haji penuh dengan ikhlas, di tanah suci janganlah sombong, selalu menjaga kekompakan, dan yang terpenting selalu ikuti aturan serta memperhatikan apa yang disampaikan oleh para pendamping.

“Ikhlas adalah kata kunci, Allah akan bukakan hati, buka pikiran, ringankan langkah kita untuk beribadah dan diberikan kesehatan. Pergi ibadah haji dengan ikhlas, Insya Allah… Allah akan melindungi keluarga dan harta kita yang ditinggalkan,” ungkap gubernur Sumbar.

“Sekarang naik haji hanya bisa sekali, kalaupun ingin dua kali tentu menunggu 20 tahun bahkan bisa lebih, untuk itu pergunakan kesempatan ini sebaik mungkin, karena CJH merupakan pilihan, jadi terus jaga kesehatan, agar kita bisa beribadah dengan khusyuk,” pesan Irwan Prayitno.

Baca Juga:  Komisi VIII DPR RI Tinjau Persiapan Kuliah Tatap Muka Antisipasi Lost Generation

Irwan Prayitno juga meminta kepada jamaah calon haji, agar manfaatkan dengan baik kesempatan yang ada untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di Tanah Suci serta mempersiapkan diri secara fisik dan mental karena ibadah haji penuh dengan tantangan.

Kembali gubernur menghimbau, CJH menjaga kesehatan karena cuaca di Tanah Suci sangat panas yaitu sampai 48 derajat celcius, Mereka diminta banyak minum air dan mengonsumsi buah-buahan.

“Perbanyaklah ibadah, dan jangan dilupa sholat malam, berdoalah sebanyak mungkin. Selamat jalan, selamat beribadah, semoga menjadi haji yang mabrur,” tutupnya.

Laporan dari Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) H. Irwan, M.Ag menyampaikan, bahwa Jemaah Haji Embarkasi Padang Tahun 2019M/1440 H berjumlah : 7.057 orang dengan rincian untuk provinsi Sumatera Barat sebanyak 5.027 orang, provinsi Bengkulu 1.940 orang
dan petugas Kloter sebanyak 90 orang.

Baca Juga:  Soft Opening Koperasi KBKS Padang, Budi Syahrial Himbau Rang Solok Bergabung

Jumlah kloter jemaah Haji Embarkasi Padang diterbangkan dalam 18 kloter, satu Kloter terdiri dari 388 jemaah haji dan 5 orang petugas.

Untuk kloter X ( Sepuluh ) Embarkasi Padang akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada hari Senin tanggal 15 Juli 2019 dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER pada pukul 06.05 WIB.

Kloter X memberangkatkan CJH sebanyak 392 orang yang berasal dari daerah kabupaten Limapuluh Kota sebanyak 362 orang, daerah Padang sebanyak 24 orang, TPHD 1 orang dan Petugas Kloter sebanyak 5 orang.

“Pada kloter X ini ada satu orang calon jemaah haji yang tidak berangkat, atas nama Asrul Daliar Noer, Nomor Manifest 131, Nomor Porsi 3140030021 (TPHD)
Mundur berangkat ke kloter berikutnya,” ucap Ketua PPIH Irwan.

“Sedangkan calon jemaah haji termuda bernama Rahmi Muharramah, umur 22 tahun berasal dari kota Padang, untuk usia tertua adalah Zawadjir Abdul Rahman dengan umur 88 tahun, berasal dari Limapuluh Kota,” jelasnya.

Baca Juga:  Kementan Kembangkan Bawang Varietas Unggul Bagu Ijo di Sumbar

Sementara itu, hingga saat ini jumlah calon jemaah haji beserta petugas yang sudah berada di Arab Saudi sebanyak 3.515 orang, yang sudah berangkat sampai dengan kloter IX dengan rincian jemaah Pria 1.480 orang dan Wanita 2.035 orang.

Kemudian dilanjutkan dengan acara pelepasan dengan serah terima bendera Merah Putih oleh Gubernur Irwan Prayitno kepada petugas kloter.

Hadir dalam pelepasan kloter haji X ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar Hendri, Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan yang juga sebagai Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Ketua Pengadilan Agama Padang, Kabag TU, Kabid dilingkungan Kanwil Sumbar, Kemenag Limapuluh Kota, Kota Padang dan Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Padang serta seluruh jemaah haji kloter X.

BIRO HUMAS SETDA PROV SUMBAR

No More Posts Available.

No more pages to load.