Irwan Prayitno: Pilkada Sumbar Tetap Jalan Meskipun Pandemi Covid 19 Belum Mereda

oleh -

Irwan Prayitno: Pilkada Sumbar Tetap Jalan Meskipun Pandemi Covid 19 Belum Mereda

Semangatnews, Padang- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menegaskan pelaksanaan Pilkada 2020 tetap dilaksanakan, meskipun kondisi pandemi belum reda sampai Desember nanti.

“Ini sudah keputusan pemerintah yang mesti kita laksanakan,” ujarnya usai mengikuti sosialisasi pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2020 dengan penerapan protokol kesehatan covid19 di hotel Grand Zuri,25/09.

Tahapan pilkada yang telah menjadi agenda KPU Sumbar harus dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan covid19.

Ikuti saja protokol kesehatan, Insha Allah aman, sebut IP yang tak lama lagi akan mengakhiri jabatannya kedua sebagai gubernur Sumbar.

Untuk itu, semua yang terlibat dengan alek demokrasi ini, harus konsisten dan patuh mengikuti protokol kesehatan.

Kita minta aparat keamanan harus tegas dilapangan bagi yang melanggar.
Bagaimanapun, kita tidak mungkin menunda pilkada yang pencoblosan telah ditetapkan tanggal 9 Desember 2020, sebut Irwan.

Sosialisasi pilkada dengan penerapan protokol kesehatan digagas Bawaslu Sumbar dengan mengundang 4 Paslon, tokoh masyarakat, ormas, LKAAM, MUI, dan PWI.

Danrem dan Polda Sumbar menguraikan langkah langkah pengamanan selama pelaksanaan Pilkada di Sumbar. Dua institusi ini sudah siap dengan pasukannya di lapangan.

Pada kesempatan itu, semua pemangku kepentingan menandatangani pakta integritas untuk tetap mematuhi protokol kesehatan covid19.

Tanda tangan pakta integritas diawali oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Dan Rem, Ka Polda, Danlanud, Danlantamal, Kajati, Ketua Pengadilan Tinggi.

Unsur ormas; Muhammadiyah, NU, dan PWI Sumbar, yang diwakili Zulnadi,SH.
Empat paslon juga menandatangani pakta ini yang salah satu isinya adalah tidak melakukan politik uang dan politisasi SARA.

Dari empat paslon itu yang hadir lengkap adalah pasangan calon nomor urut 3 Fakhrizal dan Genius Umar.

Paslon nomor 1 terlihat Ali Mukhni tanpa Mulyadi, begitu juga dengan paslon nomor 4 yang hadir Audy, sedangkan paslon nomir urut 2 Nasrul Abit- Indra kelihatan tidak hadir.**