Irwan Prayitno: Ramadhan Jadikan Momen Mengendalikan Hawa Nafsu

0

Semangatnews, Limapuluh Kota — Bulan Ramadhan merupakan bulan yang tak hanya mewajibkan kita untuk berpuasa saja. Pada bulan ini, kita semua juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah-ibadah lain, seperti shalat tarawih, membaca Al-Qur’an, sedekah, infaq, dan ibadah serta amal-amal lainnya. Itu semua dikarenakan bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan dari Allah SWT serta menjadi ajang introspeksi diri.

Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno, malam ini mengikuti salat Tarawih di Masjid Raudhatul Mukminin Jorong Koto Kociak, Tujuah Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota dalam rangka safari Ramadhan pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Senin (20/5/2019).

Dalam sambutannya Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno menghimbau masyarakat memanfaatkan momentum ramadhan melatih kesabaran dan bisa mengendalikan hawa nafsu.

“Momentum ramadhan dijadikan moment mengendalikan hawa nafsu dan keinginan yang merusak ibadah puasa itu sendiri serta berpikiran positif dalam meningkatkan iman dan taqwa,” katanya.

Bagi pemerintah, bulan Ramadhan ini bisa menjadi jembatan untuk menyapa masyarakat dalam bersilahturahmi dan sekaligus sebagai bukti kepekaan dan kedekatan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat.

Selanjutnya gubernur juga mengajak, agar selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, karena Allah akan memberikan kita jalan keluar dari setiap problematika, serta dengan takwa itu pula Allah akan berikan kita berbagai kemudahan dalam segala urtusan kita.

Keutamaan takwa sangat sering kita dengar, antara lain firman Allah,

وَمَن يَتَّقِ اللهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا
Artinya: “Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar”. (Q.S. Ath-Thalaq: 2).

Juga firman-Nya:

وَمَن يَتَّقِ اللهَ يَجْعَل لَّهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا
Artinya: ‘Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya”.

“Tentu dengan bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menutupi kesalahan-kesalahan kita dan akan melipatgandakan pahala baginya,” ucap Irwan Prayitno.

“Saya berharap, semoga Allah membersihkan jiwa kita dan memberikan ketaqwaan pada hati kita,” tambahnya.

Selesai sambutan gubernur dilanjutkan dengan memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 20 juta untuk Masjid Raudhatul Mukminin dan juga bantuan berupa Al-quran dari Kanwil Kementrian Agama Sumbar yang diserahkan oleh Gubernur Sumbar dan perwakilan dari Kemenag Sumbar kepada pengurus masjid.

Dalam safari ramadhan ini dihadiri oleh
rombongan Pemprov Sumbar yaitu Ketua TP PKK Sumbar Nevi Zuairina, perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar, Kepala Dinas PUPR Sumbar, Ir. H. Fathol Bari, MSc, Eng, Kepala Dinas Sosial Abdul Gafar, SE. MM, Kepala Dinas Perhubungan Heri Nofiardi, Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Drs. Syaifullah, MM, serta pejabat dilingkungan Kabupaten Agam.

Hadir juga Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Sekda Limapuluh Kota, Camat Suliki, Walinagari serta beberapa pejabat dilingkungan Kabupaten Limapuluh Kota. (nov)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.