Jalan Lingkar Simaung-Laring Palupuh telah Dibuka

oleh -198 views

Jalan Lingkar Simaung-Laring Palupuh telah Dibuka

Semangatnews, Palupuh – jalan Lingkar Simauang – Lariang, panjang lebih kurang 6 kilomater telah di buka atau terhubung. Jalan lingkar ini merupakan jalan yang mampu membuka jalan pertanian – perkebunan – persawahan di jorong Simaung Mudiak, jorong Simaung Hilia , jorong Lariang di Nagari Nan Tujuah Kecamatan Palupuh dan beberapa jorong di Nagari Limo Koto Kecamatan Bonjol Pasaman, serta sekaligus membuka beberapa daerah yang selama ini terisolir.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Agam Syafril, SE Dt. Rajo Api disela-sela kunjungannya ke Simaung melalui Whastap di group Palupuh, Jum’at (30/8/2019).

Jalan lingkar Simaung Laring ini membentang mulai dari Jorong Air Kijang – Jorong Simaung Mudiak – Jorong Laring – Kampung Melayu Pasaman / Puluganan – Padang Manggis – Panampuang Pasaman / Kampung Pili – Simaung Mudiak – Laring / Air Kijang.

Syafril, SE Dt. Rajo Api lebih lanjut menyampaikan, pembangunan, pembukaan jalan lingkar ini merupakan jalur transportasi sebagai urat nadi perekonomian yang dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian untuk Kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

” Ini merupakan gagasan dan aspirasi masyarakat dan dari para pemikir yang baik, Panjang jalan lingkar ini lebih kurang 6 Km dan 2019 ini merupakan pembukaan tahap 2 mulai dari Jorong Laring ke Puluganan ke Padang Manggih 1 km, sumber dana darj swadaya masyarakat sekitarnya dan perantau”, ujarnya.

Syafril Dt. Rajo Api juga menyebutkan, Jalan lingkar Simaung Laring ini sepertiganya pembukaan jalan baru, sumber dana swadaya masyarakat sekitarnya dan perantau yang diperkirakan menghabiskan dana lebih kurang Rp.100.000.000, dimulai tahap pertama pembukaan tahun 2015/ 2016 dari Jorong laring ke Kampung Melayu panjangnya lebih kurang 1,5 km dengan lebar badan jalan lebih kurang 4 atau 5 meter.

“Jalan lingkar Simaung Laring ini sepetiganya sudah di aspal dana APBD kabupaten Agam, sepetiganya sudah pengerasan menunggu di aspal sumber dana APBD AGAM, sepertiganya lagi baru pembukaan sumber dana swadaya masyarakat Rp.100.000.000 dua tahap 2015/ 2016 dan 2019”, ungkap Syafril,SE dengan panggilan akrab Nyiak Api.

“Setelah selesainya jalan lingkar Simaung Lariang ini, nanti juga diharapkan akan dibangun jalan ke Limau Abuang Jorong Sungai Guntung NagarI Pasia Laweh menuju Pauh Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek”, ujar Syafril, SE yang juga terpilih sebagai Ketua LKAAM Kecamatan Palupuh baru-baru ini.

Menurut Nyiak Api yang juga Ketua KAN dan Ketua Pemekaran Nagari Nan Tujuah menjelaskan ada dua ruas jalan di atas serta ada juga beberapa ruas jalan yang perlu di bangun atau di perbaiki seperti, ruas jalan pemukiman, pertanian, perkebunan Air Kijang-Rasam, ruas Jalan perekonomian, pertanian, perkebunan Haraban- Aia Karuah Batang sianok.

Ruas jalan perekonomian Sipisang – Aia Karuah Batang Sianok, ruas jalan perekonomian, pertanian / perkebunan Sipisang-Sirabungan 2,1 Km, ruas jalan perekonomian, pertanian, perkebunan Simaung Mudiak – Sirabungan 2 Km, ruas Jalan Pemukiman, pertanian, perkebunan Lariang – Sawah Liek – Lurah Dalam 1,2 km, ruas jalan pemukiman, pertanian, perkebunan Monggong Laring – Kampung Tarok 800 M.

Ruas jalan pertanian, pariwisata Laring-Lubung Jumek – Air Terjun Sarasah Laring dan ruas jalan pemukiman, pertanian SD 04 Simaung – Kampung Tanjung – Tabek Gadang.