Jelang Pelaksanaan Ibadah Kurban, Kakanwil Imbau Pedomani-Pedomani Surat Edaran

by -

SEMANGATNEWS.COM – Kondisi pandemi yang masih melanda negeri hingga saat ini membuat Pemerintah siap siaga dan waspada dalam rangka memberikan perlindungan dan antisipasi kepada masyarakat agar terhindar dari covid 19.

Surat Edaran Menteri Agama RI terkait Pelaksanaan Ibadah baik salat Idul Adha maupun penyembelihan hewan kurban merupakan bukti negara hadir untuk rakyatnya ditengah-tengah wabah yang masih merebak dan kian meningkat.

Hal itu disampaikan Plt. Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsuir saat memberikan arahan pada Rapat Persiapan Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1442H/2021M bersama Panitia Pelaksana dan Peserta Kurban secara virtual, Senin (12/7).

Didampingi Kepala Bagian Tata Usaha, seluruh Kepala Bidang, Kasi dan Kasubbag terkait, Syamsuir mengingatkan seluruh peserta rapat yang hadir secara luring dan daring agar mempedomani dan menerapkan imbauan Menteri Agama saat melaksanakan penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban.

“Pastikan pelaksanaannya tidak menimbulkan kerumunan dan menerapkan prokes ketat sesuai dengan SE Menag No. 17 yang sama dengan kondisi atau status daerah kita saat ini berdasarkan data satgas covid provinsi dan daerah masing-masing,” ujar Syamsuir.

“Pelaksanaannya sesuai syariat islam dengan rentang tanggal penyembelihan dari 11 hingga 13 Dzulhijah di area yang luas sehingga memungkinkan diterapkannya jaga jarak untuk menghindari kerumunan,” jelasnya.

Kakanwil juga meminta panitia melakukan pengukuran suhu tubuh petugas dan pihak yang berkurban di setiap jalur/pintu masuk. kemudian lanjut Kakanwil penerapan kebersihan alat dan disinfeksi seluruh peralatan sebelum dan sesudah  digunakan.

“Terapkan sistem satu orang satu alat. Jika pada satu kondisi tertentu seseorang harus menggubakan alat lain maka harus disinfeksi sebelum digunakan,” pesan Kakanwil mengingatkan

Disampaikan Kakanwil tahun ini ada sekitar 25 hewan kurban yang terkumpul yang akan dikirim ke daerah-daerah dan pondok pesantren ataupun panti asuhan yang membutuhkan. Sesuai dengan tujuan Ibadah Kurban menumbuhkan rasa solidaritas disamping sebagai bentuk rasa syukur umat kepada Allah SWT.

“Untuk pendistribusian daging kurban kepada masyarakat dan peserta kurban, diharapkan panitia bisa mengantarkan langsung atau mempunyai skema pengaturan waktu sehingga tidak terjadi juga penumpukan masa,” ingatnya.

Kakanwil juga mengingatkan seluruh Panitia Kurban di masing-masing Kemenag Kab Kota serta tempat-tempat penyembelihan untuk mempedomani imbauan Menag dalam pelaksanaan Ibadah Kurban.

Mengenai hari pelaksanaan Ibadah Kurban dilingkungan Kanwil, diputuskan pada Rabu (21/7) bertepatan dengan 11 Dzulhijah 1442 H dengan estimasi maksimal lima ekor sapi yang akan disembelih di Kanwil. Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.