Kadis LH Sumbar : Prilaku Hidup Sehat Tanda Kita Telah Mawasdiri Terhadap Covid 19.

oleh -

Kadis LH Sumbar : Prilaku Hidup Sehat Tanda Kita Telah Mawasdiri Terhadap Covid 19

Semangatnews, Padang – Pola Hidup bersih dan lingkungan yang bersih akan mempengaruhi kesehatan masyarakat, terutama daya tahan setiap orang terhadap penyakit termasuk covid 19 ini yang merupakan virus.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat Ir. Siti Aisyah, MSi disela-sela waktu kerjanya kepada semangatnews.com, Rabu (18/3/2020).

Kadis LH Sumbar itu juga menegaskan, jika sampah tidak dikelola dengan baik bermacam-macam penyakit akan timbul terhadap masyarakat dan lingkungan tempat tinggal.

“Perlu inisiatif masyarakat untuk selalu peduli terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Dan memulai hidup bersih itu dari pengelolaan sampah yang baik dan benar,” ajak Siti Aisyah.

Siti Aisyah mengatakan, sampah jika dikelola dengan baik dan benar maka akan memberikan nilai ekonomis yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

” Tapi nilai itu tidak akan didapat dan akan menjadi masalah lingkungan, kalau tidak dilakukan pemilahan dan pengumpulan dan menempatkan pada tempat tepat,” katanya.

Siti Aisyah tegaskan, akan menelan biaya sangat besar apabila pemilahan sampah dilakutakan, sampah kalau dikelola dengan baik maka akan memberikan nilai ekonomis yang dapat juga memberikan kesejahteraan.kan di akhir.

“Oleh karena itu pemilahan harus dilakukan mulai dari rumah tangga. Pengumpulan dapat dilakukan pengorganisiran melalui pembentukan bank sampah,” ingatnya.

Siti Aisyah menghimbau, dalam melihat perkembangan pemberitaan tentang covid 19 ini, kebiasaan prilaku hidup bersih akan membantu kita terhindar dari penyebarannya.

“Cuci tangan dengan sabun, berolah raga ringan setiap hari jaga kebugaran fisik. Dan tempatkan sampah pada tempatnya berarti kita sudah mawas diri dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan tempat tinggal,” himbaunya menyakinkan.(Hms-Sumbar)