Kadis LH Sumbar : Tahun Lalu Telah Dilaksanakan RP-Danau Prioritas I Singkarak dan Maninjau

oleh -

Kadis LH Sumbar : Tahun Lalu Telah Dilaksanakan RP-Danau Prioritas I Singkarak dan Maninjau

Semangatnews, Padang – Sejak diserahkan Rencana Pengelolaan Danau (RP-Danau) Prioritas I Singkarak dan Maninjau pada tanggal 26 Maret 2019 oleh Ibu Menteri KLHK kepada Gubernur pada tanggal 26 Maret 2019 dihadapan beberapa kementerian telah ditindaklanjutu baik oleh Pemerintah Provinsi maupun kab terkait.

Baca Juga:  Demokrat Sumbar Perduli; Bagi-bagi Takjil Bagi Pengguna Jalan

“ Program yang dicantumkan dalam RP- Danau Singkarak meliputi : Penataan ruang kawasan, Penyelamatan ekosistem dan sempadan danau, Penyelamatan ekosistem perairan, Penyelamatan DAS dan DTA Danau, Program Pemanfaatan SDA, Program pengembangan sistem Monitoring, Evaluasi dan Informasi Ekosistem. Program pengembangan kapasitas kelembagaan dan sosial ekonomi’, ungkap Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat Ir.Siti Aisyah,Msi kepada semangatnews.com di sela-sela kesibukannya, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Apresiasi Kolaborasi Kadin dan Pemprov Sumbar

Siti Aisyah juga menyampaikan, beberapa program/kegiatan yang sudah dilakukan pada Danau Singkarak pada tahun 2019 antara lain, dalam penataan ruang kawasan, saat ini kita memproses Perda RTR KSP Danau Singkarak saat ini sedang proses KLHS.

“Dalam penyelamatan ekosistem perairan Danau Singkarak, Pemprov bersama Kab. Tanah Datar telah membentuk bank sampah, kelompok pengelola serta melengkapi sarana dan prasana persampahan. Dalam program pemanfaatan sumber daya air, Pemprov sudah melakukan penghapusan alat tangkap bagan, bantuan alat tangkap ramah lingkungan, pembuatan reservat dan penebaran benih asli ikan danau”, ujarnya.