Kegiatan Kongsi Kematian RT 05 RW 11 Dadok Tunggul Hitam Kembali Bergairah

oleh -
Ketua Kongsi Kematian RT 05 RW 11 Dadok Tunggul Hitam Aciak, memperlihatkan kartu yang dipasangan di meteran listrik, Sabtu (9/4/2021)

SEMANGATNEWS.COM – Membentuk kongsi kematian di setiap Rukun Tetangga (RT) merupakan sudah menjadi sebuah keharusan dalam melestarikan nilai-nilai kegotong-royongan sosial kemasyarakatan ditengah-tengah masyarakat. Hal ini sesuai dengan arahan Walikota Padang dalam berita padek.co tanggal (29/5/2020), “Tekan Penularan Covid-19, Pemko Bentuk Kongsi Covid-19 di Tingkat RT”

Hal ini disampaikan koordinator humas mushalla Babul Jannah Kompleks Pondok Indah Permai – Wisma Lestari (Popwils) Zardi Syahrir, SH.MM kepada semangatnews.com, di Padang, Sabtu (10/4/2020).

Baca Juga:  Pesantren Ramadhan Mushalla Babul Jannah Popwils Dadok Tunggul Hitam Meriah dan Membanggakan

Zardi menambahkan, keberadaan kongsi kematian disetiap RT merupakan sesuatu yang penting dalam menumbuhkan nilai-nilai sosial, sasakik sasanang dalam kehidupan bermasyarakat dalam satu rukun tetangga.

“Peran dan fungsi Kongsi kematian memberikan pehatian kepada keluarga yang sedang mendapat duka kemalangan kehilangan orang yang mereka sayangi, dalam kondisi tersebut butuh pertolongan dan perhatian masyarakat sekitarnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Lantik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok dan Solok Selatan Hari Ini

Zardi juga menambahkan dalam budaya tradisi adat urang minang ada pepatah yang kental hidup ditengah-tengah masyarakatnya.

adat hiduik di dunie tolong-manolong,
adat mati janguak-manjanguak,
adat ado basaliang tenggang,
adat kayo mambantu yang miskin

(adat hidup di dunia adalah tolong menolong, adat mati saling menjenguk, adat ada/berkepunyaan salaing bertenggang/membantu, adat kaya membantu yang miskin)

Baca Juga:  Wako Hendri Septa Dengarkan Pandangan Fraksi DPRD Tentang LKPJ Wali Kota Padang Tahun 2020

Kaba baiak baimbauan, kaba buruak bahambauan

(kabar baik dihimbauka/dikabarkan secara terbuka, kabar buruk dihambaukan/dikabarkan oleh inisiatif yang tidak terlihat dan bergegas)
Dalam hal kemalangan, maka kabarnya akan dihambauan. Dalam hal ini, ia dikabarkan dari telinga ke telinga, sebagai insiatif untuk mengajak tetangga kita untuk membantu orang yang kemalangan tersebut.