Kelurahan Balai Jariang Aia Tabik Gelar Sosialisasi dan Simulasikan Penanganan Kebakaran

oleh -
FB_IMG_1565304374932

Kelurahan Balai Jariang Aia Tabik Gelar Sosialisasi dan Simulasikan Penanganan Kebakaran

Semangatnews, Payakumbuh – Untuk membekali masyarakat dalam menghadapi si jago merah yang sewaktu-waktu bisa membahayakan, Satpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh menggelar Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Kebakaran di Kantor Lurah Balai Jariang Aia Tabik Kecamatan Payakumbuh Timur, baru-baru ini.

Lurah Balai Jariang Aia Tabik, Ronal mengatakan melalui Alokasi Dana Kelurahan (ADK), warganya diberdayakan untuk diberi sosialisasi bahaya dan cara pencegahan kebakaran, tidak tanggung-tanggung lurah enerjik ini langsung mendatangkan sang ahli penjinak api bagi masyarakatnya.

“Kita datangkan pasukan dari damkar untuk memberi sosialisasi dan langsung mensimulasikan bagaimana penerapannya di lapangan kepada warga, kita ingin agar warga juga memiliki kemampuan siap siaga dalam menghadapi kebakaran, contohnya musibah yang telah terjadi pada saudara kita di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan beberapa hari lalu,” kata Ronal.

Dalam sosialisasi dan simulasi itu hadir dari Damkar Afrizal Chan sebagai moderator, Indra Junaidi selaku Dandru 2, Fariz Novendra dan Azwardi, Budi Iskandar, Eka Junaidi, Epi Purwadi, Roby Asman, dan Yulfi Saputra.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh Devitra menyebut Pemko Payakumbuh sudah sering melakukan sosialisasi dan simulasi, baik bagi yang mendatangi posko damkar, maupun damkar yang mendatangi langsung instansi-instansi dan sekolah yang ingin diberi penjelasan dan bahaya kebakaran dan cara pencegahannya.

“Dari siswa atau pelajar, kami juga telah memberikan materi dan mensimulasikannya mulai dari PAUD/TK sampai ke tingkat Universitas,” kata Devitra.

Ditambahkan Devitra, dalam minggu ini ada 4 kelurahan lain yang mengangkat acara serupa, seperti Kelurahan Labuah Basilang, Sawah Padang Aua Kuniang, Kapalo Koto Ampangan, dan Koto Baru Payobasuang.