Ketika KNPI Turun Lapangan, Ciptakan Lapangan Pekerjaan Melalui Budidaya Ikan

by -

SEMANGATNEWS.COM – PANDEMI Covid-19 berpengaruh terhadap semua kalangan. Susah mencari lapangan pekerjaan, lulusan semakin terus bertambah tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Padang Panjang mengembangkan suatu program untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi pemuda yaitu program di bidang pertanian perikanan.

Ketua KNPI Padang Panjang, Andi Arianto bersama pengurus DPD KNPI mengadakan gotong royong membersihkan lahan tidur kolam ikan untuk digunakan menjadi budidaya ikan di Kelurahan Ekor Lubuk, Minggu (8/8).

“Memang KNPI sekarang mengurangi kegiatan di dalam ruangan, karena sangat tidak efektif sekali disaat pandemi. Kami pengurus harus berputar haluan dan bermanuver, dampak pandemi ini sangat memukul sekali di sektor perekonomian,” ujarnya.

Pemuda dimasa pandemi ini, katanya, harus ikut andil membuat pergerakan menuangkan ide bersama. Pemuda tidak boleh putus harapan. Saat pandemi ini tidak tertutup kemungkinan untuk dapat memulihkan keadaan.

Lahan tidur kolam ikan dengan ukuran 7 x 21 meter dan dua ukuran 5 x 7 meter, nantinya akan diisikan 10.000 bibit ikan nila.

Selain itu, juga akan diciptakan peternakan itik yang nantinya akan dikelola langsung pengurus KNPI Bidang Pertanian dan Peternakan, untuk menekan angka pengangguran.

“Kita berharap instansi terkait dapat mendukung program pemuda ini, dengan memberikan penyuluhan dan pemdampingan kepada pemuda untuk pergerakan kami membangun lahan-lahan tidur ini,” tuturnya lagi.

Dalam waktu dekat ini selain budidaya ikan, pemuda juga akan menggarap ladang yang akan digunakan untuk menanam sayur-sayuran dan jahe.

Mekanisme dalam pengembangan lahan kolam ini akan langsung dari Bidang Pertanian dan Peternakan KNPI Kota Padang Panjang.

Andi berharap program ini akan mendapatkan hasil yang baik, yang mana akan dikembangkan lagi untuk usaha-usaha lain, dikelola oleh pemuda sebagai lahan pekerjaan. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.