Ketua DPRD Sumbar Dijadwalkan Meresmikan Pameran Seni Rupa #New Eksplorasi 13 September Mendatang

oleh -

Ketua DPRD Sumbar Dijadwalkan Meresmikan Pameran Seni Rupa #New Eksplorasi 13 September Mendatang

Semangatnews.com. Khatib Sulaiman. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat, Supardi, menyatakan kesiapannya meresmikan pembukaan pameran seni rupa “Realita Sosial” #NewEksplorasi tahap kedua yang dijadwalkan berlangsung sejak 13 sd 19 September mendatang di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Sumatera Barat, Jalan Diponegoro, 31, Padang.

Pernyataan kesiapan itu disampaikan Supardi saat menerima panitia dan kurator pameran, Muharyadi dan Yasrul Sami. B didamping Kasi Pameran dan Pagelaran, UPTD Taman Budaya Sumbar. Sexri Budiman, di ruang kerjanya, Jumat sore (4/9).

Menurut Supardi, memberi ilustrasi baginya seni sebagai bagian dari kebudayaan yang ada seperti seni rupa berisikan seperangkat nilai-nilai merupakan sesuatu yang sudah dekat dengan dirinya. Meskipun saya tak mampu menggambar atau melukis bahkan berkarya seni rupa secara maksimal semasa menempuh pendidikan dulu, tapi saya sangat mengagumi karya-karya seni rupa dan profesi yang digeluti para seniman dalam berkarya.

Dijelaskan sebagai bagian kebudayaan yang ada, kehadiran karya-karya seni rupa dan para seniman yang tetap eksis berkarya dengan beragam obyek isian di dalamnya berisikan seperangkat nilai-nilai, layak diacungkan jempol. Mengingat di tengah-tengah covid. 19, teman-teman seniman seni rupa masih tetap eksis berkarya melahirkan hal-hal menarik yang diusung kepermukaan, ujar Supardi.

Sementara Sexri Budiman, atas nama UPTD Taman Budaya Dinas Kebudayaan Sumbar yang juga juga musisi musik Minang itu dalam penjelasannya kepada Semangatnews.news.com, menyebutkan, dalam tahun anggaran 2020 ini Dinas Kebudayaan UPTD Taman Budaya Sumbar menyelenggarakan tiga kali kegiatan pameran berturut-turut yakni 26 Agustus sd 3 September untuk pameran pertama, 13 sd 19 September pameran kedua dan pameran ketiga 4 sd 10 Oktober bertempat di galeri seni rupa, Taman Budaya Sumbar.

Sebenarnya pameran ini semula akan digelar April untuk pameran pertama, Juni untuk pameran kedua dan September untuk pameran ketiga. Tetapi wabah covid.19 melanda bukan hanya tanah air bahkan dunia, membuat ketiga pameran menjadi tertunda, jelas Sexri Budiman.
Pada pameran pertama, 26 Agustus hingga 3 September kemarin dengan mengikuti protoker kesehatan covid. 19 semua pengunjung memakai masker dan cuci tangan yang diresmikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan dihadiri Wakil Gubernur, Nasrul Abit yang dilanjutkan diskusi “bagurau” mendapat apresiasi luas oleh publik seni Sumatera Barat, ujar Sexri Budiman.

Kurator pameran Muharyadi dan Yasrul Sami. B dalam penjelasannya kepada Semangatnews.com ditempat yang sama menyebutkan, begitu kegiatan pameran pertama dilaksanakan 26 Agustus hingga 3 September 2020 kemarin di galeri seni rupa Taman Budaya Sumbar, telah banyak teman-teman seniman menyatakan keikutsertaan untuk pameran kedua dan ketiga.
Bahkan teman-teman seniman seni rupa Pekan Baru dan Bengkulu menyatakan ingin bergabung untuk turut serta berpameran, termasuk seniman urang awak dari Yogyakarta, ujar Muharyadi lagi. (FR)