Ketua DPRD Sumbar, Supardi, Siang Ini Meresmikan Pameran Seni Rupa #New Eksplorasi di Galeri Taman Budaya

oleh -

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, Siang Ini Meresmikan Pameran Seni Rupa #New Eksplorasi di Galeri Taman Budaya

Semangatnews.com. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi, siang ini Minggu (13/9) dijadwalkan akan meresmikan pembukaan pameran Seni Rupa #New Eksplorasi di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Sumatera Barat, Jalan Diponegoro 31.

Pameran ini merupakan kegiatan ke dua dari tiga rangkaian pameran seni rupa yang di gelar Dinas Kebudayaan UPTD Taman Budaya Sumatera Barat sejak Agustus lalu. Pameran pertama baru saja dilaksanakan 26 Agustus sd 3 September lalu. Sementara untuk pameran ke tiga #Dimension Space dijadwalkan berlangsung sejak 4 sd 10 Oktober mendatang.

Hal itu dikemukan Kepala Taman Budaya Sumatera Barat, H. Muasri, menjawab pertanyaan Semangatnews.com via telp sekaitan digelarnya pameran seni rupa #New Eksplorasi (13/9).

Menurut Muasri, dalam catatan yang diperolehnya melalui panitia dan kurator pameran, dibanding pameran sebelumnya #New Life yang berlangsung 25 Agustus lalu, pada pameran kedua kali ini jumlah peserta cukup meningkat, dari 48 calon peserta yang mendaftarkan diri 18 diantaranya dinyatakan gugur dan tidak memenuhi syarat sebagaimana prosedur dan mekanisme sesuai juknis yang telah disepakati tim kurator.

Pada pameran pertama jumlah calon peserta sebanyak 38 orang dan dinyatakan lolos oleh kurator sebanyak 26 peserta. Dari peningkatan itu, ditengah-tengah covid.19 ternyata denyut dan kreativitas teman-teman seniman seni rupa terus mengalir dengan beragam obyek yang diangkat kepermukaan dalam ranah visual rupa bernilai estetik.

Artinya aktivitas berseni rupa dikalangan perupa tetap berjalan secara sungguh-sunguh sebagai bagian budaya yang ada sejak era pra kemerdekaan bahkan hingga kini ditandai munculnya nama-nama baru serta di dukung pula banyak sanggar, komunitas seni rupa, lembaga pendidikan sekolah menengah seni rupa (SMSR/SMKN 4) Padang, lembaga pendidikan tinggi seni ISI Padangpanjang dan jurusan seni rupa, FBS, UNP Padang, ujar Muasri.

Tim kurator pameran seni rupa “Realita Sosial” #New Eksplorasi, Muharyadi dan Yasrul Sami Batubara yang dihubungi “Semangatnews.com, menyebutkan, dalam sistim pengurasian karya selain nama-mana perupa senior banyak di kalangan anak muda yang bermunculan dengan karya-karya yang cukup menarik, baik isi, tema dan pesan yang disampaikan.
Saat ini turut berpameran sebanyak 30 perupa dari berbagai daerah termasuk dua diantaranya dari Yogyakarta.

Diharapkan pada pameran ketiga 4 sd 10 Oktober mendatang jumlah peserta terus meningkat dengan karya-karya yang secara kualitas juga terus meningkat, jelas Muharyadi dan Yasrul Sami Batubara menambahkan. (FR)