Ketua Karang Taruna Sawahlunto, Dorong Ekonomi Masyarakat, Bantu Kelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP)

by -

Ketua Karang Taruna Sawahlunto, Dorong Ekonomi Masyarakat, Bantu Kelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP)

Semangatnews, Sawahlunto – Mendorong peningkatan ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda, dilaksanakan Karang Taruna Kota Sawahlunto melalui program Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Saat ini Karang Taruna Sawahlunto telah mulai mengelola 2 jenis UEP, yakni budidaya jahe merah dan budidaya ikan nila.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta sangat mengapresiasi kegiatan Karang Taruna tersebut, kemudian mengarahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk turut membantu pengelolaan UEP oleh Karang Taruna itu.

Walikota Deri Asta meninjau langsung 3 lokasi pengelolaan UEP Karang Taruna tersebut, yaitu di Kelurahan Aur Mulyo, Kelurahan Tanah Lapang dan Desa Pasar Kubang.

“Ada semangat yang hebat dari pemuda – pemuda kita di Desa/Kelurahan untuk mencoba memulai kegiatan – kegiatan yang bisa meningkatkan ekonomi, itulah yang disupport adik-adik di Karang Taruna ini dengan memfasilitasinya melalui Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Kita lihat bersama, yang paling diandalkan dari ini memang semangat dan kebersamaan para pemuda-pemudi pengelola dengan para pengurus Karang Taruna, karena kalau dari sisi anggaran segala semua serba terbatas, Alhamdulillah dengan semangat menggelora melahirkan juga kreatifitas sehingga apa pun rintangan tetap bisa dihadapi,” ujar Walikota Deri Asta.

Walikota Sawalunto ini sangat mendukung UEP ini sehingga Dinas – Dinas terkait diminta untuk membantu baik dari sisi administrasi/regulasi maupun kegiatan. Seperti Dinas Pertanian, bisa membantu pada UEP budidaya jahe merah melalui pemberian bibit dan memberikan pelatihan serta bimbingan ilmu untuk budidaya tersebut.

“Yang pasti kita dukung, kalau karena keterbatasan anggaran belum bisa maksimal, maka paling tidak dari Dinas kita bisa mendampingi untuk memberikan pelatihan atau bimbingan ilmu. Kan pelatihan dan pendampingan ilmu ini tidak kalah penting, karena kalau saat ini kita dalam bertani atau beternak tanpa ilmu tentu hasilnya tidaka akan bisa maksimal, maka kita dampingi dan kita bantu dengan menyampaikan ilmu,” kata Walikota Sawahlunto.

Ketua DPD Karang Taruna Kota Sawahlunto Andri Maha Putra, menyebutkan bahwa saat ini Karang Taruna Sawahlunto memang sedang memberikan perhatian khusus pada kegiatan-kegiatan untuk peningkatan ekonomi dan skill Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat, khususnya generasi muda, sebab itulah, program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) itu yang saat ini digalakkan oleh Karang Taruna ‘Kota Arang’ itu.

“Kita ingin keberadaan Karang Taruna ini memang bisa memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat, sekaligus kita memback – up program Pemerintah Kota terutama di bidang peningkatan ekonomi produktif”, ujar Andri Maha Putra yang pernah menjadi Presiden Mahasiswa ini.

Andri Maha Putra yang juga Ketua DPD KNPI Kota Sawahlunto dulunya ini menyampaikan “Kita ingin mengubah anggapan bahwa selama ini Karang Taruna hanya muncul berkegiatan saat momen HUT RI saja, sekarang kita buktikan bahwa Karang Taruna mampu bergerak membantu masyarakat,” kata Andri tokoh muda sawahlunto

Andri menambahkan “Karang taruna sebagai pilar-pilar sosial yang tergolong Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang tumbuh dan berkembang dari potensi kemasyarakatan terus berusaha mensinergikan programnya dengan visi misi kepala daerah.
Dengan hadirnya walikota sawahlunto meninjau UEP yang telah tumbuh, maka diharapkan menjadi motivasi bagi karang taruna desa/ kelurahan se-sawahlunto nantinya untuk berkreasi dan berinovasi melahirkan hal-hal positif dan produktif di desa kelurahan masing-masing sesuai potensi sumberdaya kearifan lokal”, ungkap Andri yang juga mantan Koordinator FLMPI (Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia) mengakhiri. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.