Komite SMK N 4 Padang Gelar Acara”Pisah Sambu” Pengurus Dengan Rasa Haru

oleh -

Semangatnews.com. Padang. Kehadiran dan keberadan Komite Sekolah pada sekolah atau lembaga pendidikan lembaga pendidikan lainnya tentulah diharapkan dapat memiliki peran guna peningkatan mutu pelayanan dengan pertimbangan, arah, dukungan tenaga, sarana prasarana dan pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.

Selain itu Keberadaan Komite Sekolah harus bertumpu pada landasan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan hasil pendidikan di satuan pendidikan seperti sekolah.

Karena itu, pembentukan Komite Sekolah harus memperhatikan pembagian peran sesuai posisi dan otonomi yang ada.

Hal disampaikan ketua Komite SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang dalam suatu kegiatan “pisah sambut” pengurus Komite SMKN 4 Padang yang lama dengan pengurus baru periode 2019-2022, Wahidil, di Padang, yang dihadiri pengurus Komite lama dan pengurus Komite baru, dan sejumlah guru dan karyawan SMKN 4 Padang, Kamis lalu.

Menurut Wahidil yang juga dosen Universitas Bung Hatta itu menyebutkan, kehadiran Komite Sekolah merupakan lembaga pemberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan, lembaga pendukung, baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.

Dan yang tidak kalah pentingnya juga Komite sekolah menjadi lembaga pengontrol dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan dan lembaga mediator antara pemerintah dengan masyarakat di satuan pendidikan, ujar Wahidil menambahkan.

Sementara ketua Komite SMKN 4 Padang periode sebelumnya, H. Am. Y. DT. Garang dalam kesempatan itu menyebutkan, selama lebih kurang 9 tahun atau 3 periode berturut-turut, pengurus Komite dengan kelerbihan dan kekuranganya yang sifatnya manusiasi telah bekerja secara maksimal dengan segala daya dan upaya yang lebih fokus membenahi persoalan internal dan pendekatan kepada masyarakat dan orang tua murid.

Menurut AM. Y. DT. Garang di era kepemimpinannya, ia bersama-sama pengurus senantiasa mendorong perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu di SMKN 4 Padang.

Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan olej masyarakat.Kemudian memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada satuan pendidikan mengenai, termasuk tetap mempertahankan eksistensi SMKN 4 Padang yang dulu bernama SSRI/SMSR Negeri Padang, satu dari tiga sekolah dengan basis seni dan budaya di tanah air yang kehadirannya dapat mewarnai dunia seni dan budaya, diluar Jawa dan Bali, ujar Am. Y. DT. Garang.

Kepala SMKN 4 Padang, Taharuddin, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus lama karena telah bekerja keras selama lebih kurang 3 periode tanpa henti. Kemudian kepada pengurus baru Taharuddin, juga menaruh banyak harapan agar kehadiran Komite di SMK N 4 Padang benar-benar membawa arus perubadan dan dinamika yang terus berkembang di era millineal ini di tengah-tengah masyarakat dan sekolah dengan berpijak pada pedoman dan undang-undang yang ada.

Suasana haru juga terlihat saat pengawas pembina SMKN 4 Padang sekaligus mewakili Kepala Dinas Pendidikan provinsi Sumatera Barat, Defri Oka, menyampaikan kehadiran Komite di SMKN 4 Padang diharapkan mampu mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Kemudian juga mampu menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat. Memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada satuan pendidikan mengenai, kebijakan dan program pendidikan, rencana Anggaran Pendidikan dan Belanja Sekolah, kriteria kinerja satuan pendidikan, kriteria tenaga kependidikan, kriteria fasilitas pendidikan dan hal-hal lain yang terkait dengan pendidikan.

Terlebih SMKN 4 Padang yang merupakan satu dari sedikit sekolah dengan kompetensi seni dan budaya di tanah air, saat ini ujar Defri Oka.Adapun pengurus Komite SMKN 4 Padang periode 2019-2022 itu dinataranya ketua komite sekolah SMKN 4 Padang, ketua, Wahidir (dosen salah satu perguruan tinggi Sumbar), Wakil ketua, H. Bakhtiar K (tokoh pendidikan), Sekretaris Rahadian Defi Yandra (tokoh alumni dan pengusaha), Bendahara, Zainar. Kepengurusan Komite ini juga dilengkapi dengan koordinator untuk masing-masing kelas semua jurusan dari kelas X, XI dan XII. (SS/FR/YSM).