Koperasi HBB Diapresiasi Dekopinwil dan Diskop UMKM Sumbar

by -

SEMANGATNEWS.COM – Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Hidup Berkah Bermakna (HBB) mendapat apresiasi dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Sumatera Barat. Apresiasi juga diberikan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Provinsi Sumbar saat pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) II Tahun Buku 2021 di Aula Senja Kenangan, Kamis (3/2).

Ketua Dekopinwil Sumbar, Ir. H. Hendra Irwan Rahim saat membuka kegiatan RAT II ini, mengapresiasi KSPPS HBB yang dengan niatnya untuk membantu para pedagang di pasar dan mengurangi rentenir.

“KSPPS HBB ini sangat luar biasa memiliki niat yang baik untuk memajukan ekonomi dengan menolong para pedagang di pasar. Kami juga mendengar, dalam jangka satu tahun, sudah memiliki dana sebanyak lebih kurang Rp 4,5 miliar,” ujar Hendra.

Kepala Bidang Perizinan Kelembagaan Diskop UMKM Provinsi Sumbar, Saunida juga memberikan apresiasi kepada KSPPS HBB dari segi keanggotaannya.

“Apresiasi besar kita berikan kepada KSPPS HBB. Dari sekian banyak koperasi yang ada di Sumatera Barat, baru KSPPS HBB yang memiliki anggota dengan kenaikan yang signifikan. Ini karena kegigihan pengurus dan tujuan dari koperasi sendiri untuk memberantas rentenir,” tuturnya.

Ia juga berharap, dengan kenaikan aset dan anggota ini, masyarakat dan UMKM bisa lebih sejahtera lagi ke depannya dengan difasilitasi pembiayaannya oleh koperasi.

KSPPS HBB berdiri sejak tahun 2020, diawali dengan anggota sebanyak 29 orang. Terhitung Desember 2021 sudah memiliki anggota sebanyak 115 orang. Dan per Januari 2022 ini, sudah sebanyak 125 orang.

“Kami meminta kepada Diskop UMKM baik itu provinsi maupun kota agar terus memberikan pembinaan kepada koperasi-koperasi yang ada di Kota Padang Panjang. Sehingga bisa menjadi koperasi bersih dan baik,” ungkap Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli, SH yang juga hadir dalam RAT II ini.

Ketua KSPPS HBB, Mardiah Muluk menjelaskan, koperasi ini didirikan untuk membantu para pelaku usaha UMKM yang membutuhkan modal, support dan pembinaan dalam menjalankan usaha.

“Selain itu, kita juga berkontribusi dalam bidang pendidikan, bekerja sama dengan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah,” jelasnya.

Juga hadir saat pembukaan RAT, Kabid Koperasi dan UMKM Disperdakop UKM Padang Panjang, Rini Lisdayani, S.Sos, Mudir Pontren Kauman Muhammadiyah, Dr. Derliana, M.A, serta undangan lainnya. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.