KPK Terkejut Ada Paslon Yang Kakayaannya Minus Milyaran, 4 Berasal dari Sumbar

oleh -

KPK Terkejut Ada Paslon Yang Kakayaannya Minus Milyaran, 4 Berasal dari Sumbar

SEMANGATNEWS.COM- KPK mengungkapkan 10 calon kepala daerah terkaya dan “termiskin” berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang akan mengikuti Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020.

Berdasarkan Surat Edaran Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor 71 Tahun 2020 menyatakan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, serta pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota wajib menyampaikan LHKPN ke KPK.

Syarat melaporkan LHKPN bagi para kandidat tertuang dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota serta UU Nomor 11 tahun 2016 tentang Pemerintah Aceh yang menyebutkan bahwa “Tanda Terima LHKPN merupakan salah satu persyaratan dalam pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali kota”.

Baca Juga:  Formasi Penerimaan CPNS 2021 Akan Diumumkan April-Mei, Butuh 1 Juta Guru

“Kita kumpulkan 10 terkaya, tidak ada maksud apa-apa, hanya ingin menunjukkan dia lapor yaitu dengan kekayaan Rp674 miliar, tapi yang agak heran adalah yang termiskin dengan harta minus Rp3,5 miliar,” kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan dalam konferensi pers di gedung KPK Jakarta, Jumat, 3/12.

Sepuluh termiskin yang direlis KPK, empat berasal dari Sumatera Barat.
Mereka adalah; Calon wakil bupati Sinjunjung, Sumatera Barat, Indra Gunalan dengan nilai harta minus Rp3.550.090.050.

Baca Juga:  Belajar Tatap muka di Masa Pandemik Kompetensi Kepala Sekolah Berperan

Calon bupati Padang Pariaman, Sumatera Barat, Tri Suryadi dengan nilai harta minus Rp998 juta.