Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 3 SD Halaman 12 13 15 16 Pembelajaran 2 Subtema 1

by -
Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 3 SD Halaman 12 13 15 16 Pembelajaran 2 Subtema 1
Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 3 SD Halaman 12 13 15 16 Pembelajaran 2 Subtema 1

SEMANGATNEWS.COM – Pada artikel ini terdapat lengkap kunci jawaban Tema 2 Kelas 3 SD/MI halaman 12, 13, 15, 16, Pembelajaran 2 Subtema 1.

Pembelajaran 2 yang dimulai dari halaman 10 sampai 18, merupakan bagian dari Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia, Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan.

Materi pertanyaan dan soal di bawah ini, dirangkum dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Sedangkan jawabannya dikutip dari berbagai sumber.

Materi yang dibahas kali ini meliputi: menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng hingga menjelaskan dan mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan memutar dan meliuk.

Ayo Mengamati

Edo, Siti, dan Beni sedang bermain di rumah Dayu. Dayu menunjukkan sebuah majalah yang di dalamnya ada cerita dongeng. Edo, Siti, dan Beni berebut untuk membaca dongeng tersebut.

Dayu mengusulkan agar salah satu dari mereka membacakan dongeng. Teman lainnya menyimak dongeng yang dibacakan.

Simaklah dongeng yang dibacakan temanmu!

Pengembara dan Sebuah Pohon
(Pengarang: Aesop)

Dua orang pengembara berjalan di sepanjang jalan yang berdebu dan tandus di hari yang sangat panas. Tidak lama kemudian, mereka menemukan sebuah pohon besar. Dengan gembira, keduanya lalu berteduh dari teriknya sinar matahari di bawah naungan daun-daun pohon besar yang lebat. Saat beristirahat, mereka melihat ke atas pohon. Salah seorang pengembara berkata kepada teman seperjalanannya, “Betapa tidak bergunanya pohon besar ini! Pohon ini tidak memiliki buah sehingga tidak berguna untuk manusia sama sekali.”

Pohon besar tersebut lalu berkata, “Kamu manusia yang tidak tahu berterima kasih!“ Pohon itu berkata lagi, “Kamu datang dan bernaung di bawah daun-daunku. Kamu menikmati teduhnya perlindungan cabang dan daunku. Kamu masih menyebutku tidak berguna sama sekali?”

Sumber: www.ceritakecil.com

Kunci Jawaban Halaman 12 dan 13

Ayo Bercerita

Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan tujuan tertentu. Setiap makhluk hidup bermanfaat untuk makhluk hidup lainnya. Tumbuhan bermanfaat untuk manusia. Hewan juga memiliki banyak manfaat untuk manusia.

Bagaimanakah sikap manusia terhadap tumbuhan dan binatang?
Jawaban:
Kita perlu menunjukkan perilaku berterima kasih kepada tumbuhan dan binatang. Contoh cara berterima kasih kepada tumbuhan yaitu dengan merawat tanaman. Contoh berterima kasih kepada binatang yaitu dengan melindunginya atau memberinya makan. Cara berterima kasih kepada sesama manusia yaitu dengan tidak lupa selalu mengucapkan terima kasih setelah dibantu atau ditolong.

Ceritakanlah pesan yang terkandung pada dongeng Pengembara dan Sebuah Pohon!
Jawaban:
Kita perlu berterima kasih kepada tumbuhan, binatang, dan khususnya kepada sesama manusia. Terkadang, manusia tidak menghargai bantuan yang telah mereka dapatkan.

Ayo Mengamati

Setelah membaca dongeng Pengembara dan Sebuah Pohon, kita belajar untuk selalu bersyukur. Sikap bersyukur dapat ditunjukkan dengan menyayangi makhluk hidup.

Kita simak dialog di bawah ini, yuk!

Beni: “Kenapa Ayah sering mengucapkan terima kasih?”

Ayah: “Berterima kasih itu termasuk orang yang selalu bersyukur.”

Beni: “Apa hubungannya berterima kasih dengan bersyukur, Yah?

Ayah: “Ada dong. Berterima kasih itu salah satu cara kita bersyukur. Orang yang selalu bersyukur adalah orang yang rendah hati. Kebalikannya orang yang tidak bersyukur adalah orang yang sombong.”

Beni: “Apa kita juga berterima kasih kepada tumbuhan dan hewan? Bagaimana caranya?”

Ayah: “Iya, kita juga perlu berterima kasih kepada tumbuhan dan hewan. Caranya berbeda dengan cara kita berterima kasih kepada manusia.”

Ibu: “Jika kita berterima kasih kepada tumbuhan maka kita merawat tumbuhan dengan baik. Tumbuhan diberi air, pupuk, dan sinar matahari yang cukup. Kita juga tidak memetik bunga dan daun-daun sembarangan.”

Beni: “Bagaimana cara berterima kasih kepada hewan?

Ayah: “Cara berterima kasih kepada hewan yaitu dengan menyayangi hewan. Kita memberi makan atau minum hewan-hewan. Kita tidak menyiksa hewan. Orang yang pandai bersyukur akan disukai teman-teman. Tuhan juga mencintai orang yang pandai bersyukur.”

Kunci Jawaban Halaman 15 dan 16

Ayo Menulis

Setelah membaca dialog di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Untuk apa kata terima kasih diucapkan?

Jawaban:
Terima kasih diucapkan sebagai salah satu cara bersyukur.

2. Apa yang dirasakan saat kita mengucapkan terima kasih?

Jawaban:
Ketika mengucapkan terima kasih, perasaan kita akan senang dan tentram.

3. Tulislah dua pengalamanmu berterima kasih kepada sesama manusia yang telah kamu lakukan!

Jawaban:
a. Mengucapkan terima kasih kepada teman yang membantu mengambilkan buku.
b. Mengucapkan terima kasih kepada Bapak Guru yang telah mengajar dengan baik.

Ayo Mencoba

Bentuk lain dari sikap bersyukur adalah selalu menjaga kesehatan tubuh. Berolahraga membuat tubuh kita sehat. Tubuh kita juga sehat dengan menghirup udara yang mengandung banyak oksigen.

Tanaman memberikan oksigen pada lingkungan sekitar. Dengan berolahraga di halaman sekolah, tubuh kita akan terasa lebih segar. Gerakan memutar atau meliukkan badan dapat dilakukan untuk melenturkan tubuh. Dengan demikian, otot tidak kaku dan peredaran darah lancar.

Lakukanlah kombinasi gerakan memutar dan meliuk seperti pada gambar berikut ini!

Kegiatan Bersama Orang Tua

Siswa menceritakan dongeng yang didengar di kelas kepada orang tua dan menyampaikan pesan moral yang terkandung di dalam dongeng tersebut.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(*/SN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.