Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 6 Halaman 2 3 4 5 6 7, Pembelajaran 1 Subtema 1 Persatuan dalam Perbedaan

by -
Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 6 Halaman 2 3 4 5 6 7, Pembelajaran 1 Subtema 1 Persatuan dalam Perbedaan
Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 6 Halaman 2 3 4 5 6 7, Pembelajaran 1 Subtema 1 Persatuan dalam Perbedaan

SEMANGATNEWS.COM – Simak di bawah ini pembahasan soal dan kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, Pembelajaran 1 Subtema 2.

Materi Pembelajaran 1 yang dimulai dari halaman 2 sampai 12, merupakan bagian dari Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan, Tema 2 berjudul Persatuan dalam Perbedaan.

Materi pertanyaan dan soal di bawah ini, disadur dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 atau K13 edisi revisi tahun 2018.

Pada Pembelajaran 1 ini, akan dibahas tentang: menemukan informasi penting dari teks dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dan menuliskannya pada peta pikiran.

Berikut kunci jawaban Kelas 6 Tema 2 halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7:

Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia selalu mendengar petugas upacara membacakan teks proklamasi. Sebagian rakyat juga bisa mendengarnya dari radio atau dari tempat lain.

Teks proklamasi yang dibacakan memiliki sejarah bagi bangsa Indonesia. Teks tersebut adalah teks Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia.

Kunci Jawaban Halaman 2 dan 3

Ayo Membaca

Amatilah tulisan berikut!

Apa yang kamu ketahui tentang teks tersebut?
Jawaban:
Teks tersebut adalah teks Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia.

Hal lain apa yang ingin kamu ketahui tentang teks tersebut?
Jawaban:
Apa arti dari proklamasi? Kapan proklamasi itu dibuat? Siapa yang membuat proklamasi?

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok!
Kamu bisa mendapatkan informasi tambahan tentang sejarah teks proklamasi setelah kamu mempelajarinya.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut menjadi tonggak sejarah dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya. Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.

Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1. Para penyusun teks proklamasi adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.

Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56 telah hadir, antara lain, Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan.

Berdasarkan teks tersebut, isilah peta pikiran berikut!

Jawaban:

– Apa: Apa penyebab kekalahan Jepang dari Sekutu?
Jepang menyerah kepada sekutu setelah kota Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom.

– Mengapa : Mengapa teks proklamasi sangat penting bagi bangsa Indonesia?
Proklamasi menjadi tonggak sejarah dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya.

– Siapa: Siapa yang membacakan naskah proklamasi?
Soekarno-Hatta.

– Dimana: Dimana teks proklamasi dibacakan?
Di jalan Pengangsaan Timur nomor 56 Jakarta Pusat.

– Kapan: Kapan teks proklamasi dibacakan?
Hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB.

– Bagaimana. Bagaimana reaksi para tokoh Indonesia setelah mengetahui kekalahan Jepang atas Sekutu?
Para tokoh menjadikan kekalahan Jepang dari Sekutu untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.

Diskusikan peta pikiranmu dengan temanmu! Kamu dapat mengembangkan informasi pada peta pikiran tersebut dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kata-katamu sendiri.

Jawaban:

Jepang menyerah kepada sekutu setelah kota Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom. Para tokoh menjadikan kekalahan Jepang dari Sekutu untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang. Hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB, di jalan Pengangsaan Timur nomor 56 Jakarta Pusat, dilakukan Proklamasi Kemerdekaan. Teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno-Hatta. Proklamasi menjadi tonggak sejarah dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya.

Menjelang Proklamasi Kemerdekaan, perbedaan daerah, agama, dan suku bangsa bukanlah penghalang bagi generasi muda dan generasi tua untuk berkumpul. Perbedaan pendapat sempat terjadi, namun akhirnya mereka bersatu padu untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Pada waktu itu, semangat persatuan sangat menonjol. Bangsa Indonesia memiliki tekad yang kuat. Tidak ada jalan lain dalam usaha memproklamirkan kemerdekaan, kecuali menjalin persatuan dan kesatuan. Hal ini mencerminkan kerukunan dalam perbedaan.

Kunci Jawaban Halaman 4 dan 5

Ayo Berdiskusi

Bersatu dalam perbedaan, yang merupakan landasan dari persatuan, sudah menjadi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu. Hal tersebut juga ditunjukkan ketika masa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Bacalah teks tentang Proklamasi Kemerdekaan sekali lagi. Tulislah makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia pada kolom berikut!

Jawaban:

Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia adalah sebagai puncak perjuangan Indonesia, pengakuan kepada dunia luar, menaikkan martabat Bangsa, perjuangan sebagai negara baru, dan tonggak sejarah negara Indonesia. Pembacaan teks proklamasi merupakan awal dari masa kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajahan.

Diskusikan hasilnya dengan teman di kelompokmu! Tahukah kamu bahwa Proklamasi Kemerdekaan memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia?

1. Sebagai Puncak Perjuangan Indonesia

Bangsa Indonesia telah dijajah selama bertahun-tahun oleh negara-negara Eropa sampai Jepang. Penduduk dengan latar belakang yang berbeda bersatu untuk melawan penjajah. Proklamasi Kemerdekaan merupakan hasil dari perjuangan para pahlawan.

2. Pengakuan Kepada Dunia Luar

Dengan membacakan teks proklamasi, Indonesia mengumumkan kepada dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka. Pengakuan ini (de facto) diikuti oleh pengakuan dari negara lain (de jure).

3. Menaikkan Martabat Bangsa

Pembacaan teks proklamasi memberikan pesan kepada negara lain bahwa Indonesia adalah negara yang bebas dari penjajahan, negara yang memiliki martabat, dan negara yang mandiri.

4. Perjuangan sebagai Negara Baru

Indonesia adalah negara yang dibangun oleh rakyat dan untuk rakyat. Negara Indonesia adalah negara mandiri yang tidak tergantung kepada negara lain.

5. Tonggak Sejarah Negara Indonesia

Pembacaan teks proklamasi merupakan awal dari masa kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajahan.

Apa makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu? Tulislah paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu!

Jawaban:

1. Tanda Kemerdekaan

Proklamasi kemerdekaan merupakan bentuk pemberitahuan kepada khalayak luas tentang kemerdekaan Indonesia. Proklamasi ini dicapai dari hasil kerja keras para pejuang untuk membebaskan Indonesia dari penjajah. Proklamasi kemerdekaan ditujukan untuk rakyat negara itu sendiri dan juga seluruh rakyat dunia.

2. Siap Menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia

Proklamasi berarti Indonesia siap hidup sebagai NKRI. Artinya, meski berasal dari beragam suku, agama, bahasa dan daerah, Indonesia tetap satu kesatuan yang utuh. Proklamasi juga membuat Indonesia punya kedaulatan penuh atas negaranya. Misalnya mulai dari penyusunan peraturan, penataan kehidupan ekonomi, dan lain sebagainya yang enggak bisa dikendalikan oleh bangsa asing.

3. Akhir Perjuangan

Bangsa Indonesia sudah melakukan perjuangan mengusir penjajahan selama bertahun-tahun. Perjuangan ini sudah dilakukan sejak 20 Mei 1908. Awalnya perjuangan tersebut dilakukan dalam lingkup kecil, sehingga belum memperlihatkan hasil yang maksimal. Namun, setelah itu, perjuangan memerdekakan Indonesia dilakukan secara nasional. Tujuannya, untuk membuat masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan bebas dari penjajahan. Maka dari itu, proklamasi kemerdekaan jadi pertanda berakhirnya perjuangan masyarakat Indonesia.

Tahukah kamu bahwa diperlukan kemampuan untuk melakukan penyesuaian atau adaptasi ketika kita ingin menciptakan kerukunan dalam perbedaan?

Masih ingatkah kamu pepatah ‘Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung’? Pepatah ini mempunyai makna, apabila kita berada di tempat yang baru maka kita perlu menyesuaikan diri dengan keadaan setempat agar kita bisa diterima dan hidup berdampingan dengan damai. Hal ini juga berlaku pada tumbuhan. Agar keberlangsungan hidupnya terjamin, maka tumbuhan harus mampu melakukan adaptasi sesuai kondisi lingkungannya.

Bagaimana cara tumbuhan beradaptasi? Ayo, kita pelajari!

Kunci Jawaban Halaman 6 dan 7

Ayo Mengamati

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Bunga Teratai

Tahukah kamu bunga teratai? Tanaman ini tumbuh di air. Agar dapat menyesuaikan diri, tanaman ini memiliki akar di bawah air. Tangkai daunnya tumbuh menjalar sehingga daun teratai dapat mengapung di air.

Daun teratai bundar dan lebar, fungsinya adalah agar daun dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Hal ini akan berdampak saat penguapan air dan berfotosintesis. Daun teratai memiliki larutan yang bermanfaat sebagai pembersih daun.

Teratai memiliki batang dengan rongga di dalamnya. Rongga ini berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar. Meskipun akar berada di dalam air, akar masih tetap dapat bernapas.

Bagaimana bunga teratai beradaptasi dengan lingkungannya? Diskusikan pendapatmu secara berkelompok.

Jawaban:

Cara bunga teratai beradaptasi dengan lingkungannya:
1) Memiliki akar di bawah permukaan air.
2) Memiliki tangkai daun yang menjalar hingga daun mengapung di atas air.
3) Memiliki bentuk daun bundar, lebar, dan pipih, agar mampu menyerap cahaya mayahari sebanyak-banyaknya.
4) Memiliki lapisan lilin pada permukaan daun.
5) Memiliki larutan yang berfungsi sebagai pembersih daun.
6) Memiliki batang yang berongga-rongga di dalamnya yang berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar.

• Kamu dan kelompokmu akan berpetualang di lingkungan sekolah. Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan.

• Tugas kelompokmu adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang ciri tumbuhan dan habitatnya, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok.

• Pilih satu tanaman, lalu temukan ciri-ciri dan cara beradaptasinya. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada peta pikiran berikut!

Jawaban:

– Apa nama bagian tubuh teratai yang menjalar?
Teratai memiliki tangkai daun yang menjalar.

– Mengapa teratai memiliki akar di bawah air?
Teratai memiliki akar di bawah air dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan air.

– Siapa penemu pertama bunga teratai?
Penemu bunga teratai pertama kali yaitu Suku Nymphaeaceae.

– Di mana tempat teratai tumbuh?
Teratai tumbuh di air.

– Kapan bunga teratai membutuhkan cahaya matahari?
Bunga teratai membutuhkan cahaya matahari saat berfotosintesis.

– Bagaimana cara teratai menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya?
Teratai memiliki daun bundar dan tipis untuk dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya.

Tulislah laporan berdasarkan informasi yang kamu tulis pada peta pikiranmu!

Jawaban:

Teratai tumbuh di air. Penemu bunga teratai pertama kali yaitu Suku Nymphaeaceae. Teratai memiliki tangkai daun yang menjalar. Teratai memiliki akar di bawah air dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan air. Teratai memiliki daun bundar dan tipis untuk dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Bunga teratai membutuhkan cahaya matahari saat berfotosintesis.

Kamu bisa menyampaikan tulisanmu kepada teman dalam kelompokmu, kemudian menyerahkan kepada gurumu. Seperti tumbuhan, manusia memiliki cara berbeda dalam beradaptasi. Perbedaan yang ada bukan untuk dipermasalahkan, namun untuk disyukuri.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini? Hal paling menarik apa yang kamu pelajari? Mengapa?

Kerjasama Dengan Orang Tua

Perhatikan lingkungan rumahmu! Bagaimana tanaman di sekitarmu beradaptasi? Diskusikan dengan orang tuamu, lalu sampaikan hasilnya kepada guru dan temanmu!

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(*/SN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.