Kunci Jawaban Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 199 201 202 204, Subtema 4: Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum, Pembelajaran 6

by -
Kunci Jawaban Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 199 201 202 204, Subtema 4: Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum, Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 199 201 202 204, Subtema 4: Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum, Pembelajaran 6

SEMANGATNEWS.COM – Adik-adik, berikut dijabarkan materi berserta kunci jawaban untuk Kelas 2 SD/MI, pembelajaran 1 yang mulai dari halaman 198 sampai 205.

Materi yang diuraikan berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Pembahasan kunci jawaban berada pada halaman 199, 201, 202, dan 204.

Adapun pembahasannya meliputi ‘membaca lancar teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan tempat umum’, ‘menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan tempat umum’, ‘membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan tempat umum’, ‘menjelaskan manfaat dan kerugian apabila tidak hidup bersatu dalam keberagaman’, ‘mensimulasikan contoh pengalaman melakukan kegiatan persatuan dalam keberagaman’, dan ‘menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola’.

Kunci jawaban ini dapat adik-adik jadikan sebagai pedoman dalam mempelajari Tema 4 yang berjudul Hidup Bersih dan Sehat, Subtema 4 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum.

Dayu dan teman-teman berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon. Taman nasional ini merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi.

Kunci Jawaban Halaman 199

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan nyaring!

Flora dan Fauna Lestari, Manusia Akan Sehat

Kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Hal ini dilakukan agar flora dan fauna di sekitar kita tidak rusak dan punah. Jika flora dan fauna rusak dan punah, kehidupan manusia pun ikut terganggu. Misalnya kebakaran hutan sangat mengganggu kehidupan kita. Kesehatan manusia sangat terganggu karena banyak asap. Bahkan, banyak juga yang menyebabkan kematian.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna di sekitar kita. Pembakaran dan penebangan hutan secara liar harus dihentikan. Perburuan hewan liar juga harus dihindari. Hutan akan tetap asri. Hewan di hutan pun tidak punah. Dengan demikian, kehidupan dan kesehatan manusia pun tidak terganggu.

Apa isi teks yang telah kamu baca?
Jawaban:
Kelestarian flora dan fauna wajib dijaga supaya kehidupan dan kesehatan manusia tidak terganggu.

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga tumbuhan dan hewan di sekitarmu?
Jawaban:
– Menghentikan pembakaran dan penebangan hutan secara liar
– Menghentikan perburuan hewan liar.

Ayo Mengamati

Tuliskan 2 cara menjaga agar tanaman tumbuh subur!
Jawaban:
Menyiram tanaman secara rutin dan memberi pupuk organik.

Tuliskan 2 cara menjaga agar hewan di sekitarmu tetap sehat!
Jawaban:
Memberi makan hewan secara rutin dan membersihkannya.

Amati gambar di bawah ini dengan teliti!

Informasi apa yang kamu peroleh dari gambar di atas?
Jawaban:
Gambar 1 memberi makan hewan supaya sehat, gambar 2 menyiram tanaman supaya subur.

Kunci Jawaban Halaman 200

Ayo Menulis

Amati gambar! Amati juga tumbuhan dan hewan di sekitarmu! Tuliskan bagaimana cara menjaga tumbuhan dan hewan di sekitarmu agar tetap sehat!

Jawaban:

Cara Menjaga Tumbuhan dan Hewan di Sekitar Agar Tetap Sehat

Tumbuhan dan hewan perlu dijaga dan dirawat. Tumbuhan dirawat dengan menyiram, memupuk, dan menyiangi secara rutin. Merawat tumbuhan dapat membuatnya hidup subur dan segar. Hewan dirawat dengan cara memberi makan, minum, membersihkan kandang, memeriksakan ke dokter jika sakit. Hewan akan hidup dan tumbuh dengan sehat.

Coba bacakan tulisanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Ayo Mengamati

Amati gambar di bawah dengan teliti!

Apa yang dilakukan Dayu dan teman-teman? Sikap apa yang mereka tunjukkan? Dayu dan teman-teman merawat taman kelas bersama. Mereka selalu menerapkan kebersamaan. Kebersamaan merupakan wujud persatuan.

Kunci Jawaban Halaman 201

Ayo Berdiskusi

Tahukah kamu manfaat hidup bersatu dengan teman? Apa pula akibatnya jika hidup tidak bersatu dengan teman? Kerjakanlah latihan berikut!

Jawaban:

Coba jelaskan hasil kerjamu di depan temanmu!

Apa saja manfaat yang diperoleh jika hidup bersatu dengan teman?
Jawaban:
Banyak teman, pekerjaan cepat selesai, dan bisa berbagi pengalaman dengan teman.

Apa pula akibat jika hidup tidak dalam kebersamaan dengan teman?
Jawaban:
Dibenci teman, pekerjaan lama selesai, dan tidak bisa berbagi pengalaman dengan teman.

Kunci Jawaban Halaman 202

Ayo Berlatih

Coba ceritakan sikap bersatu yang pernah kamu lakukan dengan temanmu! Ceritakan yang berhubungan dengan cara merawat tumbuhan atau hewan di sekitarmu agar tetap sehat! Misalnya menyiram taman bunga di halaman kelas secara bersama.

Jawaban:

Saya pernah melakukan melakukan kerja bakti untuk membersihkan halaman kelas. Kami menyiram bunga bersama-sama dan memberi pupuk. Selain itu, kami juga mencabuti rumput liar yang tumbuh di sekitar bunga. Bunga yang layu dan mati pun diganti dengan yang baru. Sikap bersatu yang saya lakukan membuat pekerjaan cepat selesai, bisa berbagi pengalaman dengan teman dan tentunya memiliki banyak teman.

Ayo Mengamati

Dayu dan teman-teman merawat taman kelas bersama. Ada yang menyiram bunga. Ada pula yang merapikan pot bunga.

Perhatikan gambar berikut!

Amati bentuk pot bunga di atas! Tabung merupakan contoh bangun ruang. Tabung bisa disusun membentuk pola tertentu. Amati pola bangun ruang berikut!

Pola bangun ruang dapat juga dibentuk dari kombinasi dua bangun ruang atau lebih. Amati contoh berikut!

Kunci Jawaban Halaman 204

Ayo Berlatih

Lengkapilah bentuk bangun-bangun ruang berdasarkan pola berikut!

Jawaban:

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua membimbing siswa membiasakan diri menjaga tanaman di sekitar rumah. Menjaga tanaman dari berbagai gangguan dan penyakit. Jelaskan bahwa tumbuhan di sekitar bermanfaat untuk kesehatan, misalnya untuk bahan makanan, obat-obatan, dan membantu udara agar tetap bersih.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas II Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.