Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 193 194 195 196 199 200, Subtema 4: Menyayangi Hewan, Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 193 194 195 196 199 200, Subtema 4: Menyayangi Hewan, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 193 194 195 196 199 200, Subtema 4: Menyayangi Hewan, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 2, Subtema 4, pembelajaran 5 untuk Kelas 3 SD/MI berikut.

Tema 2 yaitu Tema 2 Menyayangi Tumbuhan . Subtema 4 Menyayangi Hewan. Pembelajaran 5 dimulai dari halaman 191 sampai 200. Sementara itu, pembahasan soal kunci jawaban berada di halaman 193, 194, 195, 196, 199, dan 200.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Materi yang dibahas yaitu ‘menentukan pecahan sederhana sesuai dengan gambar’, ‘menuliskan pecahan senilai menggunakan gambar’, ‘membuat daftar tugas individu berdasarkan peran-perannya dalam kehidupan sehari-hari’, ‘menceritakan pengalaman melaksanakan tugas sesuai perannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah’, ‘menjelaskan tokoh yang terdapat dalam dongeng’, ‘memerankan tokoh dongeng yang dibaca’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Ayo Mengamati

Menyayangi hewan dengan cara memeliharanya adalah hal yang menyenangkan.

Hewan juga bisa dilatih untuk bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berbaris, mengendarai sepeda, dan menari. Kita dapat melihat hewan-hewan yang terlatih itu dalam sebuh pertunjukan sirkus. Tidak hanya hewan yang jinak, hewan buas pun dilatih agar bisa ikut pertunjukan.

Dalam sebuah kelompok sirkus, hewan-hewan dilatih dan dirawat dengan baik. Selain dilatih, hewan-hewan tersebut juga diberi makanan dan dibersihkan badannya dengan teratur. Para pelatih sangat menyayangi hewan-hewan asuhannya.

Apakah kamu pernah melatih hewan peliharaanmu?

Kunci Jawaban Halaman 193 194 195

Ayo Berlatih

Petugas sirkus sedang mempersiapkan makanan untuk hewan pemakan daging. Petugas memotong daging menjadi 8 bagian sama besar.

Jawaban:

5 bagian daging diberikan untuk harimau. Bagian daging yang dimakan harimau, jika ditulis dalam bilangan pecahan adalah
Jawaban:
5/8.

3 bagian daging diberikan untuk beruang. Bagian daging yang dimakan beruang, jika ditulis dalam bilangan pecahan adalah
Jawaban:
3/8

Hewan manakah yang memakan bagian daging lebih banyak?
Jawaban:
Harimau

Perhatikan gambar berikut untuk mempelajari bilangan pecahan.

Pecahan 1/2, 1/4 dan 4/8 memiliki perbedaan bilangan pembilang dan penyebut. Akan tetapi, 1/2 senilai dengan 2/4, 1/2 juga senilai dengan 4/8. 1/2, 2/4, dan 4/8 adalah pecahan senilai.

Coba berlatih menuliskan pecahan yang senilai dengan 2/3.

Jawaban:

Sekarang, cobalah lakukan kegiatan seperti instruksi berikut!

1. Gambarlah sebuah kotak panjang, lalu bagilah menjadi 4 bagian yang sama besar. Warnailah 1 kotak pertama.
2. Gambarlah sebuah kotak panjang, lalu bagilah menjadi 8 bagian yang sama besar. Warnailah 2 kotak pertama.
3. Gambarlah sebuah kotak panjang, lalu bagilah menjadi 12 bagian yang sama besar. Warnailah 3 kotak pertama.

Jawaban:

Apa yang dapat kamu simpulkan dari bagian kotak yang diwarnai?

Jawaban:

1/4, 2/8, dan 3/12 adalah pecahan senilai.

Seorang petugas sirkus, mempersiapkan makanan untuk hewan-hewan peliharaannya. Petugas tersebut memotong daging menjadi 15 bagian yang sama besar. 7 bagian diberikan untuk beruang. 6 bagian diberikan untuk harimau. Sisanya mereka berikan untuk singa.

Tuliskan bilangan pecahan untuk bagian daging yang dimakan hewan-hewan tersebut.

Jawaban:

1. Bagian daging yang dimakan harimau adalah 6/15

2. Bagian daging yang dimakan beruang adalah 7/15

3. Bagian daging yang dimakan singa adalah 2/15

Hewan-hewan pemakan daging biasanya termasuk hewan buas, sehingga tidak dapat dipelihara. dengan bebas. Perlu orang ahli kalau kita mau memelihara dan melatih hewan-hewan tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 196

Ayo Berdiskusi

Dalam pertunjukan sirkus, kita dapat menemukan berbagai orang dengan peran dan tugas yang berbeda-beda.

Ada pelatih yang bertugas untuk melatih hewan-hewan agar dapat tampil dengan baik. Ada pegawai sirkus yang bertugas untuk menyiapkan tempat pertunjukan. Ada juga pegawai yang bertugas untuk menjual tiket. Pembagian tugas dilakukan untuk mempermudah suatu pekerjaan.

Pernahkah kamu berbagi tugas dengan teman-temanmu saat mengerjakan tugas di sekolah? Coba jelaskan nama kegiatan dan pembagian tugasnya!

Jawaban:

Nama Kegiatan: Gotong Royong di Sekolah.
Pembagian Tugas: Siswa perempuan membersihkan kelas (di dalam ruangan) dan siswa laki laki membersihkan halaman depan dan belakang sekolah.

Kunci Jawaban Halaman 199 dan 200

Ayo Menulis

Bacalah terlebih dahulu cerita dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Si Kancil dan Buaya

Krukukukuk…krukukuk…krukukuk…terdengar suara dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar, setelah seharian bermain dan akhirnya tertidur di dalam hutan.

Si Kancil membayangkan mentimun, makanan kesukaannya. Kebun mentimun tumbuh subur di seberang sungai. Kancil ingin sekali memetik mentimun di kebun itu, namun Kancil kebingungan mencari cara untuk dapat menyeberangi sungai. Sementara itu, banyak sekali buaya yang tinggal di dalam sungai.

Si Kancil pun berpikir dan mencari akal agar dapat menyeberangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya. “Hai Buaya,..keluarlah!” teriak si Kancil. “Ada apa teriak-teriak, Kancil?” sahut Buaya.

“Apakah kalian tidak merasa lapar? Aku dengar di seberang sungai itu ada banyak daging segar yang siap disantap, kenapa kalian tidak ke sana?” tanya si Kancil. “Aku mau mengambilkan daging itu untuk kalian, asal bantu aku menyeberang sungai itu” lanjut Kancil.

“Baiklah, tetapi bagaimana kami bisa membantumu?” tanya Buaya. “Berbarislah kalian sampai ujung sungai itu, biarkan aku berjalan menyeberangi sungai melalui punggung kalian,” kata Kancil.

Si Kancil terus melompat dari satu punggung buaya ke buaya lainnya. Hingga akhirnya si Kancil sampai di seberang sungai dan mengucapkan terima kasih kepada buaya-buaya itu atas bantuannya.
(disarikan dari berbagai sumber)

Buatlah akhir dari cerita tersebut sesuai imajinasimu!
Jawaban:
Kancil terbahak-bahak lalu berkata “betapa bodohnya kalian, bukankah aku tak membawa sepotong pun daging segar di tangan? Itu artinya aku tak punya daging segar untuk jatah makan siang kalian. Enak saja, mana bisa kalian makan tanpa ada usaha?”. Buaya itu pun merasa tertipu, salah satu diantara mereka berkata “akan ku balas semua perbuatanmu”. Kancil pun pergi sembari berkata “terimakasih buaya, aku pamit pergi untuk melanjutkan perjalanan”.

Sebutkan tokoh yang ada dalam cerita dongeng dan sifatnya!
Jawaban:
– Kancil = cerdik tapi suka menipu
– Buaya = hewan yang gampang tertipu

Setelah membaca dongeng, cobalah untuk memainkan peran tentang dongeng tersebut. Buatlah kelompok dan berikan peran untuk setiap anggota kelompokmu!

Tuliskan rencana bermain peran pada tempat berikut!
Jawaban:
Pemeran tokoh kancil : Saya
Pemeran tokoh buaya : Bianca

Berlatihlah dan tampilkan pada pertemuan berikutnya!

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua membantu siswa berlatih bermain peran sesuai penugasan kelompok.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.