Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8, Pembelajaran 1 Subtema 1

by -
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8, Pembelajaran 1 Subtema 1
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8, Pembelajaran 1 Subtema 1

SEMANGATNEWS.COM – Simak di bawah ini kunci jawaban Tema 2 Kelas 4 SD/MI halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8.

Pertanyaan dan soal yang ada di halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8, merupakan materi Pembelajaran 1 yang mulai dari halaman 1 sampai 9.

Materi tersebut adalah bagian dari Tema 2 yang berjudul Selalu Berhemat Energi, Subtema 1 Sumber Energi, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Pembahasannya meliputi ‘mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati’, hingga ‘mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya’.

Kunci Jawaban Halaman 2

Ayo Berdiskusi

Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan karena merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi.

Amatilah gambar berikut.

1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?

Jawaban:

Seorang ibu sedang menjemur pakaian dengan memanfaatkan panas matahari. Terlihat juga seorang pria yang berolahraga di bawah sinar matahari. Manusia dapat menghirup oksigen yang dihasilkan tumbuhan melalui fotosintesis dengan bantuan sinar matahari.

2. Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!

Jawaban:

Manfaat matahari bagi keluarga tersebut adalah untuk mengeringkan pakaian karena sinar matahari mengeluarkan energi panas yang dapat mengeringkan benda yang basah, termasuk pakaian.

Selain itu, sinar matahari juga bagus untuk berjemur, karena sinar matahari menghasilkan vitamin D yang bagus untuk tubuh.

Sinar matahari juga berguna untuk fotosintesis. Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis, sehingga mengeluarkan oksigen, dan menyerap karbondioksida.

3. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaat matahari bagi kehidupan kita sehari-hari?

Jawaban:

Beberapa manfaat lain sinar matahari antara lain sebagai sumber penerangan, matahari adalah cahaya terbesar menyinari bumi, mulai dari pagi hingga sore hari, sinar matahari bermanfaat dalam proses pembuatan garam, dan lain-lain.

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu di atas!

Jawaban:

Matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia di bumi. Hampir semua makhluk hidup membutuhkan sinar matahari. Manusia memanfaatkan sinar matahari untuk menjemur pakaian dan membantu menyehatkan tubuh. Sementara tumbuhan menggunakan sinar matahari dalam proses pembuatan makanan atau fotosintesis.

Manfaat matahari bagi keluarga tersebut adalah sinar matahari bermanfaat untuk mengeringkan pakaian karena sinar matahari mengeluarkan energi panas. Sinar matahari juga membantu menghasilkan vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak. Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis, sehingga mengeluarkan oksigen, dan menyerap karbondioksida.

Beberapa manfaat lain sinar matahari antara lain sebagai sumber penerangan, matahari adalah cahaya terbesar menyinari bumi, mulai dari pagi hingga sore hari, sinar matahari bermanfaat dalam proses pembuatan garam, dan lain-lain.

Kunci Jawaban Halaman 3 dan 4

Ayo Mencoba

Beni ingin membuktikan panas bahwa matahari sebagai sumber energi yang penting untuk kelangsungan makhluk hidup. Ayo kita bantu Beni untuk membuktikannya! Lakukan percobaan ini di luar kelas!

1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas sedangkan sisanya letakkan di tempat teduh.
3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Sambil menunggu saat pengamatan, kamu dapat membaca kisah Ali Si Biji Energi di halaman 5 dan mengerjakan tugas selanjutnya.

Jawaban:

Tabel pengamatan

 

Di Bawah Sinar Matahari 15 Menit
– Tisu: Masih basah
– Kertas: Masih basah
– Sapu tangan: Masih basah

Di Bawah Sinar Matahari 30 Menit
– Tisu: Mulai Mengering
– Kertas: Mulai Mengering
– Sapu tangan: Mulai Mengering

Di Bawah Sinar Matahari 60 Menit
– Tisu: Kering
– Kertas: Kering
– Sapu tangan: Kering

Di Bawah Pohon 15 Menit
– Tisu: Masih basah
– Kertas: Masih basah
– Sapu tangan: Masih basah

Di Bawah Pohon 30 Menit
– Tisu: Masih basah
– Kertas: Masih basah
– Sapu tangan: Masih basah

Di Bawah Pohon 60 Menit
– Tisu: Mulai Mengering
– Kertas: Mulai Mengering
– Sapu tangan: Masih basah

• Apakah ada perbedaan antara benda-benda yang dijemur di bawah sinar matahari dan yang diletakkan di tempat teduh?

Jawaban:

Ada benda yang dijemur di bawah terik matahari lebih cepat mengering daripada benda yang dijemur di bawah pohon.

• Diskusikan dengan temanmu, apakah penyebab perubahan dan perbedaan tersebut!

Jawaban:

Penyebab perubahan dan perbedaan tersebut terjadi karena tempat peletakkan benda. Apabila benda diletakkan langsung di bawah matahari, matahari pun dapat menyerap secara langsung kandungan air pada benda. Namun, apabila benda diletakkan di tempat teduh, penyerapan kandungan air pada benda menjadi terhambat, sehingga proses pengeringan benda menjadi lama.

Selain itu, bahan serta ketebalan benda juga mempengaruhi proses pengeringan. Apabila benda berbahan tebal seperti sapu tangan, dapat menyerap banyak air, sehingga proses pengeringannya pun lama. Namun, apabila benda berbahan tipis seperti kertas dan tisu, proses pengeringannya pun cepat karena air yang diserap tidak banyak.

Berdasarkan tabel pengamatan hasil percobaan, tuliskan paling sedikit empat kesimpulan mengenai pengaruh panas matahari pada percobaanmu.

Jawaban:

1. Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering.
2. Tisu di panas matahari lebih cepat kering.
3. Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas matahari.
4. Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak terkena panas matahari sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut lebih lama.
5. Panas matahari dapat mengeringkan benda-benda basah.

Nah, sekarang cobalah untuk mengolah data ke dalam bentuk Laporan Kegiatan Percobaan di bawah ini!

Jawaban:

Laporan Kegiatan Percobaan

Nama Percobaan: Uji Panas Matahari
Tujuan Percobaan: Membuktikan bahwa panas matahari merupakan satu bentuk energi

Alat-Alat: Kertas, tisu, kain, air

Langkah Kerja:
1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh.
3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Kesimpulan:
Berdasarkan hasil percobaan, terbukti bahwa panas matahari mampu mengeringkan benda basah, sehingga panas matahari merupakan salah satu bentuk energi.

Kunci Jawaban Halaman 5

Ayo Membaca

Kisah Ali Si Biji Energi

Aku Ali Si Biji Energi. Aku menanam biji-biji energi di sebuah ladang yang luas di peternakanku. Saat matahari bersinar ada energi pada cahaya matahari. Cahaya matahari membantu biji-bijiku tumbuh menjadi tanaman-tanaman yang tinggi.

Tanaman-tanamanku menyimpan energi itu di dalam akar, batang, daun, dan butiran biji yang baru. Dengan segera, aku akan tumbuh tinggi dengan daun-daun yang lebar dan biji-biji yang baru.

Kamu bisa memasak dan memakan aku supaya kamu memiliki energi. Energi itu akan membantumu tumbuh, bergerak, dan berpikir. Aku juga memberi makan hewan-hewan ternak dengan beberapa bagian dari tubuhku sehingga mereka tumbuh besar dan sehat.

(sumber: dengan terjemahan dari http://www.eia.gov/kid)

Sekarang, temukan sebanyak-banyaknya manfaat energi matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran di bawah ini! Sertakan gambar agar lebih menarik.

Jawaban:

Sampaikan hasilnya kepada temanmu. Apakah hasilnya sama?

Kunci Jawaban Halaman 6

Ayo Berdiskusi

Sebagai sumber daya alam, jagung banyak dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengolah dan menjualnya.

Amati gambar berikut dan sampaikan hasil pengamatanmu kepada teman di sebelahmu!

Diskusikan pertanyaan berikut bersama teman sebelahmu!

1. Apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi?

Jawaban: Apabila permintaan jagung tinggi maka harga jagung akan naik dan stok jagung akan segera/cepat habis sehingga akan terjadi kelangkaan.

2. Apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi?

Jawaban: Agar permintaan terpenuhi pemerintah perlu melakukan impor jagung dari Negara lain atau memperluas lahan pertanian jagung yang ada diIndonesia.

Kunci Jawaban Halaman 7 dan 8

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut untuk menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam.

Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut sumber daya alam karena berasal dari alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya.

Laut Indonesia terkenal karena ikannya. Lahan yang subur menghasilkan padi, jagung serta tumbuhan lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu harus tahu apa yang termasuk ke dalam keduanya, dan apa dampaknya apabila kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam berlebihan akan memengaruhi kehidupan manusia. Kita harus menghemat penggunaannya.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya. umber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya.

Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Mengapa demikian? Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

Setelah memahami sumber daya alam, jawablah pertanyaan berikut!

1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.

Jawaban: Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui diantaranya gas bumi, minyak serta logam. Sedangkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui diantanya adalah padi, jagung serta tumbuhan lainnya.

2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui.

Jawaban:

– Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, yaitu: minyak bumi, batu bara, dan bahan tambang lainnya.

– Sumber daya alam yang bisa diperbarui yaitu: matahari, air, angin, kekayaan laut, hasil pertanian, hewan peternakan, dan hasil perkebunan.

3. Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut.

Jawaban:

– Usaha pertanian merupakan bentuk usaha mengolah tanah dan menanaminya dengan berbagai jenis tanaman. Bentuk usaha pertanian dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni sawah, tegal dan ladang.

– Perkebunan dapat dibedakan menjadi dua yakni perkebunan di dataran rendah dan perkebunan di dataran tinggi. Di atas sudah disebutkan contoh hasil perkebunan. Indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar kedua di dunia. Selain itu dalam hal rempah-rempah, sejak dahulu Indonesia terkenal sebagai penghasil rempah-rempah.

– Bentuk usaha perikanan dibedakan menjadi dua, yakni perikanan laut dan perikanan darat. Perikanan laut merupakan bentuk usaha menangkap ikan di laut. Hasil perikanan laut antara lain bandeng, tongkol, cumi-cumi, bawal dan udang.

– Usaha peternakan merupakan usaha memelihara hewan untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual. Usaha peternakan di Indonesia masih banyak yang menggunakan cara-cara tradisional. Berdasarkan hewan yang diternakkan, usaha peternakan dibedakan menjadi tiga, yaitu: Ternak hewan besar Hewan yang termasuk hewan ternak besar antara lain sapi, kuda dan kerbau. Ternak hewan kecil. Hewan yang termasuk hewan ternak kecil antara lain kambing, kelinci dan babi. Ternak hewan unggas Hewan yang termasuk uggas antara lain ayam, itik dan angsa. Hasil dari usaha peternakan antara lain daging, telur dan susu.

– Kerajian merupakan usaha membuat suatu barang dengan ketrampilan tertentu. Orang yang melakukan usaha kerajinan disebut perajin. Banyak bahan-bahan yang sebelumnya tidak begitu berguna jika berada di tangan yang terampil berubah menjadi barang yang lebih berguna dan menarik.

– Perindustrian merupakan usaha mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Usaha perindustrian ada yang dilakukan dalam skala kecil, sedang dan besar. Industri besar biasanya dilakukan dengan membuat pabrik.

– Jasa merupakan bentuk usaha ekonomi yang memberikan pelayanan baik tenaga, pikiran maupun keahlian tertentu. Contohnya antara lain tukang becak, sopir, guru, dokter, dan kuli bangunan.

– Pertambangan merupakan usaha ekonomi yang mengambil sumber daya alam dari dalam perut bumi. Usaha pertambangan ada yang dilakukan dengan peralatan sederhana. Contohnya adalah penambang pasir. Namun banyak usaha pertambangan yang harus dilakukan dengan peralatan berat dan canggih. Misalnya pertambangan minyak bumi, batu bara, bijih besi dan emas.

4. Tulislah pendapatmu tentang kegiatan ekonomi tersebut. Apa saja dampaknya bagi kelastarian sumber daya alam tersebut? Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?

Jawaban: Kegiatan ekonomi yang dilakukan dapat mengakibatkan menipisnya sumber daya alam. Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya bangga dengan kekayaan alam yang berlimpah, dan wajib memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan bijak.

Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu dan diskusikanlah!

Penggunaan sumber daya alam yang berlebihan akan berdampak negatif terhadap kehidupan manusia. Gambarlah penggunaan salah satu sumber daya alam yang menurutmu patut dicontoh!

Jawaban:

Sampaikan gambarmu kepada temanmu. Mintalah pendapat mereka. Jelaskan gambarmu melalui tulisan. Tulisanmu harus memuat sumber daya alam yang dipilih dan yang diperjualbelikan. Kamu juga harus menyampaikan contoh-contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya. Sampaikan tulisanmu kepada gurumu.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya belajar tentang gagasan pokok, identifikasi sumber daya alam dan perubahan energi matahari.

Apakah hal tersebut berguna dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban:
Ya. Hal tersebut sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja sinar matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Jawaban:
Selama belajar saya mersasa sangat senang karena mengetahui banyak hal yang sebelumnya belum saya ketahui.

Adakah hal lain yang ingin kamu ketahui?
Jawaban:
Saya ingin sekali mengetahui pemanfaatan sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Diskusikan bersama orang tuamu tentang pemanfaatan sumber energi matahari di lingkungan rumah dan sekitarnya. Kamu dapat melakukan pengamatan tentang pemanfaatan sumber energi matahari tersebut bersama orang tua.

Manfaat sinar matahari dilingkungan rumah antara lain untuk mengeringkan pakaian, menyehatkan lingkungan rumah, sumber penerangan pada saat siang hari dan masih banyak yang lainnya.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(*/SN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.