Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD/MI Halaman 42 43 44 45, Pembelajaran 6 Subtema 1 Sumber Energi

by -
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SDMI Halaman 42 43 44 45, Pembelajaran 6 Subtema 1 Sumber Energi
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD/MI Halaman 42 43 44 45, Pembelajaran 6 Subtema 1 Sumber Energi

SEMANGATNEWS.COM – Bacalah artikel ini untuk mendapatkan kunci jawaban Tema 2 Kelas 4 SD/MI halaman 42, 43, 44, dan 45, Pembelajaran 6 Subtema 1.

Materi Pembelajaran 6 dimulai dari halaman 42 sampai 49. Materi ini merupakan bagian dari Subtema 1 Sumber Energi, Tema 2 dengan judul Selalu Berhemat Energi.

Materi soal dan jawaban di bawah ini dirangkum dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 dan berbagai sumber lainnya.

Pelajaran yang dibahas antara lain: menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual, hingga mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar.

Kunci Jawaban Halaman 42 dan 43

Ayo Berdiskusi

Minyak Bumi merupakan sumber energi yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Manusia dapat melakukan berbagai aktivitas dan rutinitas karena dukungan dari minyak bumi.

Amati gambar di atas dan jawab pertanyaan berikut.

1. Apa yang diceritakan gambar di atas?

Jawaban:

Gambar di atas menceritakan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan manusia sehari hari. Misalnya menjemur pakaian, berolah raga, anak yang masih kecil berjemur supaya cukup mendapatkan sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan.

2. Sebutkan gambar-gambar yang mendukung alasanmu terkait penggunaan sumber energi minyak bumi?

Jawaban:

– Mencuci Pakaian dengan mesin cuci karena mencuci pakaian menggunakan mesin cuci secara tidak langsung menggunakan energi minyak bumi. Mesin cuci menggunakan energi listrik, sedangkan energi listrik dihasilkan dari mesin yang bahan bakarnya adalah minyak. Sedangkan minyak berasal dari minyak bumi.

– Berangkat sekolah dengan kendaraan bermotor. Sepeda motor adalah kendaraan mesin yang menggunakan bahan bakar minyak seperti bensin, pertamax, premium, pertalite. Semua bahan tersebut berasal dari minyak bumi.

3. Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawaban di atas

Jawaban:

Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Minyak bumi berasal dari jasad hewan-hewan purba yang telah punah berjuta tahun yang lalu. Jadi minyak bumi tidak dapat diperbaharui lagi jika sudah habis. Saat ini sebagian besar kegiatan manusia memanfaatkan sumber energi minyak bumi.

Ada beberapa kegiatan manusia yang secara langsung dan tidak langsung menggunakan mimyak bumi. Contoh kegiatan yang tidak secara langsung menggunakan minyak bumi adalah mencuci baju menggunakan mesin cuci. Mesin cuci digerakan oleh energi listrik yang ada di rumah. Untuk menghasilkan energi listrik menggunakan minyak bumi untuk menggerakan pembangkit listrik.

Salah satu contoh kegiatan sehari-hari yang langsung memanfaatkan minyak bumi adalah saat berangkat ke sekolah menggunakan kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor dapat bergerak karena menggunakan bahan bakar minyak bumi yaitu bensin dan solar.

Sekarang buatlah gambar yang menceritakan ajakan untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak.

Jawaban:

Tukarkan gambar yang kamu buat dengan teman yang duduk di sebelah. Mintalah teman menceritakan tentang isi gambar yang kamu buat.

Kunci Jawaban Halaman 44 dan 45

Ayo Membaca

Minyak bumi merupakan salah satu sumber energi. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Namun di sisi lain, kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi.

Minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang lama, bisa mencapai jutaan tahun.

Permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebaliknya, ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.

Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi, pemerintah mengimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak.

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan bacaan di atas.

1. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung kegiatan sehari-hari.Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan beberapa contoh.

Jawaban:

Kita sebagai warga negara Indonesia memiliki hak memanfaatkan minyak bumi untuk mendukung kegiatan sehari-hari. tapi kita sebagai manusia kita juga harus menghemat penggunaanya. Jika minyak bumi tersebut digunakan secara berlebihan maka lama kelamaan akan habis. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan kendaraan umum saat bepergian daripada menggunakan mobil pribadi.

2. Apa yang terjadi jika warga negara tidak mendapatkan haknya?

Jawaban:

Jika warga negara tidak mendapatkan haknya akan menimbulkan gejolak dalam kehidupan masyarakat. Gejolak tersebut merupakan bentuk ketidakpuasan atas tidak berjalannya hak dan kewajiban secara seimbang.

3. Kita sebagai warga negara berkewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi.Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan contohnya.

Jawaban:

Sebagai warga negara kita wajib menghemat penggunaan minyak bumi karena ketersediaan sumber daya alam minyak bumi sangat terbatas, kewajiban sebagai warga negara adalah menghemat penggunaan minyak bumi. Salah satu contohnya adalah dengan berangkat ke sekolah menggunakan sepeda daripada menggunakan kendaraan bermotor.

4. Apa yang terjadi jika kita tidak menjalankan kewajiban kita dengan baik? Jelaskan.

Jawaban:

Jika kita tidak melaksanakan kewajiban dengan baik maka kita tidak dapat memperoleh hak.

5. Berikan saranmu cara memanfaatkan minyak bumi secara bijak!

Jawaban:

Memanfaatkan minyak bumi dengan bijak adalah menggunakan semua poduk hasil turunannya dengan bijak, misalnya:
– Menghemat penggunaan bbm dengan menggunakan transportasi umum
– Mengurangi pemakaian kantong plastik karena plastik jg salah satu turunan minyak bumi.
– Menggunakan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti matahari, air, atau angin. Jika belum tersedia di tempat tinggal kita, bisa dimulai dengan hal sederhana seperti menghemat pemakaian listrik dan air.

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok.

Ayo Berlatih

Hari ini kamu akan kembali bermain lempar dan tangkap bola.Kamu akan bermain dengan variasi yang berbeda. Permainan lebih ditekankan kepada teknik melempar lurus. Perhatikan arahan dan contoh dari gurumu.Sebelum bermain, lakukan pemanasan terlebih dahulu.

Bacalah aturan permainan berikut.

Ayo, Tangkap Bola

Perlengkapan : Bola besar

Aturan bermain:
1. Kelas dibagi atas dua kelompok, kelompok A dan B.
2. Setiap kelompok membentuk lingkaran.
3. Siswa dalam setiap kelompok berdiri di dalam gambar lingkaran yang telah dibuat oleh guru.
4. Kelompok A dan B bermain secara bersamaan.
5. Setiap siswa berdiri menggunakan satu kaki (seperti terlihat pada gambar). Kaki kiri dan kanan dapat digunakan secara bergantian.
6. Setiap kelompok mendapatkan satu bola besar.
7. Setiap anggota kelompok akan mengoper bola kepada anggota kelompok lain yang berdiri berseberangan (tidak diperkenankan mengoper bola ke anggota kelompok yang berdiri di sebelah kanan atau kiri).
8. Ketika bola ditangkap seluruh peserta berpindah ke lingkaran di sebelah kiri mereka searah jarum jam.
9. Apabila bola jatuh ke tanah atau anggota kelompok tidak berdiri dengan satu kaki, maka dianggap sebagai pelanggaran.
10. Kelompok yang melakukan pelanggaran paling sedikit akan menjadi pemenang.

Ayo Renungkan

Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru temanmu. Diskusikan teknik gerakan dengan gurumu. Setelah melakukan kegiatan, diskusikan hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.

Apakah kamu sudah dapat melempar dan menangkap bola dengan baik dalam permainan ini? Jelaskan
Jawaban:
Hari ini saya sudah dapat menangkap dan melempar bola dengan baik.

Bagaimana dengan siswa lain dalam kelompokmu? Apakah mereka sudah dapat melempar dan menangkap bola dengan baik? Jelaskan.
Jawaban:
Ada beberapa teman yang sudah dapat melempar dengan baik, namun ada juga teman yang belum bisa.

Apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika melempar bola? Jelaskan.
Jawaban:
Hal yang perlu diperhatikan saat melempar bola adalah posisi kaki dan arah lemparan.

Apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika menangkap bola? Jelaskan.
Jawaban:
Saat menangkap bola yang perlu diperhatikan adalah posisi tangan.

Apabila kamu diberi kesempatan untuk mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang harus dilakukan?
Jawaban:
Saya akan memperbaiki cara menangkap bola.

Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain. Apakah hasil diskusi mereka memiliki persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu?

Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola secara berkelompok. Baca lagi cara bermainnya dan diskusikan teknik gerakan dengan gurumu. Selanjutnya, diskusikan hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.

• Apakah kelompokmu berhasil menjadi pemenang? Mengapa?
Jawaban:
Kelompok saya belum meraih kemenangan pada pembelajaran kali ini.

• Sikap apa yang harus ditunjukkan oleh anggota kelompok agar menjadi pemenang?
Jawaban:
Agar menjadi pemenang sikap yang perlu ditunjukan adalah kerja sama.

• Bagaimana perasaanmu saat mengalami kekalahan?
Jawaban:
Saat mengalami kekalahan saya merasa sedih.

• Apa yang harus kamu lakukan ketika mengalami kekalahan?
Jawaban:
Saat mengalami kekalahan saya mencoba akan berlatih lebih tekun.

• Bagaimana sikap yang harus kamu tunjukkan kepada tim yang kalah?
Jawaban:
Saat tim kita kalah kita tidak boleh saling menyalahkan dan tetap menjaga kekompakkan.

• Bagaimana sikap yang harus kamu tunjukkan kepada tim yang menang?
Jawaban:
Saya mengucapkan selamat kepada tim lain yang menjadi pemenang.

Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain. Apakah hasil diskusi mereka memiliki persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu?

Kegiatan Bersama Orang Tua

Sampaikan hasil refleksi belajar selama satu minggu ini kepada orang tuamu. Bagaimana sampaikan perasaanmu saat belajar, apa yang sudah dipelajari, dan kegiatan apa saja yang sangat bermanfaat dan menarik. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(*/SN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.