Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 Halaman 142 143 144 145 146, Subtema 4: Tugasku dalam Kehidupan Sosial, Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 Halaman 193 194 195 196 199 200, Subtema 4: Tugasku dalam Kehidupan Sosial, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 Halaman 193 194 195 196 199 200, Subtema 4: Tugasku dalam Kehidupan Sosial, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 3, Subtema 4, pembelajaran 5 untuk Kelas 2 SD/MI berikut.

Tema 3 yaitu Tema 3 Tugasku Sehari-Hari. Subtema 4 Tugasku dalam Kehidupan Sosial. Pembelajaran 5 dimulai dari halaman 141 sampai 146. Sementara itu, pembahasan soal kunci jawaban berada di halaman 142, 143, 144, 145, dan 146.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Materi yang dibahas yaitu ‘memahami gerakan melempar dan menangkap bola’, ‘melakukan gerakan melempar dan menangkap bola’, ‘memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial’, ‘menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan sosial’, ‘menemukan makna kosakata’, ‘memahami karakterisitk individu berdasarkan usia anggota keluarga’, dan ‘mengelompokkan karakterisitk individu berdasarkan usia anggota keluarga’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Ayo Mengamati

Berkunjung ke Rumah Kakek

Siti bersama keluarga berkunjung ke rumah kakek. Hampir setiap bulan, Siti mengunjungi kakek. Kakek tinggal di desa. Kakek tinggal bersama nenek dan paman. Siti sangat sayang kepada kakek dan nenek. Siti sering membantu nenek. Di rumah kakek, Siti bermain bersama teman-teman. Mereka bermain Gebokan Batu alias Kasti.

Ayo Beraktivitas

Lakukan pemanasan dengan gerakan lempar tangkap bola secara berpasangan! Lakukan permainan Gebokan Batu bersama teman-temanmu!

Kunci Jawaban Halaman 142

Ayo Berlatih

Buatlah cerita sederhana berdasarkan gambar berikut!

Jawaban:

Gambar 1

Minggu pagi, Siti bersama Ayah, Ibu, dan Kakak pergi ke rumah kakek. Siti dan keluarga sering mengunjungi kakek. Saat tiba, ternyata kakek dan nenek sudah menungguu di halaman. Siti langsung berlari menghampiri kakek dan nenek. Siti sangat bahagia karena bisa melepas rindu kepada kakek dan nenek.

Gambar 2

Siti, Dayu, Beni, dan Budi sering bermain bersama. Sore itu, mereka berjanji akan bermain di taman komplek. Mereka bermain gebokan batu. Beni membawa bola kasti untuk alat melempar. Mereka bermain dengan gembira. Bermain gebokan batu memang mengasyikan.

Gambar 3

Setelah melepas rindu dengan kakek dan nenek, Siti dan keluarga masuk ke dalam rumah. Mereka berkumpul bersama di ruang keluarga. Ibu Siti membawa kue dan camilan untuk dimakan bersama. Mereka pun makan camilan bersama sambil bersenda gurau dan bercerita.

Kunci Jawaban Halaman 143

Ayo Berdiskusi

Diskusikan sikap apa yang dapat kamu temukan dalam teks di atas! Tuliskan hasil diskusimu!

Jawaban:

– Sikap santun kepada orang tua dan keluarga
– Menyayangi semua anggota keluarga
– Menyayangi teman
– Bermain bersama tanpa membedakan

Mengenal Anggota Keluarga Siti

Zahra adalah anak dari Pak ‘Dhe (kakak dari ayah). Zahra masih sekolah di SMP. Paman adalah adik dari ayah. Kami memanggil paman “Pak Lik”. Paman baru lulus dari SMA.

Mengenal Perbedaan Usia

Kunci Jawaban Halaman 144

Ayo Mencoba

Coba sekarang kamu tuliskan anggota keluargamu di rumah! Kemudian tentukan perbedaan usia mereka! Tuliskan dalam tabel berikut!

Jawaban:

1. Ayah berusia 35 tahun, kategori dewasa
2. Ibu berusia 33 tahun, kategori dewasa
3. Kak Adit berusia 9 tahun, kategori anak-anak
4. Saya berusia 7 tahun, kategori anak-anak
5. Dik Dian berusia 5 tahun, kategori anak-anak

Kunci Jawaban Halaman 145

Ayo Berlatih

Pasangkan usia dan kelompok yang sesuai!

Jawaban:

Kunci Jawaban Halaman 146

Ayo Berdiskusi

Ayo, diskusikan sikapmu ketika bertemu atau menyapa orang yang berbeda kelompok usia

Jawaban:

Sikap ketika bertemu atau menyapa orang yang berbeda kelompok usia
– Mengucapkan salam dengan hormat dan sopan
– Berjabat tangan
– Menanyakan kabar

Kegiatan Bersama Orang Tua

Dengan bantuan orang tua, siswa dapat membedakan usia.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas 2 Tema 3 Tugasku Sehari-hari, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas 2 Tema 3 Tugasku Sehari-hari, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.