Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 97 98 99 101, Subtema 2: Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah, Pembelajaran 6

by -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 97 98 99 101, Subtema 2: Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah, Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 97 98 99 101, Subtema 2: Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah, Pembelajaran 6

SEMANGATNEWS.COM – Berikut disajikan kunci jawaban pembelajaran 6, Subtema 2, Tema 4, untuk Kelas 2 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam belajar. Orang tua dan guru juga dapat menjadikan kunci jawaban ini pedoman dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci jawaban berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Subtema 2 Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah, Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat, Pembelajaran 6 yang mulai dari halaman 97 sampai 102. Sementara itu, untuk pembahasan soal terdapat pada halaman 97, 98, 99, dan 101.

Materi pada pembelajaran 6 ini meliputi ‘membaca lancar teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah’, ‘menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah’, ‘membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah’, ‘menjelaskan manfaat dan kerugian apabila tidak hidup bersatu di sekolah’, ‘mensimulasikan pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah’, dan ‘menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola’.

Nah, mari kita simak bersama kunci Jawaban Buku Tema 4 Kelas 2 Halaman 81 dan 83, Subtema 2 Pembelajaran 6 berikut!

Kunci Jawaban Halaman 97

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Sekolah Adiwiyata

Sekolah adiwiyata merupakan salah satu contoh lingkungan sekolah yang bersih. Untuk menjadi sekolah adiwiyata, sekolah harus bersih. Tidak hanya itu, sekolah juga harus rapi dan indah. Oleh sebab itu, pekarangan sekolah harus dikelola dengan baik.

Sekolah adiwiyata tempat yang nyaman untuk belajar. Di halaman sekolah biasanya terdapat taman yang indah. Ada juga pohon yang rindang untuk berteduh dan belajar. Disetiap tempat disediakan tempat sampah. Hal ini bertujuan agar siswa tidak membuang sampah sembarangan. Di sekitar sekolah juga dipasang slogan. Slogan itu berisi imbauan agar siswa hidup bersih dan sehat. Semua sekolah ingin menjadi sekolah adiwiyata.

Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks di atas?
Jawaban:
Sekolah adiwiyata merupakan contoh lingkungan sekolah yang bersih.

Kunci Jawaban Halaman 98

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah dengan teliti!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2

Apa isi gambar di samping?
Jawaban:
Pekarangan sekolah

Bagaimana dengan lingkungan sekolahmu?
Jawaban:
Lingkungan sekolahku juga bersih. Banyak tanaman bunga dan ada pohon yang rindang.

Ayo Menulis

Amati pekarangan sekolahmu! Apa saja yang kamu lakukan agar pekarangan sekolahmu bersih? Tuliskan hasil pengamatanmu pada kolom berikut!

Jawaban:

Cara Menjaga Pekarangan Sekolah Agar Tetap Bersih

Lingkungan sekolah harus rapi dan indah. Oleh sebab itu, pekarangan sekolah harus dikelola dengan baik. Disetiap tempat disediakan tempat sampah. Ada tempat sampah organik dan ada juga sampah nonorganik atau plastik. Siswa harus membuang sampah pada tempatnya. Di sekitar sekolah juga dipasang slogan yang berisi larangan membuang sampah sembarangan. Taman sekolah juga harus dirawat dengan baik. Setiap hari bunga-bunga disiram. Rumput-rumput liar dicabut. Bunga akan bermekaran dan tumbuh subur. Bangku taman juga dibersihkan agar tidak tumbuh lumut. Ranting dan daun yang berguguran disapu. Dengan begitu, lingkungna sekolah menjadi bersih, rapi, dan indah. Sekolah menjadi nyaman untuk belajar.

Coba bacakan hasil pengamatanmu. Bacakan dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Kunci Jawaban Halaman 99

Ayo Berdiskusi

Semua warga sekolah bertanggung jawab menjaga kebersihan sekolah. Semua warga sekolah harus menunjukkan sikap hidup dalam kebersamaan. Hidup dalam kebersamaan merupakan wujud dari persatuan.Hidup dalam kebersamaan banyak manfaatnya.Sebaliknya tidak hidup dalam kebersamaan juga ada akibat buruknya. Coba diskusikan dengan temanmu. Apakah manfaat hidup dalam kebersamaan di sekolah? Diskusikan dengan temanmu apa akibatnya jika tidak hidup kebersamaan di sekolah?

Jawaban:

Apa saja manfaat yang kamu temukan? Apa pula akibat yang kamu temukan? Coba jelaskan di depan teman-temanmu!

Ayo Berlatih

Carilah satu contoh kegiatan yang mencerminkan kebersamaan dengan temanmu di kelas! Kemudian peragakan kegiatan tersebut!

Ayo Mengamati

Amati meja yang diangkat Dayu dan Edo. Bagaimana bentuk permukaan meja?

Persegi panjang dapat dibentuk menjadi pola tertentu. Persegi panjang membentuk pola dengan bangun datar yang lain. Perhatikan gambar berikut dengan teliti!

Kunci Jawaban Halaman 101

Ayo Berlatih

Tentukan bentuk bangun datar selanjutnya sesuai dengan pola-pola berikut!

Jawaban:

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua membimbing siswa agar terbiasa berteman dan mau berbagi dengan orang-orang di sekitar rumah.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas II Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.