Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 18 19 20 21 22, Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah: Pembelajaran 3

by -
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 18 19 20 21 22, Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah: Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 18 19 20 21 22, Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah: Pembelajaran 3

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut merupakan materi pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 18 sampai 24. Pembahasan terdapat pada halaman 18, 19, 20, 21, dan 22.

Materi dan pembahasan yang diambil berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018 untuk Kelas 3 SD/MI.

Kunci jawaban berikut merujuk pada Tema 4 Kewajiban dan Hakku, Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah.

Materi yang dibahas berupa ‘bertanya jawab’, ‘membaca teks’, ‘menjawab pertanyaan’, ‘menemukan dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui’, ‘berkreasi dengan bilangan cacah’, dan ‘menyanyikan lagu’.

Kunci jawaban ini dapat digunakan oleh adik-adik Kelas 3 SD/MI sebagai pedoman dalam mempelajari pembelajaran 3. Oleh karena itu, simaklah dengan saksama!

Kunci Jawaban Halaman 18 dan 19

Ayo Membaca

Setiap anak berhak memiliki tubuh sehat. Apa itu tubuh sehat? Apa yang harus kamu lakukan agar memiliki tubuh sehat? Berdiskusilah dengan teman-temanmu!

Jawaban:

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh. Cara penyelsaianya adalah : Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Ciri anak sehat dapat dilihat dari segi fisik, psikis, dan sosialisasinya seperti sehatnya badan dan pertumbuhan jasmani yang normal. Kalau dari segi psikis, anak yang sehat itu jiwanya berkembang secara wajar, pikiran bertambah cerdas, perasaan bertambah peka dan kemauan bersosialisasinya baik. Sedangkan, dari segi sosialisasi, anak semestinya tampak aktif, gesit, dan gembira serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Beberapa hal yang harus dilakukan agar memiliki tubuh sehat antara lain sebagai berikut. Istirahat yang cukup. Penuhi kebutuhan istirahat dan tidur harian normalnya sebanyak 6-8 jam/hari untuk orang dewasa. Olahraga yang tetatur. Manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Perbanyak makan buah dan sayur. Buah-buahan dan sayur sayuran mengandung vitamin dan mineral penting lainnya yang berguna untuk tubuh. Jaga kebersihan diri dan lingkungan. Mandi teratur, cuci tangan sebelum makan, dan menjaga kebersihan lingkungan di dalam dan sekitar rumah juga harus diperhatikan.

Lalu bacalah teks berikut dengan nyaring!

Memiliki Tubuh Sehat

Kamu wajib menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat membuatmu dapat belajar dan bermain. Tubuh yang sehat juga membuatmu dapat berjalan dan bekerja. Tubuh yang sehat membuatmu dapat bergerak aktif dan gesit.

Setiap anak berhak memiliki tubuh yang sehat. Namun, ada juga anak yang mudah sakit. Tubuh anak yang sakit menjadi lemah sehingga susah bergerak. Mereka seharusnya menjaga tubuhnya agar selalu sehat.

Menjaga tubuh tetap sehat merupakan kewajiban kita semua. Apa yang harus kamu lakukan agar tubuhmu sehat? Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Amati teks di atas! Temukan masalah pada teks! Garis bawahi cara penyelesaiannya.

Jawaban:

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh. Cara penyelsaianya adalah : Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Kunci Jawaban Halaman 19 dan 20

Ayo Menulis

Amati kembali teks di atas! Jawablah pertanyaan berikut!

1. Masalah apa yang dihadapi anak-anak berdasarkan teks di atas?
Jawaban:
Menjaga Kesehatan Tubuh.

2. Tuliskan empat cara menyelesaikan masalah berdasarkan teks!
Jawaban:
Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Kunci Jawaban Halaman 21

Ayo Berlatih

Bacalah di dalam hati!

Semua orang wajib menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya dengan sarapan. Sarapan baik untuk kesehatan tubuh. Ada yang biasa sarapan nasi, ubi, roti atau kentang. Bagaimana dengan kebiasaan sarapan di rumahmu?

Tuliskan makanan yang biasa kamu makan saat sarapan!
Jawaban:
Nasi, Sayur, Roti, dan Bubur.

Kunci Jawaban Halaman 22

Ayo Mencoba

Keluarga Dayu sering sarapan kentang. Ayah Dayu memiliki kebun kentang. Lima panen terakhir, ayah Dayu memanen 1.000, 1.200, 1.300, 1.500, dan 2.000 buah kentang. Ayah Dayu menyimpan sebagian kentang di rumah. Sebagiannya lagi dijual ke pasar. Tuliskan berapa kemungkinan kentang yang dijual dan yang disisihkan untuk di rumah!

Jawaban:

Ayo Berkreasi

Bacalah kembali cerita tentang panen kentang Ayah Dayu! Lalu, buatlah satu cerita seperti itu bersama teman-temanmu! Kamu dapat menentukan sendiri bilangannya!

Jawaban:

Cerita Kami

Keluarga Dayu sering sarapan kentang. Ayah Dayu memiliki kebun kentang. Lima panen terakhir, ayah Dayu memanen 900, 1.000, 1.100, 1.300, dan 1.400 buah kentang. Ayah Dayu menyimpan sebagian kentang di rumah. Sebagiannya lagi dijual ke pasar. Kemungkinan kentang yang dijual dan yang disisihkan untuk di rumah adalah:

Ayo Bernyanyi

Beni sangat bersyukur memiliki ayah dan ibu. Ia wajib berterima kasih kepada keduanya. Ia ingin menyampaikannya lewat lagu. Beni sudah tahu lagu “Jika Ibuku Tua Nanti”.  Adakah lagu lain tentang rasa syukur memiliki ayah dan ibu? Nyanyikanlah bersama teman-temanmu! Nyanyikan juga di depan orang tuamu di rumah!

Jika Ibuku Tua Nanti
AT Mahmud

Jika ibuku tua nanti,
beruban berambut putih,
akan kujaga ibuku,
agar senang selalu,
Jika ayahku tua nanti,
berjalan bertongkat kayu,
akan kutuntun selalu,
kemana ayah pergi.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua membiasakan siswa makan makanan yang sehat.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.