Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8, Subtema 1 Komponen Ekosistem: Pembelajaran 1

by -
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8, Subtema 1 Komponen Ekosistem: Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8, Subtema 1 Komponen Ekosistem: Pembelajaran 1

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut khusus untuk adik-adik Kelas 5 SD/MI. Kunci jawaban membahas materi pembelajaran 1 yang dimulai dari halaman 2 sampai 8. Pembahasan kunci jawaban terdapat pada halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8.

Materi dalam kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 5 SD/MI, Tema 5 Ekosistem, Subtema 1 Komponen Ekosistem .

Materi pada kunci jawaban ini meliputi ‘mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu memukan pokok pikiran dalam bacaan’, ‘menyimak penjelasan dan mencermati teks bacaan, siswa mampu membuat pertanyaanpertanyaan sehubungan dengan bacaan’, ‘membuat bagan, siswa mampu menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya’, dan ‘melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi, siswa mampu membuat teks nonfiksi tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya’.

Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.

Kunci Jawaban Halaman 2, 3, dan 4

Amatilah kedua gambar ekosistem di bawah ini!

Perbedaan apa saja yang dapat kamu jelaskan dari kedua gambar di atas? Jelaskan hasil pengamatanmu terhadap kedua gambar tersebut!
Jawaban:
Gambar 1 menunjukkan komponen tak hidup yang ada dalam sebuah lingkungan. Komponen yang ada di gambar di antaranya tanah, bukit, air hingga cahaya yang berasal dari matahari. Sedangkan gambar 2 menunjukkan komponen hidup dalam lingkungan yang saling berinteraksi dan bergantung satu sama lain.

Udin sangat gembira hari ini. Ia baru saja mendapatkan kiriman hadiah dari bibinya di kota. Sebuah buku pengetahuan bergambar! Ia pun tak sabar ingin menunjukkannya kepada teman-temannya.

Udin : “Hai, kawan-kawan! Aku punya sesuatu yang ingin kutunjukkan kepada kalian.”
Lani : ”Apakah itu, Udin? Kelihatannya sesuatu hal yang menarik!”
Udin : ”Tentu saja! Aku mempunyai sebuah buku pengetahuan bergambar! Bibiku mengirimkannya untukku.”
Edo : ”Wow! Itu benar-benar menarik! Apa isi bukumu itu, Udin?”
Udin : ”Buku ini tentang berbagai jenis ekosistem di dunia! Di dalam buku ini, ada berbagai jenis hewan khas yang hidup di tiap-tiap ekosistem!”
Beni : ”Apakah ekosistem itu, Udin? Dapatkah kamu menjelaskannya untuk kami?”
Udin : “Menurut pendapatku, lebih baik kita baca saja buku ini bersama-sama! Selain memuat gambar-gambar, buku ini juga memuat penjelasanpenjelasan yang menarik tentang ekosistem.”

Ekosistem

Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.

Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan. Air dan tanah merupakan bagian penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.

Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.

Individu adalah makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Sementara itu komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah komunitas sungai dan komunitas padang rumput. (Sumber : Scott Foresman. Science. 2010)

Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pikiran utama dari setiap paragraf beserta informasi yang kamu anggap penting. Tuliskanlah pikiran utama dan informasi penting tersebut di tempat yang tersedia di bawah ini.

Jawaban:

Paragraf Pikiran Utama Informasi Penting
1 Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik).
2 Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan. Air di dalam tanah dimanfaatkan oleh tumbuhan dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.
3 Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.
4 Individu adalah makhluk hidup tunggal Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu.

Udin senang dapat berbagi pengetahuan bersama dengan teman-temannya. Ia pun mulai melihat lingkungan di sekelilingnya. Ada banyak hal di dalam buku yang dibacanya, ada di sekitarnya. Benda hidup dan benda tak hidup, manusia, hewan, serta tumbuhan, semuanya saling berinteraksi di dalam ekosistem. Ia pun ingin tahu lebih dalam tentang dunia hewan. Bagaimana hewan-hewan di setiap ekosistem mendapatkan makanannya?

Kunci Jawaban Halaman 5 dan 6

Ayo Membaca

Seperti halnya manusia, hewan juga memerlukan makanan untuk mendapatkan energi. Akan tetapi, hewan mempunyai jenis makanan tertentu baik berupa tumbuhan maupun berupa hewan lainnya. Bacalah dengan saksama bacaan berikut ini untuk mengetahui lebih banyak tentang jenis makanan hewan.

Jenis Makanan Hewan

Jenis makanan hewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu makanan yang berupa tumbuhan dan makanan yang berupa hewan lain. Hewan yang memakan tumbuhan memilih bagian-bagian tumbuhan yang dapat dijadikan makanan. Ada hewan yang hanya memakan daun tumbuha. Ada pula hewan yang hanya memakan batang, buah, atau hanya biji tumbuhan. Namun, ada beberapa jenis hewan yang memakan lebih dari satu bagian tumbuhan tersebut.

Bagian tumbuhan yang paling sering dijadikan makanan hewan adalah daun. Hewan seperti ulat, rusa, dan zebra, merupakan beberapa contoh hewan yang memakan daun. Sementara itu, beberapa hewan menyukai batang tumbuhan. Sapi merupakan salah satu hewan yang menyukai batang tanaman padi dan jagung. Sedangkan hewan panda menyukai batang pohon bambu. Bagian tanaman berupa buah juga disukai hewan. Belatung senang memakan bagian dalam buah dan ini seringkali merugikan para petani buah-buahan. Burung-burung menyukai bagian tumbuhan yang berupa biji. Biji padi sering menjadi incaran burung pipit. Biji kenari sangat disukai para tupai.

Beberapa hewan memakan hewan yang lebih kecil sebagai makanannya. Hewan kecil ini menjadi mangsa bagi hewan yang lebih besar. Serangga menjadi makanan bagi hewan-hewan seperti katak atau cecak. Tikus menjadi makanan bagi kucing. Demikian juga dengan kelinci, yang menjadi makanan bagi burung elang. Sumber: BSE IPA 2010

Setelah kamu membaca teks bacaan di atas, catatlah beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan juga pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan. Tuliskanlah pertanyaanmu di tempat yang tersedia di halaman berikut ini.

Ingatlah untuk selalu menggunakan kata tanya yang tepat dan ejaan bahasa Indonesia yang benar. Simpanlah pertanyaanmu, hingga kamu menemukan jawaban pertanyaanmu dari kegiatan belajar hari ini.

Jawaban:

1. Apa saja jenis makanan hewan?
Makanan yang berupa tumbuhan dan makanan yang berupa hewan lain.

2. Apa jenis makanan yang disukai panda?
Batang bambu.

3. Hewan apa yang menyukai biji kenari?
Tupai.

4. Mengapa setiap hewan memiliki jenis makanan yang berbeda-beda?
Karena setiap hewan memiliki ciri khusus yang berbeda-beda. Sehingga ciri khusus menentukan jenis makanannya.

5. Mengapa ada hewan yang memakan hewan lain?
Agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

6. Apa sebutan untuk hewan pemakan tumbuhan?
Herbivora.

7. Apa pula sebutan untuk hewan pemakan hewan lain?
Karnivora.

Kunci Jawaban Halaman 6 dan 7

Ayo Mengamati

Amatilah hewan-hewan yang ada di sekitarmu.

Lalu, bekerjasamalah dengan teman-temanmu untuk melakukan kegiatan berikut! Alat-alat dan bahan yang diperlukan, antara lain gunting, kertas karton besar, spidol, surat kabar dan majalah bekas, penggaris, serta lem kertas.

Langkah-langkah kegiatan:
1. Carilah dan guntinglah gambar-gambar hewan yang terdapat di surat kabar atau majalah bekas.
2. Dengan menggunakan penggaris, buatlah tabel besar pada kertas karton tersebut seperti contoh berikut!
3. Letakkan gambar hewan yang sudah digunting lalu rekatkan pada kolom pertama tabel dengan menggunakan lem. Tuliskanlah nama hewan di bawah gambarnya.
4. Tuliskanlah nama atau jenis makanan yang dimakan oleh hewan tersebut di kolom tengah.
5. Tuliskanlah jenis makanan tersebut, apakah termasuk tumbuhan atau hewan lain.
6. Tempelkanlah hasil pekerjaan kelompokmu di tempat yang mudah dilihat.
7. Lakukanlah gallery walk atau melihat hasil kerja kelompok bersama dengan kelompok-kelompok lain untuk melihat dan saling belajar.
8. Kembalilah ke kelompokmu, lalu tuliskanlah kesimpulanmu tentang hewan dan jenis makanannya.

Jawaban:

Kesimpulan: Makanan setiap hewan berbeda-beda karena setiap hewan memiliki ciri khusus yang berbeda.

Kunci Jawaban Halaman 7 dan 8

Ayo Menulis

Kesimpulan apakah yang kamu dapat dari kegiatan di atas? Tahukah kamu mengapa hewan memiliki jenis makanan yang berbeda-beda? Setiap hewan memiliki ciri khas yang juga memengaruhi jenis makanan yang dimakannya. Bacaan di atas merupakan bentuk teks nonfiksi. Teks nonfiksi adalah teks yang berisikan hasil pengamatan, data-data, dan fakta serta bukan merupakan hasil imajinasi kita.

Buatlah sebuah teks nonfiksi yang terdiri atas tiga paragraf. Untuk itu, ikutilah langkah-langkah berikut ini.
1. Pilihlah dua hewan yang memiliki jenis makanan yang berbeda. Satu hewan pemakan tumbuhan dan satu hewan pemakan hewan lain.
2. Tuliskanlah penjelasan tentang hewan tersebut termasuk habitat asli, jenis makanan, serta cara hewan tersebut mendapatkan dan memakan makanannya.
3. Gunakanlah hasil pengamatan dan informasi penting yang telah kamu dapatkan dari bacaan untuk melengkapi tulisanmu.
4. Kamu juga dapat melengkapi tulisanmu dengan gambar hewan yang kamu maksud.
5. Tuliskanlah penjelasan tentang kedua hewan tersebut pada selembar kertas dengan tulisan yang rapi.

Jawaban:

Teks 1: Kelinci

Salah satu hewan pemakan tumbuhan adalah kelimci. Kelinci merupakan salah satu hewan yang sering diternak oleh manusia. Kelinci hidup di kandang buatan manusia, sedangkan habitat kelinci liar biasanya di daerah padang rumput, hutan, atau perbukitan yang dekat dengan sumber makanan. Kelinci termasuk hewan herbivora karena makanannya berupa dedaunan atau rerumputan. Kelinci liar mendapatkan makanan dari tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya. Kelinci yang dipelihara, sumber makanan diperoleh dari pemilik hewan.

Teks 2: Kucing

 

Contoh hewan pemakan hewan lainnya adalah kucing. Kucing dipelihara manusia karena tingkahnya yang lucu. Habitat asli kucing adalah di kawasan sabana, hutan terbuka, dan stepa. Kucing termasuk hewan karnivora karena makanannya berupa hewan lainnya. Kucing liar mendapatkan makanan dari hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Kucing yang dipelihara, sumber makanan diperoleh dari pemilik hewan.

Ayo Renungkan

Pengetahuan apakah yang telah kamu pelajari hari ini? Apakah pembelajaran yang menurutmu paling menarik? Mengapa demikian? Sikap apakah yang harus kamu kembangkan selama mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya belajar tentang, pokok pikiran dalam bacaan, membuat pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan bacaan, menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya, dan membuat teks nonfiksi tentang penggolongan hewan berdasarkan makananya. Pembelajaran yang paling menarik adalah membuat pertanyaan sehubungan dengan bacaan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apakah keluargamu memiliki hewan piaraan di rumah? Jika kamu tidak punya hewan piaraan, hewan apakah yang paling kamu sukai? Ambillah foto hewan piaraanmu, lalu tempelkan pada secarik kertas ukuran A4. Tuliskan nama hewan, nama panggilan hewan dan artinya, makanan kesukaan, dan kebiasaan hewan piaraanmu yang paling menarik dan kamu sukai. Jika kamu tidak punya hewan piaraan, kamu dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang hewan yang ingin kamu miliki dan alasanmu ingin memiaranya. Ceritakan tentang hewan piaraanmu di depan kelas esok harian jenis makanannya. Beberapa sikap yang dikembangkan selama mengikuti pembelajaran adalah cermat dan teliti.

Jawaban:

Hewan piaraan yang ada di rumah adalah kucing. Kucingku kuberinama Memeng, daia kuberi nama memeng karena selalu mengeong saat bertemu denganku. Makanan kesukaan Mememng adalah wiskas. Hal yang menarik dari hewan peliharaanku adalah sikapnya yang lucu dan menggemaskan, misalnya saat dia lapar Memeng akan mengikutiku ke mana saja aku pergi sampai aku memberinya makanan. 

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.