Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 112 113 115, Subtema 3: Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat, Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 112 113 115, Subtema 3: Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat, Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 112 113 115, Subtema 3: Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat, Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Simaklah Kunci jawaban Tema 6 Kelas 6 berikut. Kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar, khususnya Pembelajaran 5 yang mulai dari halaman 112 sampai 116.

Tema yang dibahas yaitu Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018.

Kunci jawaban berikut berisi pembahasan soal pada halaman 112, 113, dan 115. Kunci jawaban juga menguraikan materi ‘melakukan pengamatan dengan menuliskan ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas’, dan ‘membandingkan informasi setelah membaca judul teks nonfiksi dan informasi yang didapatkan setelah membaca teks nonfiksi’.

Nah, Semoga kunci jawaban ini juga dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 112

Ayo Mengamati

Apakah beberapa contoh gambar di atas menunjukkan keadaan masyarakat yang sejahtera? Ungkapkan pendapatmu dengan menuliskan dalam kolom berikut!
Jawaban:
Gambar menunjukkan masyarakat sejahtera karena dapat memenuhi kebutuhan dengan baik, seperti dapat bersekolah, dapat berhubungan baik antarumat beragama, mendapatkan hasil panen yang memuaskan, dan dapat berolahraga di lingkungan yang bersih dan sehat.

Udin telah memasuki masa pubertas. Udin tidak lagi kanak-kanak. Udin mulai bersungguh-sungguh dalam belajar. Udin ingin menjadi anak pintar supaya hidupnya sejahtera sehingga berguna bagi bangsa. Ingatkah kamu perbedaan masa kanak-kanak dan masa pubertas? Lakukan kegiatan berikut!

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 113

Ayo Berlatih

Carilah beberapa gambar tentang ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas! Jika kamu anak laki-laki carilah gambar anak laki-laki pada masa kanak-kanak dan anak laki-laki pada masa pubertas. Jika kamu anak perempuan, carilah gambar anak perempuan pada masa kanak-kanak dan anak perempuan pada masa pubertas. Tempelkan gambar yang kamu temukan pada kotak di bawah. Tuliskan keterangan di samping gambar. Keterangan dapat berupa ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas.

Jawaban:

1. Masa Pubertas Anak Laki-laki

2. Masa Pubertas Pada Anak Perempuan

Masyarakat yang sejahtera berada dalam keadaan sehat. Kesehatan masyarakat dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu, untuk menciptakan masyarakat sehat diperlukan kerja sama. Siapa saja yang harus bekerja sama untuk menciptakan masyarakat sehat? Apa pentingnya kerja sama dalam menciptakan masyarakat sehat. Bacalah bacaan berikut!

Ayo Membaca

Pentingnya Kerja Sama

Manusia adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa hidup sendiri. Kita perlu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Kita sering mendengar bahwa dengan bekerja sama, pekerjaan menjadi lebih mudah dan tujuan lebih cepat tercapai.

Kerja sama dapat dimulai di lingkungan rumah. Karena rumah adalah tempat tinggal keluarga. Salah satu contoh kerja sama yang sangat sederhana di lingkungan keluarga adalah menjaga kebersihan rumah. Menjaga kebersihan rumah tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja, namun perlu melibatkan seluruh anggota keluarga, misalnya dengan melaksanakan kerja bakti.

Kerja sama juga diperlukan untuk menciptakan masyarakat sehat. Banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan secara rutin, memilah dan mengolah sampah bersama-sama, menanam pohon di lingkungan rumah, serta mencegah penyebaran penyakit menular melalui 3 M (menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat-tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang yang tidak terpakai yang dapat menimbulkan genangan air). Tanpa kerja sama, masyarakat sehat tidak terwujud.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 115

Ayo Berlatih

Teks di atas merupakan teks nonfiksi yang memiliki judul. Cobalah bandingkan informasi yang diharapkan setelah membaca judul teks dengan informasi yang didapatkan setelah membaca teks tersebut. Ungkapkan hasil perbandinganmu dalam bentuk tabel atau diagram sesuai kreasimu.
Jawaban:
Diagram atau tabel:

No. Sebelum Membaca Judul Teks Setelah Membaca Judul Teks
1 Manfaat kerja sama? Kerja sama membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan tujuan lebih cepat tercapai.
2 Contoh kerja sama di rumah? Salah satu contoh kerja sama di lingkungan rumah adalah menjaga kebersihan rumah
3 Tujuan kerja sama? Kerjasama bertujuan membangun masyarakat sehat.

Ayo Renungkan

Coba renungkan! Apakah kamu saat ini kamu mengalami masa kanak-kanak atau masa pubertas? Perhatikan keadaan tubuhmu! Apa yang dapat kamu lakukan untuk menyejahterakan hidupmu supaya kelak kamu dapat berguna bagi bangsa? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut!

Jawaban:

Pada saat ini saya sudah mengalami masa pubertas karena jakun mulai tumbuh, suara mulai membesar dan tumbuh cambang, janggut. Yang dapat saya lakukan untuk mensejahterakan hidup adalah belajar dengan tekun sehingga mencapai apa yang dicita-citakan. (contoh)

Kegiatan Bersama Orang Tua

Mintalah orang tuamu untuk berbagi pengalaman atau bercerita tentang sikapnya dilakukan dahulu saat mengalami pubertas.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.