Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 78 79 80, Subtema 2: Membangun Masyarakat Sejahtera, Pembelajaran 6

by -
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 78 79 80, Subtema 2: Membangun Masyarakat Sejahtera, Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 78 79 80, Subtema 2: Membangun Masyarakat Sejahtera, Pembelajaran 6

SEMANGATNEWS.COM – Berikut disajikan kunci jawaban pembelajaran 6, Subtema 2, Tema 6, untuk Kelas 6 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam belajar. Orang tua dan guru juga dapat menjadikan kunci jawaban ini pedoman dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci jawaban berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera, Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Pembelajaran 6 yang mulai dari halaman 77 sampai 82. Sementara itu, untuk pembahasan soal terdapat pada halaman 78, 79, dan 80.

Materi pada pembelajaran 6 ini meliputi ‘menulis pentingnya melaksanakan hak’, ‘menulis informasi penting yang terdapat pada teks nonfiksi berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragraf’, ‘menulis pengalaman melaksanakan hak’, ‘menampilkan tari kreasi daerah bentuk tunggal’.

Nah, mari kita simak bersama kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 78, 79, dan 80, Subtema 2 Pembelajaran 6 berikut!

Setiap warga negara Indonesia memiliki hak mengemukakan pendapat dalam berbagai bentuk. Hak mengemukakan pendapat dalam pemilu ada batasan umur yaitu setelah berusia tujuh belas tahun atau sudah menikah. Melaksanakan hak dalam pemilu sangat penting demi kesejahteraan bersama. Bagaimanakah pengalamanmu dalam melaksanakan hak sebagai warga negara Indonesia?

Ayo Membaca

Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.

Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.

Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 78

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!

1. Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?
Jawaban:
Berdasarkan bacaan di atas pentingnya melaksanakan hak adalah untuk mewujudkan pemerintahan yang demokratis, mempercepat pembangunan nasional, dan mendukung tercapainya tujuan nasional.

2. Apa pentingnya melaksanakan hakmu untuk dirimu?
Jawaban:
Dapat mengharumkan nama daerah/tempat tinggal/nama bangsa di kancah nasional karena mendapatkan pendidikan termasuk pelaksanaan hak.  Contoh olimpiade sains, siswa berprestasi dan atlet renang.  Di sekolah dapat belajar dengan lancar dan nyaman. Contohnya sarapan pada pagi hari membuat tubuh memiliki energi dan dapat berkonsentrasi saat mengikuti pembelajaran.

Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.
Jawaban:
Melaksanakan hak sebagai warga negara sangat penting, karena dengan melaksanakan salah satu hak kita, yaitu hak turut serta dalam pemerintahan melalui pemilu, maka kita turut menentukan arah kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah melalui wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga pemerintahan, sehingga pemerintahan menjadi pemerintahan yang demokratis dan punya legitimasi (pengesahan hukum) yang kuat, sehingga membantu mempercepat pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional.

Dengan melaksanakan hak kita yaitu memperoleh pendidikan hak kelangsungan hidup, maka kita dapat belajar dengan baik yang pada akhirnya membuat kita mendapat pengetahuan dan keterampilan.  Dengan mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang lebih, dapat kita gunakan untuk berprestasi dalam bidang pendidikan atau bidang lainnya.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 79

Ayo Berlatih

Bacalah kembali bacaan berjudul “Mengapa Harus Melaksanakan Hak?” dengan cermat. Kemudian, jelaskan informasi penting yang terdapat pada teks nonfiksi tersebut berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragrafnya.

Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebagai berikut.
1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
3. Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini dan presentasikan di depan kelas secara lisan.

Jawaban:

Paragraf Kalimat Utama Gagasan Utama Paragraf Gagasan Utama Teks Non Fiksi
1 Pemenuhan hak warga negara Indonesia yang berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia Pemenuhan hak warga negara Indonesia Pelaksanaan hak untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat
2 Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang Pelaksanaan hak dan kewajiban
3 Contoh pentingnya pelaksanaan hak warga negara Indonesia. Pelaksanaan hak warga negara Indonesia harus seimbang agar tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 80

Ayo Menulis

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu kamu sudah pernah melaksanakan hak. Coba tuliskan pengalamanmu melaksanakan hak sebagai warga negara Indonesia. Tuliskan hak dan ketentuan hukum yang menjamin hak tersebut. Kemudian ceritakan bentuk pelaksanaan dan manfaat yang kamu peroleh dengan terlaksananya hakmu sebagai warga negara Indonesia.

Tuliskan hasilnya dalam kolom berikut. Presentasikan secara lisan di depan kelas.

Jawaban:

Hasil Pengalaman 

Hak yang selalu saya jalani sehari-hari adalah hak mempertahankan hidup. Hak mempertahankan hidup ini saya peroleh tiap hari berkat perlindungan Hak yang terdapat dalam UUD 1945 Pasal 28A yang berbunyi “Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya”.

Saya juga melaksanakan hak dalam kehidupan sehari-hari yaitu masalah perlakuan yang sama tanpa ada diskriminasi, karena hak saya ini dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28B ayat 2 yang berbunyi “Setiap orang berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Saya juga mendapatkan hak saya dalam pendidikan, yaitu dapat bersekolah dengan baik. Hak saya ini dilindungi Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28C ayat 1 yang berbunyi “Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.

Banyak hak-hak saya lain yang telah saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai warga negara yang baik aku melaksanakan tanggung jawabku dengan belajar dengan tekun.

Masih berkaitan dengan pelaksanaan hak. Kamu juga mempunyai hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa demi kemajuan kebudayaan nasional. Hak ini bisa kamu lakukan dengan cara mempelajari sebuah tarian daerah. Tarian daerah merupakan akar kebudayaan nasional yang penting untuk dipelihara dan dikembangkan. Lakukan kegiatan berikut.

Ayo Mengamati

Amatilah gerak-gerak bentuk tari tunggal berikut. Gerak tari berikut merupakan lanjutan dari gerak tari pada pembelajaran 4. Gerak tari ini bertemakan kepahlawan. Berikut gerak-gerak tari bertemakan kepahlawanan.

1. Berlari-lari kecil membuat lingkaran ke kanan, lalu ke kiri. Kemudian, meluruskan tangan kanan ke kanan dan kaki kiri ke arah kiri jinjit.

Gerak di atas dilakukan 2 x 8 hitungan, sesuai hitungan di atas.

2. Memainkan tongkat. Tongkat diluruskan ke atas, ke samping kanan. Kemudian, lurus ke atas lagi dan ke samping kanan kembali. Perhatikan arah pandangan kepala sesuai gambar.

Gerak di atas dilakukan 4 x 4 hitungan.

Ayo Berlatih

Mempelajari tarian daerah merupakan bentuk pelaksanaan hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa. Sekarang persiapkan sebuah pertunjukan tari kreasi daerah jenis tunggal. Tampilkan pertunjukan di depan kelas secara bergantian. Adapun persiapan yang harus kamu lakukan seperti berikut.

Adapun persiapan yang harus kamu lakukan seperti berikut.
1. Pilih tarian kreasi daerah jenis tunggal. Kamu boleh menciptakan tarian sendiri dengan meneruskan gerakan yang sudah kamu pelajari di atas.
2. Carilah kaset atau video tarian yang kamu pilih. Selanjutnya, tonton dan cermati gerak tariannya. Identifikasi unsur-unsur tarian yang kamu pilih.
3. Persiapkan unsur-unsur tariannya untuk pementasan di depan kelas.
4. Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan unsur-unsurnya, baik busana maupun propertinya.
5. Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan busana dan properti yang kamu butuhkan.

Ayo Renungkan

Jika semua warga negara Indonesia mau dengan penuh kesadaran melaksanakan hak sebagai warga negara tentu tujuan nasional akan mudah tercapai. Akan tetapi, bila sebaliknya yang terjadi bagaimanakah dengan tujuan nasional Indonesia? Apa yang akan terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia? Coba kamu renungkan dan tulis hasil renunganmu dalam bentuk tabel seperti berikut.
Jawaban:
Apabila warga melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dengan baik maka akan tercipta kondisi masyarakat yang aman, tenteram, dan tertib. Namun apabila banyak warga yang tidak melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dengan baik maka akan menimbulkan kekacauan di dalam masyarakat.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk melaksanakan hak-hakmu sebagai warga negara Indonesia. Mintalah bantuan orang tuamu untuk bersama-sama mengidentifikasi bentuk-bentuk pelaksanaan hak warga negara.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.