Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 137, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek, Pembelajaran 2

by -
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 137, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek, Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 137, Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek, Pembelajaran 2

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut diperlukan sebagai pedoman bagi adik-adik untuk belajar, terutama untuk adik-adik Kelas 4 SD/MI. Kunci jawaban juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kali ini kunci jawaban yang dibahas adalah pembelajaran 2, Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek, Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku.

Materi yang ditampilkan berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Pembelajaran 2 dimulai dari halaman 137.

Materi yang dijabarkan yaitu ‘wawancara untuk mengetahui tingkat kenyamanan lingkungan sekolah bagi warga sekolah berkaitan dengan keragaman warga sekolah’.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 137

Mengamati dan Mendeskripsikan

Dari kegiatan pada Pembelajaran 1, kamu dan teman-temanmu telah mengetahui keragaman di sekolahmu. Pada Pembelajaran 2 ini, lakukan wawancara lagi kepada warga sekolahmu.

Wawancara dilakukan untuk mengetahui tingkat kenyamanan lingkungan sekolah bagi warga sekolah berkaitan dengan keragaman warga sekolah. Pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui apakah warga sekolah merasa nyaman dengan adanya keragaman di sekolah. Jika tidak, hal-hal apa yang menyebabkan ketidaknyamanan itu.

Sikap apakah yang membuat anda dan teman-teman anda merasa nyaman dengan lingkungan sekolah. Jelaskan!
Jawaban:
Menurut saya, sikap yang saya ambil agar saya merasa nyaman berada di lingkungan, yakni dengan menghargai perbedaan pendapat, menghormati guru dan bersikap toleransi kepada keberagaman budaya, suku, agama, dan bahasa.

Mempertanyakan dan Menganalisis

Setelah mendapatkan fakta-fakta hasil wawancara, selanjutnya analisislah fakta-fakta hasil wawancara.

Apabila sebagian besar warga sekolah merasa nyaman, apa yang harus dilakukan untuk mempertahankan suasana nyaman itu?
Jawaban:
Menurut saya, yang saya harus lakukan adalah mempererat ikatan saudara antara teman dan selalu bersikap toleransi terhadap teman, serta menghormati guru.

Sebaliknya, apabila sebagian besar warga sekolah merasa tidak nyaman, apa penyebabnya? Apa yang harus dilakukan supaya tercipta kenyamanan dalam kehidupan sekolah?
Jawaban:
Penyebabnya, karena tidak ada sikap toleransi antar sesama. Kemudian yang harus dilakukan adalah dengan mengubah sikap tersebut menjadi sikap peduli dan toleransi.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 7 Kepemimpinan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.