Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 66 67 68, Subtema 2: Aku Anak Mandiri, Pembelajaran 2

by -
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 66 67 68, Subtema 2: Aku Anak Mandiri, Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 66 67 68, Subtema 2: Aku Anak Mandiri, Pembelajaran 2

SEMANGATNEWS.COM – Berikut ini disajikan kunci jawaban untuk Kelas 3 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakannya sebagai pedoman untuk belajar.

Kunci jawaban membahas tentang pembelajaran 2 yang dimulai dari halaman 64 sampai 70. Kunci jawaban membahas soal yang terdapat pada halaman 66, 67, dan 68, pembelajaran 2, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Tema 8 Praja Muda Karana.

Kunci jawaban ini juga disertai materi yang sesuai dengan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Materi tersebut meliputi ‘membaca teks’, ‘menuliskan ide pokok dalam teks’, ‘berdiskusi tentang informasi dalam teks’, ‘mencermati karakteristik individu’, ‘membuat data karakteristik individu dengan bertanya kepada teman di kelas’, ‘mengenal gerakan meluncur di air’, ‘mempraktikkan gerakan meluncur’.

Kunci jawaban Tema 8 Kelas 3 ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Ayo Membaca

Mandiri dalam Mengambil Keputusan

Anggota pramuka dilatih untuk mengambil keputusan secara mandiri. Misalkan mengambil keputusan dalam menentukan nama kelompok. Semua anggota kelompok akan ikut berdiskusi.

Setiap anggota kelompok dapat menyampaikan pendapat. Diskusi kelompok dipimpin oleh ketua kelompok. Setelah selesai berdiskusi, semua anggota setuju. Nama kelompok telah ditetapkan.

Salah satu janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah. Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah.

Bermusyawarah juga merupakan salah satu pengamalan sila Pancasila. Bermusyawarah merupakan pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Simbol sila keempat Pancasila berupa kepala banteng.

Berikut ini contoh-contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 66 dan 67

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan bacaan!

1. Apa arti bermusyawarah?
Jawaban:
Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan atau menyelesaikan masalah.

2. Sebutkan 3 contoh kegiatan bermusyawarah!
Jawaban:
Contoh kegiatan bermusyawarah diantaranya berdiskusi menentukan ketua kelas, berdiskusi memilih ketua kelompok, dan berdiskusi saat menyelesaikan permasalahan antar teman.

3. Termasuk pengamalan sila keberapa kegiatan bermusyawarah?
Jawaban:
Musyawarah termasuk pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

4. Apa simbol dari sila Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan?
Jawaban:
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan adalah sila keempat. Lambang sila keempat adalah kepala banteng.

Tuliskan pendapatmu mengenai hal berikut ini! Bandingkan pendapatmu dengan pendapat temanmu! Bagaimana cara musyawarah agar berjalan dengan lancar?
Jawaban:
Peserta musyawarah saling menghormati atau menghargai setiap pendapat orang lain, serta tidak boleh hanya mementingkan pendapat diri.

Apa yang kamu lakukan jika ada teman yang berbeda pendapat?
Jawaban:
Menghormati pendapat yang ia kemukakan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 68

Ayo Berlatih

Perhatikan gambar berikut ini!

Anggota pramuka harus mengenal tanda pramuka. Anggota pramuka harus mengetahui letak tanda pramuka. Anggota pramuka berlatih mengenal tanda pramuka melalui kegiatan berdiskusi.

Buatlah cerita berdasarkan gambar tersebut! Tuliskan karangan pada tempat berikut ini!
Jawaban:
Pramuka siaga SD Cerdas sedang berlatih mengenal tanda pramuka. Seluruh anggota barung mengamati seragam pramuka siaga. Setelah mengamati mereka berdiskusi mengenai letak tanda pramuka. Pengetahuan tentang letak tanda pramuka sangat penting bagi pramuka siaga.

Tanda Pandu Dunia (WOSM); Berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran, dipasang dikerah baju sebelah kanan. Sedang untuk putra berbentuk persegi, dipasang di dada (di atas papan nama) sebelah kanan. Tanda Pelantikan; Berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran, di pasang di kerah baju sebelah kiri. Sedang untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.

Papan Nama; Berwarna dasar coklat muda. Baik putra maupun putri dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM). Tanda Lokasi Kwarcab; Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Baik putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.

Tanda Gugusdepan; Memuat nomor gugusdepan di mana anggota pramuka bergabung. Baik pada putra maupun putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk anggota putri, nomor gudepnya genap dan untuk putri nomornya ganjil. Lencana / Badge Daerah; Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.

Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga; Berbentuk segitiga terbalik. Baik pada putra maupun putri, dipasang lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lainnya (lebih dari lima) selebihnya dipasang di tetampan (selendang) TKK. Tanda Jabatan; Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.

Tanda Barung; Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya. baik pada putri maupun putra dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga; Terdiri atas tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung.

Ayo Mencoba

Anggota pramuka yang baik selalu mengenakan seragam dengan rapi. Saat latihan anggota pramuka selalu berpakaian rapi. Latihan merapikan seragam bagian dari persiapan baris berbaris. Anggota pramuka merapikan seragam mulai dari alas kaki sampai tutup kepala.

Berikut ini gambar kegiatan merapikan seragam pramuka.

Mari, mencoba berlatih mengikuti gerakan membungkukkan badan!

Gerakan membungkukkan badan sambil menyentuh kaki. Gerakan membungkukkan badan termasuk melatih kelentukan badan. Gerakan membungkukkan badan bertujuan melemaskan otot pinggang. Lakukan tahapan gerakan seperti berikut ini!

1. Berdiri tegap dengan kedua kaki terbuka selebar bahu.
2. Bungkukkan badan ke depan bawah sampai kedua tangan menyentuh lantai. Pandangan ke arah lutut. Pertahankan sampai hitungan kelima.
3. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu.
4. Bungkukkan badan ke sebelah kiri. Kedua tangan menyentuh kaki kiri. Pertahankan sampai hitungan kelima.
5. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu.
6. Bungkukkan badan ke sebelah kanan. Kedua tangan menyentuh kaki kanan. Pertahankan sampai hitungan kelima.
7. Selama melakukan gerakan ini, lutut tidak ditekuk.
8. Lakukan gerakan secara berulang.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua menceritakan proses pemilihan kepala desa yang pernah diikuti sebagai salah satu contoh kegiatan bermusyawarah.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.