Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD Halaman 12 13 14 15, Subtema 1 Aku Anggota Pramuka: Pembelajaran 2

by -
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD Halaman 12 13 14 15, Subtema 1 Aku Anggota Pramuka: Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD Halaman 12 13 14 15, Subtema 1 Aku Anggota Pramuka: Pembelajaran 2

SEMANGATNEWS.COM – Berikut ini disajikan kunci jawaban untuk Kelas 3 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakannya sebagai pedoman untuk belajar.

Kunci jawaban membahas tentang pembelajaran 2 yang dimulai dari halaman 9 sampai 15, pembelajaran 2, Tema 8 Praja Muda Karana, Subtema 1 Aku Anggota Pramuka. Pembahasan kunci jawaban terdapat pada halaman 12, 13, 14, dan 15.

Kunci jawaban ini juga disertai materi yang sesuai dengan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Materi tersebut meliputi ‘bermain lompat dengan satu kaki’, ‘menuliskan kembali hasil bacaan’, ‘mengenal lambang negara Garuda Pancasila’.

Kunci jawaban Tema 8 Kelas 3 ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Ayo Mencoba

Udin dan teman-teman senang menjadi anggota pramuka. Dalam setiap latihan pramuka mereka selalu belajar berbagai hal.

Banyak kegiatan kepramukaan yang diajarkan melalui permainan. Salah satu alat yang dapat dijadikan alat bermain adalah tongkat. Banyak permainan yang dapat dilakukan dengan menggunakan tongkat. Salah satunya permainan lompat tongkat berikut ini.

Sebelum melakukan permainan lompat tongkat, lakukan latihan keseimbangan seperti berikut.
1. Berdirilah dengan tegak.
2. Angkat kaki kirimu.
3. Berdirilah dengan satu kaki. Jagalah keseimbangan tubuhmu.
4. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
5. Angkat kaki kananmu.
6. Berdirilah dengan satu kaki. Jagalah keseimbangan tubuhmu.
7. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.

Lalu, cobalah melompat dengan menggunakan satu kaki. Coba juga melompat cepat menggunakan satu kaki. Lompatlah menggunakan kaki kiri dan kanan secara bergantian. Lakukan lomba melompat cepat menggunakan satu kaki! Siapa yang dapat menuju garis akhir terlebih dulu?

Berdiri dengan satu kaki termasuk kegiatan melatih keseimbangan. Latihan keseimbangan akan melatih tubuh kita tidak mudah jatuh. Latihan keseimbangan membuat tubuh menjadi kuat dan sehat.

Ayo Membaca

Masih ingatkah kamu dengan lambang negara kita?

Lambang negara kita adalah Garuda Pancasila. Lambang negara adalah suatu bentuk yang digunakan sebagai lambang resmi negara. Lambang negara Indonesia adalah burung Garuda.

Lambang burung Garuda menggambarkan kebesaran dan kekuatan. Indonesia ingin menjadi negara yang besar dan kuat. Sebagai warga negara, kita juga harus kuat dan sehat. Sebagai warga negara, kita harus menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat.

Lambang negara Garuda Pancasila terdiri atas beberapa bagian. Kepala burung Garuda menoleh ke sebelah kanan. Pada leher burung Garuda terdapat perisai yang menyerupai jantung. Leher, sayap, dan ekor memiliki sejumlah bulu. Perisai dilengkapi dengan lambang sila Pancasila. Garuda mencengkram pita yang bertuliskan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 12 13 14 15

Ayo Berlatih

Tuliskan kembali informasi tentang lambang negara berdasarkan bacaan tersebut! Sebelum menuliskan isilah peta pikiran berikut berdasarkan bacaan!

Jawaban:

1. Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila.
2. Menurutmu mengapa burung Garuda dipilih sebagai lambang negara? Burung Garuda dipilih sebagai lambang negara karena Garuda melambangkan kebesaran dan kekuatan.
3. Bentuk perisai yang menggantung di leher burung Garuda adalah berbentuk menyerupai jantung.
4. Tulisan pada pita yang dicengkeram burung Garuda adalah Bhinneka Tunggal Ika

Tuliskan kembali informasi mengenai lambang negara dengan bahasamu sendiri !
Jawaban:
Para pendiri negara Indonesia memilih burung Garuda sebagai lambang negara. Burung garuda menunjukkan kekuatan. Indonesia ingin menjadi negara yang besar dan kuat. Oleh karena diperlukan juga warga negara yang kuat dan sehat. Melalui latihan olahraga diharapkan seluruh warga negara Indonesia tumbuh menjadi warga negara yang sehat dan kuat.

Bendera Merah Putih merupakan lambang Negara Republik Indonesia. Garuda pancasila juga merupakan lambang Negara Republik Indonesia. Lambang tersebut harus dijaga sebagai tanda kehormatan negara. Penggunaan dan pemasangan lambang negara harus mengikuti peraturan.

Mari kita mengamati tempat menemukan lambang negara dipasang. Tanyakan pada teman dan gurumu tempat pemasangan lambang negara! Temukan lima tempat dipasang lambang negara !
Jawaban:
1. Ruang kelas
2. Ruang kepala sekolah
3. Ruang UKS/Perpustakaan
4. Kantor kelurahan
5. Kantor Kecamatan

Perhatikan kembali lambang negara Garuda Pancasila! Tuliskan hal yang kamu ketahui pada lambang negara Garuda Pancasila! Ceritakan hasil tulisanmu di depan teman-temanmu!
Jawaban:

No. Bagian pada Garuda Pancasila
1. Kepala menoleh ke sebelah kanan dan memiliki bulu di leher
2. Sayap
3. Ekor
4. Tameng berupa jantung berisi sila-sila Pancasila
5. Pita dalam cengkeraman dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika

Kegiatan Bersama Orang Tua

Orang tua berbagi ceita pengalaman saat mengikuti kegiatan pramuka atau kegiatan sekolah lainnya.-

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.