Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 34 dan 35, Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia: Pembelajaran 5

by -
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 34 dan 35, Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia: Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 34 dan 35, Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia: Pembelajaran 5

SEMANGATNEWS.COM – Perhatikanlah pembahasan kunci jawaban Tema 9, Subtema 1, pembelajaran 5 untuk Kelas 4 SD/MI berikut.

Tema 9 yaitu Kayanya Negeriku, Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Pembelajaran 5 dimulai dari halaman 30 sampai 36. Pembahasan kunci jawaban terdapat pada halaman 34 dan 35.

Buku guru dan siswa yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Materi yang dibahas yaitu ‘mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis terhadap kegiatan manusia’, ‘menyanyikan lagu dengan memerhatikan ketepatan nada dan tempo’.

Nah, supaya dapat memahami materi dengan baik, adik-adik dapat menjadikan pembahasan kunci jawaban ini sebagai pedoman pembelajaran. Begitupun untuk orang tua siswa dan guru. Kunci jawaban ini dapat berguna bagi orang tua dan guru untuk mengoreksi jawaban siswa.

Ayo Bernyanyi

Lingkungan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebagai warga negara yang baik, masyarakat harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Hal ini merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan kewajiban kita sebagai warga negara.

Keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan dapat digambarkan selalui berbagai bentuk dan cara, salah satunya dengan lagu. Banyak lagu yang bertemakan lingkungan, salah satunya lagu berjudul “Hijau Rumahku Hijau Bumiku”.

Tangga nada yang digunakan dalam lagu “Hijau Rumahku Hijau Bumiku” adalah tangga nada diatonis mayor. Lagu ini dinyanyikan dengan tempo sedang, birama 4/4. Pencipata lagu tersebut adalah A Slamet Widodo.

Berlatihlah menyanyikan lagu “Hijau Rumahku Hijau Bumiku”. Berlatihlah terus hingga kamu dapat bernyanyi dengan baik. Selanjutnya, nyanyikan bersama teman-temanmu. Gunakan iringan alat musik yang ada di sekitarmu.

Ayo Membaca

Beni begitu kagum akan semangat para petani. Para petani bekerja keras mengolah tanah dan menanam berbagai jenis tanaman. Mereka bekerja keras memenuhi kebutuhan makanan untuk manusia.

Menjadi petani banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Masyarakat yang tinggal didaerah pesisir pantai, mereka banyak yang menjadi nelayan. Mereka semua bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dan masyarakat luas. Hal ini menunjukkan adanya keterkaitan daerah dan sumber daya alam dengan aktivitas manusia.

Kegiatan ekonomi masyarakat sangat tergantung kepada sumber daya alam yang dimiliki daerahnya. Sebagai contoh, masyarakat di pedesaan memanfaatkan tanahnya untuk ditanami berbagai tanaman pertanian dan perkebunan. Sebaliknya dengan m asyarakat di daerah di pesisir pantai. Sebagian besar kegiatan ekonominya mengandalkan hasil perikanan laut.

Berikut beberapa kegiatan ekonomi masyarakat yang tergantung kepada sumber daya alamnya.

1. Masyarakat daerah Pantai

Pantai merupakan batas pertemuan antara daratan dengan lautan. Pantai menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Pantai menjadi sumber daya alam yang berharga bagi Indonesia. Indonesia memiliki banyak pantai yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Kegiatan ekonomi utama masyarakat di sekitar pantai adalah sebagai nelayan. Namun, oleh karena pemandangan di pantai sangat indah maka berkembanglah sektor pariwisata. Kompleks-kompleks pertokoan, penginapan dan hotel, serta jasa pemandu wisata dan penyewaan alat-lat menyelam menjadi usaha ekonomi baru masyarakat di pesisir pantai.

2. Masyarakat Daerah Laut

Potensi perikanan laut Indonesia sangatlah besar. Hal ini karena sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan. Laut memiliki banyak potensi. Kita bisa memanfaatkan berbagai hasil laut seperti ikan, mutiara, kerang, kepiting, udang, teripang, dan rumput laut. Di laut juga ada kegiatan pengeboran sumber energi minyak bumi. Kita juga bisa memanfaatkan laut sebagai wisata bahari. Kalau kita menyelam, kita bisa menyaksikan keindahan laut. Beberapa daerah yang memiliki keindahan bawah laut seperti Raja Ampat di Papua dan Bunaken di Sulawesi Utara.

3. Masyarakat Daerah Sungai

Sungai merupakan lingkungan alam yang sangat penting. Bagi sebagian orang, sungai dipergunakan sebagai sumber air bagi kehidupannya. Namun, bagi sebagian orang yang lain, sungai juga digunakan sebagai sumber pengairan bagi pertaniannya. Sungai yang dibendung dapat dialirkan ke sawahsawah. Sungai juga menjadi jalur transportasi bagi masyarakat. Ada salah satu usaha ekonomi yang memanfaatkan sungai dengan mendirikan pasar terapung. Pasar jenis ini dapat ditemukan di Sungai Barito, Banjarmasin. Semua usaha jual beli dilakukan di atas perahu. Oleh karena keunikannya, pasar ini juga menjadi objek wisata.

4. Masyarakat Dataran Tinggi

Dataran tinggi merupakan wilayah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan air laut. Daerah dataran tinggi baik untuk menanam sayuran dan buah-buahan. Selain sebagai lahan pertanian, dataran tinggi juga merupakan tempat yang cocok untuk tempat wisata. Karena daerah dataran tinggi pada umumnya memiliki udara yang bersih, sejuk, dan segar. Contohnya dataran tinggi Dieng, di Wonosobo Jawa Tengah.

5. Masyarakat Dataran Rendah

Dataran rendah merupakan bagian dari daratan yang memiliki ketinggian antara 0-200 meter di atas permukaan laut. Seperti dataran tinggi, dataran rendah juga dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Selain itu, dataran rendah juga dimanfaatkan sebagai lahan untuk industri, peternakan, dan perumahan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 34 dan 35

Ayo Berlatih

1. Kumpulkan informasi tentang aktivitas ekonomi yang ada di lingkungan daerah tempat tinggalmu!
2. Kelompokkan aktivitas ekonomi tersebut berdasarkan lingkungan alam yang cocok.

Jawaban:

Pantai laut Sungai Dat Tinggi Dat Rendah
Nelayan Budidaya rumput laut Pemancingan Pertanian Industri
Pengrajin Souvenir Budidaya kerang Pasar apung Pariwisata Perkantoran
Pemandu wisata Tambak udang Arung jeram Perhotelan Perdagangan
Perhotelan Perajin garam Tambang pasir Perkebunan Kerajinan
Perahu Wisata Penangkapan ikan Jasa penyeberangan Peternakan Hiburan
Sea Food Jasa penyeberangan Penangkapan ikan Pemandu Wisata Jasa Konsultan
Parkir Wisata Penyelaman Keramba ikan Jasa Pendakian Perhotelan
Fotografi Sewa kapal Wisata sungai Sewa Gantole Transportasi

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 35

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya telah belajar tentang memahami arti lirik sebuah lagu dan memahami pengaruh kondisi geografis terhadap kegiatan manusia.

2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Manfaat yang dapat saya ambil pada hari ini adalah memahami pengaruh kondisi geografis terhadap kegiatan ekonomi

3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya belajar keterampilan menyanyikan lagu, wawancara.

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Setelah pembelajaran hari ini saya akan terus belajar tentang pengaruh kondisi geografis terhadap kegiatan ekonomi

Kegiatan Bersama Orang Tua

Nyanyikan lagu “Hijau Rumahku Hijau Bumiku” di depan orang tuamu. Selesai bernyanyi, minta pendapat kepada orang tuamu. Ajaklah orang tuamu bernyanyi. Ceritakan makna lagu “Hijau Rumahku Hijau Bumiku” tersebut kepada orang tuamu!

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.