Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 1 4 5 7 8 9, Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia: Pembelajaran 1

by -
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 1 4 5 7 8 9, Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia: Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 1 4 5 7 8 9, Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia: Pembelajaran 1

SEMANGATNEWS.COM – Kunci jawaban berikut khusus untuk adik-adik Kelas 4 SD/MI. Kunci jawaban membahas materi pembelajaran 1 yang dimulai dari halaman 2 sampai 10. Pembahasan kunci jawaban terdapat pada halaman 1, 4, 5, 7, 8, dan 9.

Materi dalam kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 4 SD/MI, Tema 9 Kayanya Negeriku, Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia.

Materi pada kunci jawaban ini meliputi ‘membaca bacaan tentang lingkungan’, ‘membuat peta pikiran’, ‘mengamati gambar lingkungan alam’, ‘membaca teks dan mengamati gambar tentang energi air dan listrik’, ‘berdiskusi tentang energi air dan listrik’.

Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 1

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Apakah air dan listrik termasuk sumber energi?
Jawaban:
Air dan listrik termasuk sumber energi listrik karena gerakan air dapat nenggerakan turbin yang kemudaian diubah menjadi energi listrik.

2. Berapa banyakah sumber energi air di sekitar tempat tinggalmu?
Jawaban:
Di sekitar tempat tinggalku hanya terdapat satu sumber air saja yaitu sungai yang mengalir.

3. Seberapa sering kamu menggunakan sumber energi air dan listrik dalam kegiatan sehari-harimu?
Jawaban:
Setiap hari saya menggunakan sumber energi listrik karena hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan energi listrik.

Kita harus banyak bersyukur hidup di bumi Indonesia. Bangsa yang dikaruniai sumber daya. Salah satunya sumber daya energi. Mulai dari minyak, gas, sampai yang bukan minyak.

Malam ini lingkungan tempat tinggal Beni gelap gulita. Hujan sejak sore disertai angin kencang dan petir. Petir menyambar gardu listrik di dekat rumah Beni. Akibatnya, saluran listrik di lingkungan tempat tinggal Beni terputus.

Beni : Ayah, masih lama tidak ya mati lampunya?
Ayah Beni : Masih menunggu perbaikan gardu listrik, Beni.
Beni : Oh begitu. Dari manakah suplai listrik di rumah kita ini, ayah?
Ayah Beni : Suplai listrik rumah kita ini berasal dari gardu induk di Semarang.
Beni : Wah, jauh sekali.
Ayah Beni : Benar Beni, listrik termasuk sumber energi. Sumber-sumber energi yang dapat menghasilkan listrik contohnya tenaga air, uap, panas bumi, atau nuklir. Sumbersumber energi tersebut diubah menjadi tenaga listrik di sebuah pembangkit listrik. Sumber energi listrik tersebut akan habis. Oleh karena itu, kita harus benar-benar bijak menggunakannya.

Ayo Mengamati

Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Ayo kita cari tahu bagaimana listrik dihasilkan dan manfaatnya bagi kehidupan kita.

Amatilah gambar berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 4

Ayo Membaca

Air dan Listrik

Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan air adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air sangat besar dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kehidupan manusia.

Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kesadaran menjaga sumber air yang adadi bumi. Membuang-buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak.

Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apa pun. Kegiatan sehari-hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu.

Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan. Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.

Air merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah. Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

1. Apa fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air itu?
Jawaban:
Air berfungsi menggerakan kincir air, gerakan kincir air diubah menjadi energi listrik oleh generator

2. Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan?
Jawaban:
Bendungan berfungi untuk menaikan ketinggian air sehingga menghasilkan energi gerak yang dapat menggerakan kincir air

3. Adakah pembangkit listrik tenaga air di daerahmu?
Jawaban:
Di daerah sekitarku tidak ada pembangkit tenaga listrik

Dengan adanya PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, ketersediaan energi listrik ke rumah-rumah akan terpenuhi. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik yang memudahkan kegiatan kita sehari-hari seperti lampu, televisi, dan peralatan lainnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 5

Ayo Berlatih

Perhatikan lampu yang ada di rumahmu! Apa yang terjadi saat sakelar lampu ditekan? Tuliskan pendapatmu pada kolom di bawah ini!
Jawaban:
Pendapatku
Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas.

Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas. Dari peristiwa tersebut terjadi perubahan bentuk energi. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya dan panas.

Tuliskan peralatan di rumahmu yang menggunakan energi listrik dan kegunaannya.
Jawaban:
Tabel peralatan di rumah yang menggunakan energi listrik dan kegunaannya

No. Nama Peralatan Kegunaan
1. Setrika listrik Merapikan pakaian setelah dicuci
2. Blender Menghaluskan bahan makanan dan minuman
3. Magic Jar Memasak dan menghangatkan nasi
4. Kipas angin Menjaga kondisi ruangan agar tetap sejuk
5. Televisi Sumber informasi dan hiburan
6. Kulkas Mendinginkan dan mengawetkan bahan makanan
7. Mesin cuci Membersihkan pakaian yang kotor
8. Pengering rambut Mengeringkan rambut yang basah
9. Lampu Sebagai sumber penerangan saat malam hari
10. Pompa air Mengisi air dalam bak mandi

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menjadi penyedia berbagai sumber daya. Sumber daya itu termasuk sumber daya energi yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia.

Ayo Membaca

Lingkungan

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan alam dan lingkungan sosial.. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia. Berikut fungsi lingkungan bagi kehidupan.

1. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan
Nelayan memperoleh nafkah dari laut. Petani memperoleh sumber penghidupannya dari lahan pertanian. Pengusaha memperoleh sumber penghidupan nafkah dari proses produksi yaitu mengelola bahan-bahan dari lingkungannya.

2. Lingkungan sebagai Tempat Bekerja
Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mampu mencapai kesejahteraan hidupnya.

3. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
Kalian tentu bisa membayangkan jika suasana lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sampah yang bau. Tambahan lagi bising, penuh asap pabrik maupun kendaraan, air yang keruh, dan listrik yang padam. Tentu sangat tidak nyaman tinggal di kawasan seperti itu bukan?

Tumbuhan dan hewan tidak mampu bertahan hidup jika keadaanlingkungannya berubah. Ikan tidak dapat bertahan hidup di darat dan kambing tak dapat hidup di air. Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai tempat tinggal.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 7 dan 8

Ayo Berlatih

Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari bacaan tersebut? Lengkapi peta pikiran berikut.

Jawaban:

1. Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung.
2. Ada dua jenis lingkungan yaitu Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup. Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri atas makhluk tak hidup.
3. Lingkungan tidak hanya bermanfaat bagi manusia, tetapi juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan.
4. Fungsi lingkungan bagi manusia antara lain : sebagai tempat hidup dan mencari makan, tempat berlangsungnya. aktivitas manusia, dan sebagai tempat tinggal (habitat).
5. Lingkungan bisa memengaruhi lingkungan, karena dalam menjalani kehidupan dan segala bentuk kegiatan dalam pemenuhan kebutuhannya manusia senantiasa beradaptasi atau menyesuaikan dirinya dengan lingkungan.

1. Agar lebih memahami bacaan di depan, coba temukan kata-kata yang sulit kamu pahami artinya. Selanjutnya cari tahu artinya dengan berdiskusi, bertanya, atau melalui kamus.
Jawaban:

No. Kata Sulit Arti
1. Produksi Proses mengeluarkan hasil; penghasilan:
2. Interaksi Hal saling melakukan aksi, berhubungan
3. Proses Runtunan perubahan (peristiwa)
4. Aktivitas Kegiatan yang dilakukan
5. Nafkah Belanja untuk hidup, uang pendapatan

2. Berdasarkan bacaan di depan, buatlah kesimpulan pada kolom berikut!
Jawaban:
Lingkungan berfungsi sebagai tempat mencari makan, tempat tinggal, dan tempat bekerja

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 8 dan 9

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca bacaan yang berjudul “Lingkungan”. Sekarang, carilah informasi mengenai manfaat lingkungan dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Carilah informasi dengan cara bertanya atau melakukan wawancara. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.
Jawaban:

No. Manfaat Lingkungan
1. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan
2. Tempat untuk bersosialisasi dengan yang lain.
3. Lingkungan sebagai Tempat Bekerja
4. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
5. Tempat untuk mendapatkan kesenangan atau hiburan.
6. Tempat untuk bertahan hidup (survival)
7. Sebagai tempat atau sarana untuk kebudayaan atau kesenian.
8. Menyediakan berbagai unsur-unsur penting bagi kehidupan
9. Menyediakan berbagai keperluan bagi makhluk hidup
10. Sebagai tempat edukasi atau pendidikan

Ayo Renungkan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya telah belajar tentang hubungan manusia dengan lingkungan dan contoh sumber energi.

2. Manfaat apa yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Manfaat dari pembelajaran kali ini adalah saya jadi mengetahui hubungan antara manusia dengan lingkungannya.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Coba kamu perhatikan penggunaan sumber daya air dalam kegiatan seharihari di rumahmu! Catatlah kegiatan-kegiatan yang menggunakan air dan seberapa banyak air yang digunakan. Catat pula usaha-usaha yang sudah dilakukan orang tua dan anggota keluargamu dalam menghemat air!

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Semangatnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.