Kunjungi Talantam, Pemkab Solsel Utarakan Rencana Relokasi

by -

Kunjungi Talantam, Pemkab Solsel Utarakan Rencana Relokasi

Semangatnews, Padang Aro – Bupati Solok Selatan (Solsel) H. Muzni Zakaria bersama Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda memimpin laungsung pendistribusian bantuan untuk korban banjir di Jorong Talantam, Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, Kamis (26/12).

Talantam sendiri merupakan jorong yang mengalami dampak banjir yang cukup parah. Ketiadaan akses jalur transportasi darat membuat daerah tersebut hanya dapat dijangkau melalui sungai dengan perahu tempek

Bantuan yang diserahkan berupa beras, makanan siap saji, kain selimut, sarden, dan minyak goreng.

Bupati Muzni mengatakan bahwa solusi utama penanganan banjir di Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan adalah relokasi permukiman masyarakat.
“Solusinya relokasi tidak ada yang lain,” sebutnya.

Ia menambahkan, saat kunjungan dan penyerahan bantuan tersebut, pihaknya juga melakukan audiensi dengan masyarakat sekitar, dan sebagian besar masyarakat setuju untuk direlokasi ke tempat yang lebih aman tidak jauh dari tempat sebelumnya.

“Solusinya relokasi, tidak ada yang lain, kita sudah tanyakan kepada masyarakat kebanyakan mereka mau pindah dan rumah mereka sebelumnya tidak diganggu,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pemerintah kecamatan akan mencarikan tempat untuk relokasi yang juga berada di Jorong Talantam, sehingga masyarakat masih dekat dengan tempat tinggal sebelumnya.

Ia menyebutkan, hampir setiap tahun terjadi banjir di daerah itu, namun masih dalam skala yang kecil dan tidak menggenangi pemukiman masyarakat, namun banjir yang terjadi sepuluh hari yang lalu itu, menggenangi hampir seluruh pemukiman yang berada di Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan.

“Hanya ada tiga rumah yang tidak digenangi air, karena berada di ketinggian,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, pemerintah daerah tidak ingin mengambil resiko yang lebih besar, sehingga solusi relokasi pemukiman warga menjadi program prioritas.

Disamping rumah masyarakat, fasilitas umum seperti sekolah, puskesmas pembantu dan fasilitas umum lainnya juga diutamakan untuk direlokasi.

“Disamping rumah masyarakat, sekolah dan fasilitas umum, itu menjadi prioritas kita untuk dipindahkan segera,” tambahnya.

“Camat akan carikan lokasinya dan segera kita bangun sekolah yang baru,” imbuhnya.

Selain itu, Ia juga akan mengusulkan untuk pembangunan dua unit jembatan gantung yang bisa dilalui kendaraan roda empat di Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan.

Sementara itu, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda mengatakan agar OPD terkait dalam hal ini dapat mengajukan kepada pihak provider untuk dapat kembali membangun tower telekomunikasi, agar komunikasi di daerah tersebut dapat kembali normal

Terkait relokasi, kata Zigo memang ada sebagian dari masyarakat yang bersedia, namun sebagian lain belum bersedia.
“Dan ini tentu perlu proses. Solusinya memang harus direlokasi. Rumah-rumah yang ada disana terlalu dekat dengan sungai. Termasuk di dalamnya relokasi sekolah,” jelasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.