Kurangi Abrasi, TNI bersama Warga Kerja Bakti Pembuatan Tanggul di Muara Sungai Serayu dan Pantai Karang

oleh -

Kurangi Abrasi, TNI bersama Warga Kerja Bakti Pembuatan Tanggul di Muara Sungai Serayu dan Pantai Karang

Semangatnews, Cilacap – Prihatin dengan kondisi Sungai Serayu dan wilayah pesisir pantainya, anggota Koramil 06/Kesugihan bersama kurang lebih 100 orang warga Dusun Winong Desa Slarang, secara swadaya melaksanakan kegiatan kerja bakti pembuatan tanggul penanggulangan abrasi muara Sungai Serayu dan pesisir Pantai Karang Dusun Winong Kecamatan Kesugihan sepanjang 100 meter, Senin (24/8/2020).

Baca Juga:  Gubernur DKI Jakarta dan Bupati Cilacap Tandatangani Kesepakatan Kerjasama Soal Pangan

Dari Koramil 06/Kesugihan dipimpin Babinsa Winong Serka Suharto, sedangkan dari warga, Kepala Dusun Winong Rasikun turun langsung memimpin warganya bersama Anggota Forum Masyarakat Winong Peduli Lingkungan (FMWPL).

Dengan semangat gotong royong, pembuatan tanggul semi permanen tahap 2 ini, karung yang tersedia diisi dengan pasir untuk selanjutnya disebar di sepanjang bibir Sungai Serayu dan pesisir Pantai Karang Dusun Winong. Bahkan untuk memperkuat tanggul, batang pohon kelapa yang telah terbelah ditanam kuat disertai anyaman batang bambu yang ditumpuk tinggi.

Baca Juga:  Abai dan Terlena Tiba-tiba Positif Rate Covid 19 di Sumbar Melijit Capai 16%

Dengan kebersamaan dari semua pihak baik dari Koramil 06/Kesugihan dan masyarakat, BNPB maupun warga, akhirnya pembuatan tanggul semi permanen cepat selesai. Kita dari Koramil Kesugihan hanya sekedar membantu namun kepedulian dan kerjasama semua pihak lah yang membuat pembuatan tanggul ini cepat selesai, semoga tanggul ini dapat mengurangi abrasi di muara Sungai Serayu dan Bibir Pantai Karang Dusun Winong ini,” Tutur Serka Suharto.